Mengenal Media Promosi Online Jenis, Fungsi dan Tips Memilihnya

Saat kita berwirausaha, Memilih media promosi online yang tepat itu sangat penting. mengingat promosi adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan. apapun usaha kalian.

Kesalahan dalam memilih media promosi adalah fatal, sebab cuma buang-buang tenaga, pikiran dan uang. sebagai ilustrasinya seperti ini :

Kita pengusaha mobil yang menjual berbagai merk mobil impor. kemudian kita tawarkan mobil itu kepada anak SMP atau SMA.

Apakah akan ada peningkatan penjualan ? 99,99% tidak. kecuali di film FTV atau putra tunggal the Richman.

Sehingga perlu banyak pertimbangan agar promosi kita bisa optimal.

Pengertian Media Promosi

Media promosi adalah sebuah sarana untuk mengomunikasikan atau mempromosikan suatu produk maupun jasa agar dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas.

Media promosi sebenarnya sangat banyak, dimulai dari media promosi yang paling tua adalah dari mulut ke mulut, kemudian berkembang kemedia promosi konvensional yang berwujud seperti: brosur, poster, pamflet, katalog,  spanduk,  booklet,  bannerbillboard, reklame, flyer, kartu nama, radio, media cetak (koran/ majalah), iklan TV. Lalu sekarang adalah online.

Media promosi yang berkembang ke ranah online kini juga menjadi salah satu media promosi yang diandalkan selain jangkauan luas, harga relative murah bahkan gratis hingga habit calon customer yang tidak jauh-jauh dari internet.

Dari sekian banyak media promisi tidaklah serta merta menjadikan proses promosi kita suskses secara mutlak karena memang iklan tidak menjamin itu 100%.

Maka, dalam memanfaatkan media promosi secara maksimal, dibutuhkan kemampuan menciptakan kreasi baru dan unik agar pesan-pesan dapat melekat pada konsumen, sehingga tujuan menjangkau lebih banyak konsumen dan memaksimalkan profit perusahaan dapat tercapai.

Fungsi Media Promosi

Media promosi merupakan media yang bertujuan untuk memberitahu dan atau menarik perhatian kepada merk, usaha atau dagangan milik kita dengan maksud agar orang-orang atau target market tau bahwa kita ini ada.

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari media promosi, baik online maupun offline:

1. Bisa Menarik Perhatian Pasar dengan Cepat

Dengan menggunakan media promosi, orang-orang atau target market akan lebih cepat mengenal produk yang kita jual ketimbang kita diam-diam saja dan menunggu ada orang yang secara kebetulan datang atau bertanya.

2. Menjaga Loyalitas Konsumen

Selain mempercepat pengenalan produk, media promosi juga membantu kita memberitahu orang-orang bahwa kita masih ada dan masih siap melayani.

3. Membantu Meningkatkan Brand Awareness

Mirip dengan nomor 1, dengan media promosi proses pengenalan merek produk dapat dilakukan secara masiv dan luas.

4. Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Dalam berbagai penelitian iklan atau promosi tidak menjadi faktor penentu seseorang membeli produk secara langsung. Tapi dengan promosi target market dapat lebih cepat memutuskan produk mana yang ingin dibeli ketika tidak memiliki referensi ataupun rekomendasi.

Jenis Media Promosi

Saat ini jenis media promosi dibagi menjadi dua, media promosi online dan media promosi offline. media promosi online ini mengacu pada penggunaan teknologi internet sedangkan media promosi offline merupakan media promosi terdahulu. Berikut penjabarannya:

Media Promosi Online

Media promosi online meliput beberapa platform

1. Website

2. Sosial Media ( Facebook, IG, Tiktok, Youtube, Pinterest )

3. Blog

4. Iklan Online ( Google ads, Fbads, IGads, Tiktok Ads, Pintesert)

5. Maps ( Google maps, Foursquare )

6. Email

7. Forum

Media Promosi Offline

Sepertinya diuraikan di atas, media promosi offline merupakan media promosi terdahulu yang melingkupi media cetak maupun media elektronik

1. Brosur/Pumflet

2. Sticker

3. Spanduk/Banner

4. Baliho/Reklame

5. Souvenir

6. Koran

7. Radio

8. Televisi

Tips Membuat Promosi Lebih Efektif

media promotion, media promosi online
www.vecteezy.com

1. Tentukan Budget Promosi

Terkadang budget besar belum tentu menjadikan promosi kita optimal. bahkan seringnya malah bocos, alias cuma buang-buang duit. lebih baik dibatasi.

Dengan membatasi budget promosi kita bisa lebih fokus pada titik-titik dimana saja yang perlu dipromosikan. pemilihan media dan format promosi pun menjadi perhitungan tersendiri.

Tapi pembatasan budget harus tetap rasional. tidak boleh asal kasih budget. misal biaya iklan sehari 50.000, dikasih budget 5.000, itu tidak rasional.

Tipsnya kalian musti keliling untuk mengetahui budget iklan. tanya orang yang pernah iklan, googling atau tanya-tanya di group.

