Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Belajar bahasa inggris kurang lebih seperti belajar hal lain pada umumnya, dimana kita harus memulai dari beberapa hal dasar yang akan menjadi pondasi saat belajar ketahapan yang lebih tinggi. Begitu juga dengan bahasa inggris, ada materi dasar yang harus kita pahami dan kuasai, khususnya untuk pemula.

Ada beberapa materi dasar yang setidaknya harus kita pahami diantaranya adalah Vocabulary (Kosakata) dan Grammar (Tata bahasa), dimana dengan bekal dua ilmu dasar tersebut seminim-minimnya kita sudah bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Sementara untuk pengembangan agar lebih fasih, kita bisa sering-sering mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan agar lebih mudah kita bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi gratis untuk belajar bahasa inggris yang tersedia di playstore.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Kembali ketopik utama, untuk belajar bahasa inggris modal awal kita adalah Vocabulary dan Grammar, apa sih vocabulary dan Grammary itu? Simak penjelasan berikut:

Materi Dasar Bahasa Inggirs

Sebagai Pemula sangat diwajibkan untuk menguasai materi dasar bahasa inggris berikut ini:

1. Vocabulary

Vocabulary atau gampangnya kita sebut pembendaharaan kata. Dimateri vocabulary ini kita membicarakan tentang “sudah berapa banyak kata dalam bahasa inggris yang kita tau”, Semakin banyak kata yang kita tau, maka semakin mudah kita belajar bahasa inggris.

Dan bagi yang belum mempunyai banyak kata dalam bahasa inggris tidak perlu bingung, hal yang perlu dilakukan adalah membeli kamus atau memanfaatkan google translate dan memulai menghafal nama-nama benda di sekitar kita.

Misalkan:

  • Angka
  • Penomoran
  • Nama Hari
  • Bulan
  • Nama alat makan
  • Alat dapur
  • Anggota tubuh
  • Nama buah dan sayur
  • Nama hewan
  • Nama Aktifitas
  • Dan hal-hal lain yang dekat dengan kita

Usahakan selalu mengulangi aktivitas menghafal tersebut setiap hari agar kita benar-benar mengingatnya. Jika perlu membuat catatan dan ditempelkan disetiap tempat untuk memudahkan kita dalam menghafal.

2. Grammar

Setelah Vocabulary kita sudah banyak, kita bisa lanjut belajar tentang grammar, di Grammar kita akan belajar mengenai Tata Bahasa yang meliputi Kata Ganti (Pronoun), Kata Kerja Bantu (to be), dan Tenses.

Grammar ini juga tidak kalah penting dengan vocabulary, karena grammar ini merupakan modal kita agar kita bisa speaking atau berbicara dalam bahasa inggris, dam yang perlu kita kuasai adalah:

2.a Kata Ganti (Pronoun)

Pronoun atau Kata ganti adalah sebuah kata yang kita gunakan untuk mengganti kata benda (noun), kata benda ini meliputi nama orang, binatang, benda ataupun tempat.

Contoh:

  • He = laki-laki
  • She = Perempuan
  • It, that, this = Binatang, benta atau suatu tempat

Kata Kerja Bantu (To Be)

Kata kerja bantu atau To Be ini merupakan kata hubung antara Subjek dan Kata Keterangan. To Be in meliputi am, is, are. Dimana tiap-tiap to be tersebut memiliki pasangan subjeknya sendiri.

Pasangan:

  • I = Am
  • He, She, It = Is
  • They, We, You = Are

Contoh :

  • I am blogger
  • She is a teacher
  • They are runner

2.b Tenses

Dalam belajar bahasa inggris terdapat 16 Tenses yang harus kita kuasai, dimana tenses ini merupakan sebuah konsep yang menerangkan suatu kejadian atau pernyataan berdasarkan waktu. Pernyataan waktu tersebut meliputi sekarang atau sedang berlangsung, lampau, dan yang datang. Kemudian nanti akan muncul kalimat positive (kalimat yang ada yes-yesnya), negative (kalimat yang pake no-no), dan introgative (kalimat tanya).

Namun untuk tahapan pemula, kita hanya perlu menguasai 3 macam tensis pokok saja. Yaitu Simple Present, Present Continuous, dan Simple Past, apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini:

Simple present tense

Simple Present merupakan bentuk tenses yang sederhana, sering dan umum digunakan. Simple Present ini dipakai untuk menunjukan sebuah kebiasaan, fakta, dan kejadian-kejadian yang terjadi saat ini.

Rumus:

Subject + Verb 1 ( Kata kerja bentu Pertama )

Kata Sinyal:

always, every, never, normally, often, sometimes, usually, seldom

Kalimat Positif:

He always works very hard in the company.

Kalimat Negatif:

He does not work very hard in the company.

Kalimat Tanya:

Does he work very hard in the company?

Answer :
Yes, he does. / No, he does not.

Baca Juga: Daftar Regural Verbs dan Irregular Verbs

Present continuous tense

Present Continuous merupakan bentuk tenses yang biasa digunakan untuk membicarakan suatu aksi atau tindakan yang sedang berlangsung saat itu. Tandanya umumnya adanya “ing” di kata kerja.

Rumus

Subject + am/is/are + Verb -ing (continuous form)

Kata Sinyal

at the moment, just now, now, right now, Listen!, Look!

Kalimat Positif

Look! He is talking with his classmates.

Kalimat Negatif

He is not playing computer games now.

Kalimat Tanya

Is he playing computer games at the moment?

Answer:
Yes, he is. / No, he is not.

Simple past tense

Simple past merupakan bentuk tenses yang dipakai atau digunakan untuk membahas kejadian yang sudah berlalu atau kejadian dimasa lampau.

Rumus

Subject + Verb II

Kata Sinyal

yesterday, 2 minutes ago, in 1996, last Thursday, this morning

Kalimat Positif

Last year, he always worked until night.

Kalimat Negatif

He did not go to school this morning.

Kalimat Tanya

Did he pay the bill yesterday?

Answer:
Yes, he did. / No, he did not.

Setelah kita menguasai itu, barulah kita lanjut pada ke 13 tenses yang lain. lalu lanjut ke tahap listening, reading, translating lalu speaking tingkat lanjut.

Yang perlu dipahami saat Belajar bahasa inggris bagi pemula adalah harus tekun dan sabar karena sesuatu yang baru seperti halnya belajar bahasa inggris pasti butuh proses dan tidak bisa instant. Semakin rajin kita berlatih, semakin cepat kita menguasai bahasa inggris. Jadi rajin-rajinlah untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris agar kita cepat menguasainya.

About Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

View all posts by Shunt Magetan

Leave a Comment