manfaat olahraga manfaat lari manfaat olahraga pagi manfaat pemanasan
manfaat pemanasan (youtube)

Masih banyak orang yang belum memahami apa sebenarnya manfaat pemanasan sebelum olahraga, terutama jika ingin berolahraga berat. Seringkali persiapan ini dilakukan hanya sebagai salah satu formalitas sebelum olahraga. Namun gerakan dan juga tekniknya tidak dipelajari dengan baik. Pada akhirnya setelah olahraga anda tetap mengalami tubuh yang sakit, bahkan mengalami nyeri dan pegal-pegal.

Disisi lain, tanpa kita sadari hal ini sebenarnya sangatlah penting. Karena dapat memaksimalkan tubuh kita dalam berolahraga tanpa terasa nyeri atau merasa kelelahan. Jika anda tidak melakukannya , banyak hal-hal fatal yang dapat terjadi saat kita berolahraga. Bagi anda yang masih penasaran, Berikut ini adalah beberapa manfaat sesungguhnya pemanasan dalam sebuah olahraga :

manfaat olahraga manfaat lari manfaat olahraga pagi manfaat pemanasan
Manfaat pemanasan bagi tubuh – Youtube

1. Mengambil oksigen

Manfaat Pemanasan Sebelum berolahraga yang pertama adalah ketika tubuh dalam keadaan tenang, maka semua organ tubuh bekerja yang sesuai dengan kebutuhannya. Namun jika anda beraktivitas seperti olahraga secara tiba-tiba, jelas tubuh akan merasa kaget dan anda akan mengalami berbagai hal. Salah satunya adalah kondisi jika anda kekurangan oksigen. Namun dengan adanya persiapan tubuh disiapkan untuk berkegiatan lebih berat sehingga tubuh mencoba mengolah oksigen lebih banyak lagi untuk didapatkan. Rasa sakit dan ketegangan bisa dirasakan pada awalnya, namun setelah ada pemanasan olahraga akan terasa rileks dan oksigen akan mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca juga : Manfaat lari pagi untuk wanita

2. Melemaskan otot

Otot merupakan bagian utama yang paling sering dilibatkan dalam berolahraga. Dengan berolahraga tubuh akan bergerak lebih energik dan dinamis, akan tetapi ketika anda memaksa otot untuk bekerja dua kali lipat saat olahraga dan anda tidak melakukan pemanasan, anda akan mendapat masalah yaitu kram otot karena otot sedang dalam mode relaksasi.

Di mana ketika anda bergerak secara mendadak apalagi dengan mobilitas yang sangat tinggi, maka otot akan kaget juga terasa kram. Jika sudah seperti ini maka akan menimbulkan bahaya dan juga ke tegangan pada otot. Selain itu rasa sakitnya akan sulit hilang meskipun anda sudah selesai berolahraga.

3. Mencegah cedera

Manfaat pemanasan ketiga. Banyak orang yang mengalami cedera ketika berolahraga. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor Salah satunya tidak melakukan pemanasan. Adanya pemanasan membantu melemaskan otot dan juga seluruh tubuh untuk bergerak lebih aktif dan juga memiliki mobilitas yang tinggi. Setelah itu tubuh akan mengikuti untuk mengeluarkan oksigen dengan pembakaran yang lebih besar, dibandingkan anda  yang beraktivitas secara normal. Sehingga udara dapat dipompa dengan baik kedalam tubuh dan dapat melakukan olahraga yang sehat dengan santai.

4. Mengurangi kelelahan

Ketika sedang berolahraga pasti anda akan merasa kelelahan, terutama jika anda jarang olahraga atau anda memiliki jadwal olahraga dengan jangka waktu yang cukup panjang. Dengan adanya pemanasan dapat mengurangi rasa kelelahan yang dapat terjadi ketika anda berolahraga.

Baik jenis olahraganya ringan ataupun berat, karena jika anda tidak melakukan pemanasan maka anda akan cenderung kehabisan nafas dan tubuh merasa lelah. Khususnya di bagian otot, pemanasan membangun kelemasan tubuh yang dibutuhkan sehingga memberikan dorongan dan juga mempersiapkan tubuh secara efisien. Hal ini menjadikan tubuh anda saat bergerak dan berolahraga. Tubuh dapat memaksimalkan energi namun tidak sembarangan.

manfaat olahraga manfaat lari manfaat olahraga pagi manfaat pemanasan
Manfaat pemanasan -darabee)

5. Meningkatkan Energi dan Motivasi

Rasanya jika anda tiba-tiba olahraga pasti merasa malas juga ogah-ogahan. Karena adanya pemanasan ini membakar tubuh dan juga memberikan motivasi untuk anda bergerak lebih banyak, serta berolahraga. Selain itu bagi beberapa orang membutuhkan gerakan pemancing terlebih dahulu sebelum mereka melakukan olahraga besar. Dengan memanaskan tubuh, anda bisa menggerakkan tubuh secara ringan. Namun cukup membakar sehingga tubuh anda siap untuk melakukan aktivitas dan anda termotivasi untuk berolahraga.

Baca Juga : 2 Jalur Populer Pendakian Gunung Lawu

6. Mempersiapkan mental

Pemanasan merupakan hal yang baik gimana bagi anda yang berolahraga dapat digunakan untuk mempersiapkan mental. Agar siap melakukan latihan fisik yang berat pemanasan ini, dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan serta mengurangi stres yang terjadi. Ketika anda berolahraga pemanasan dilakukan untuk membantu mempersiapkan tubuh.

Sehingga kita ketika anda melakukan olahraga apapun, baik ringan maupun berat. Anda dapat melakukan olahraga dengan santai dan tidak merasa tertekan. Fungsi pemanasan selanjutnya adalah mempersiapkan mental agar siap melakukan aktivitas besar. di mana olahraga seringkali melibatkan tenaga yang besar dan juga dorongan motivasi yang tinggi.

manfaat olahraga manfaat lari manfaat olahraga pagi manfaat pemanasan
(Manfaat pemanasan – sloclimbing)

7. Pembuluh darah melebar

Ketika anda berolahraga jantung akan memompa lebih kencang dan aliran darah akan berjalan lebih cepat. Hal ini memang wajar terjadi karena ketika anda beraktivitas tubuh meminta oksigen untuk dialirkan lebih cepat dibandingkan ketika anda tidak berolahraga. Tetapi jika anda tidak pemanasan, pembuluh darah belum siap untuk menerima aliran darah yang kencang ketika berolahraga.

Begitu pemanasan sangat penting karena berguna untuk mempersiapkan pembuluh darah agar melebar dan menjadi lebih besar. Sehingga ketika jantung memompa tekanan darah yang sangat tinggi tubuh sudah siap menerima dan anda tidak merasa kelelahan atau bahkan merasa sakit pada tubuh.

Itulah deretan manfaat, mengapa kita harus melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga. Sekarang ini jangan lagi menganggap sepele pemanasan ketika sebelum olahraga. Karena fungsinya yang sangat penting bagi tubuh anda dan juga kesehatan olahraga tidak akan bermakna apapun jika tubuh anda akan merasa sakit dan justru menimbulkan cedera setelahnya. Namun jika anda melakukan olahraga dengan santai dan juga bahagia. Maka fungsinya akan sangat terasa mulai dari menyehatkan tubuh dan juga melepaskan stres atau tekanan yang dirasakan karena pekerjaan setiap harinya.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.