2. Tentukan Segmentasi Pasar

Bocos, alias promosi tidak maksimal salah satu faktornya adalah kita tidak tau kemana kita promosi. kita udah bikin banyak brosur mobil import tapi kita sebar di SMP dan SMA. duit habis buat bikin brosur iya, mobil terjual enggak.

Solusinya adalah Dengan Menentukan kepada siapa kita akan menyebarkan promosi. Jangan seperti ilustrasi diatas kita jualan mobil import tapi di sekolahan anak SMP atau SMA jelas salah.

Cari tau dimana mereka biasa nongkrong, apa aktifitas mereka sehari-hari, dan sebagainya. sehingga kita bisa menentukan dimana kita bisa promosi.

Misalkan 80% dari seluruh target aktif di facebook. Tentu kita tinggal fokus untuk promosi di facebook saja.

3. Tentukan Materi atau Format Promosi

Dengan memperhatikan perilaku target kita juga bisa menentukan format promosi seperti apa yang cocok sehingga promosi kita efektif.

Setidaknya ada 3 format yang bisa kita gunakan di jaman online ini. Text/Gambar, Audio, Video. dengan tiga format tersebut kita memilih salah satu atau semuanya.

Namun yang terpenting adalah tiap-tiap format memiliki nilai (harga) yang berbeda. Kuncinya tetap pada nomor 1 dan 2. ketika sudah clear, Isi dan bentuk promosi itu mudah.

Tips Memilih Dan Contoh Media Promosi Online

1. Facebook

facebook adalah salah satu media sosial terbesar yang memiliki banyak member aktif di dalamnya. oleh karenanya facebook bisa kita jadikan sebagai media promosi online yang baik.

Selain banya member aktif, facebook juga mensupport banyak teknologi, video, teks dan gambar meski demikian facebook mempunyai fitur ajaib yang dikenal dengan like dan share.

Semakin banyak like dan share peluang peningkatan penjualan semakin tinggi. maka fokuslah untuk membuat konten menarik.

2.Instagram

Instagram adalah media sosial kedua yang juga memiliki banyak member aktif, bahkan disana ada artis-artis instagram (selebgram) yang tidak dimiliki facebook.

Perbedaan lain adalah Instagram hanya boleh mengupload gambar dan video (durasi 1 menit). jika kalian punya materi promosi berupa video pendek bsa gunakan di Instagram.

Atau jika ingin membuat gallery photo produk, Instagram lah yang paling cocok karena halam profile Instagram sudah selayaknya gallery foto.

Kekuatan lain dari Instagram adalah Hashtag, kemampuan hashtag ini adalah memperluas jangkauan postingan kita.

3. Twitter

Mirip mirip dengan facebook dan instagram, twitter bisa mengunggah berbagai jenis konten, baik itu teks, gambar atau pun video. Walaupun tidak begitu kelihatan popular, sering kali dilihat dari trend hashtag di twitter.

Selain itu twitter memiliki segmentasi yang cukup menjanjikan berdasarkan data demografi bisnisbisnis.id mengatakan bahwa pengguna twitter adalah pria dan wanita usia antara 18-49 tahun, mahasiswa dengan pengeluaran rata-rata 3-5 juta perbulan.

4. Kaskus

Kaskus adalah forum yang terkenal dengan istilah Agan, karena berbentuk forum kalian bisa memposting atau membuat thread promosi.

Selain itu kalian juga bisa membuka lapak dengan layanan FJB (Forum Jual Beli) disana.

5. Blog atau Website

Membuat website atau blog sebagai media promosi 24 jam dengan jangkauan seluruh dunia siapa saja bisa melihanya.

Karena ini milik kalian sendiri, kalian bebas mengatur mau berisi teks, gambar, video atau semuanya. namun kalian perlu jasa pembuatan website untuk membuatnya.

6. Marketplace

Marketplace, tokopedia, bukalapak, shopee adalah beberapa contoh marketpace yang mengijikan kita untuk membuka lapak disana.

Kelebihannya, jika di beberapa media promosi di atas tidak bisa bertransaksi langsung, maka di marketplace ini kita bisa bertansaksi. pilih barang, masukan kranjang, bayar, tunggu barang sampai datang.

7. Email Marketing

Email marketing adalah kita mengirimkan email promosi kepada calon pembeli kita. seperti kita menyebarkan brosur kerumah-rumah.

Namun kita perlu memiliki alamat email calon pelanggan kita tersebut.

Kesimpulan

Dari semua media promosi kalian boleh menggunakan beberapa atau semuanya. tentunya dengan setrategi. misalkan saja Media promosi utama kita adalah Website.

Kita buat buat akun instagram, facebook, twitter dan email marketing yang isinya mempromosikan produk/jasa kita, jika ingin tau lebih detail klik alamat website kita.

Atau kita jualan di Instagram, kita buat akun facebook dan twitter yang kemudain kita arahkan ke akun instagram kita. atau terserah kalian, kalian bisa bereksperimen dan bisa menemukan resep terbaik untuk media promosi kalian.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment