Manfaat Organisasi – Organisasi merupakan tempat dimana kita dapat menemui banyak orang berkumpul dan memiliki visi, misi, tujuan yang sama dengan kita.

Sepertihalnya SHUNT Magetan, didalam SHUNT Magetan memiliki anggota-anggota yang hobi dengan berbagai kegiatan alam khususnya panjat tebing.

Sudah banyak tebing yang kami panjat khususnya di Kabupaten magetan. jika kalian ingin mencoba silahkan saja hubungi kami. hehehe

Kembali kemasalah manfaat organisasi, apakah jika kita ikut SHUNT Magetan kita hanya bisa manjat ?

Tentu tidak. Ketika kalian mengikuti suatu organisasi apapun sadar tidak sadar kalian akan mendapatkan banyak manfaat, apalagi buat kalian generasi milenial yang terlalu sibuk dengan gadget.

10 Manfaat Ikut Organisasi

1. Melatih Mental Untuk Show Off

Banyak generasi milenial hari ini yang hanya cuap-cuap dimedia sosial tapi ketika bertemu atau face-to-face yang ada diam, kringat dingin, dan diam lagi. Solusinya adalah Ikut Organisasi.

Dengan Ikut Organisasi secara tidak langsung kita akan dilatih mengutarakan pendapat dan berdialog dengan banyak orang dan tanpa disadari kita menjadi berani show off.

2. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Di dalam organisasi apapun kalian akan dituntut untuk menambah pengetahuan dan wawasan seminim minimnya tentang organisasi yang kalian ikuti.

Contoh jika kalian iku Komunitas Panjat Tebing SHUNT Magetan, seminim-minimnya kalian akan diajari cara memanjat tebing, dikenalkan dengan alat-alat panjat tebing, kapan kalian boleh manjat, dan jenis tebing seperti apa yang boleh dipanjat. seperti itu.

Tentu akan lebih jika kalian menjabat jadi pengurus, hal-hal diluar organisasipun akan kalian pelajari. sepert psikologi manusia misalnya.

manfaat organisasi

3. Memperluas Relasi dan Teman

Baik, Generasi milenial pasti memiliki jangkauan pertemanan yang luar biasa luas hingga keluar negri. tapi bagaimana dengan lingkungan terdekat ?

Berorganisasi adalah solusinya. karena kita akan bertatapan langsung dengan mereka, ngobrol, nongkrong dan ngopi bareng. dan itu lebih menyenangkan.

4. Melatih Soft Skill

Kalian punya bakat menulis, bercerita, berpidato, kepemimpinan dll? gunakanlah organisasi sebagai tempat untuk melatih soft skill kalian tersebut.

Jika kalian merasa belum tau apa soft skill yang kalian miliki, ikutlah Organisasi lambat laut akan ketahuan apa soft skill kalian.

5. Belajar Leadership

Saat kita mengikuti organisasi pasti ada yang namanya kegiatan-kegiatan yang musti kita ikuti, nah jika kalian mendapat posisi di kepanitian disitulah kalian akan dilatih tentang kepemimpinan secara tidak langsung.

Salah satu sifat kepemimpinan adalah kecepatan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

6. Belajar Membagi Waktu

Sebagai orang yang aktif dalam organisasi pasti akan terlibat dengan banyak kegiatan organisasi sehingga lupa pulang, lupa makan bahkan lupa mandi.

Hal tersebut adalah sebuah kondisi yang sebenarnya sedang mengajarkan kita untuk berfikir gimana caranya agar kita tetap bisa pulang, tetap ingat makan, dan tetap bisa mandi tepat pada waktunya.

7. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Nah ini bagian yang sangat penting, yaitu melatih tanggung jawab. sebagai pribadi yang akan terlibat dengan banyak orang dimasyarakat. dan Rasa tanggung jawab ini dapat kalian latih saat kalian ikut beroganisasi dan aktif mengikuti kegiatannya.

8. Memupuk Rasa Peduli Sesama

Dengan seringnya bersama sepanjang waktu, susah senang bersama dalam berbagai kegiatan. sehingga tanpa sadar akan membentuk rasa peduli dengan sesama anggota organisasi.

9. Belajar Untuk Saling Percaya dan Bekerjasama

Saat kita mengadakan suatu kegiatan pasti akan melibatkan banyak orang. dan mau tidak mau harus belajar memberikan kepercayaan kepada orang lain, karena sangat mustahil kita akan mensukseskan kegiatan itu sendiri tanpa bantuan orang lain.

10. Menjadi Pribadi yang terbuka

Dengan semakin aktifnya kita diorganisasi kita akan bertemu dengan berbagai macam orang dengan model dan cara berfikir yang berbeda-beda sehingga menuntut kita dapat menerima semuanya.

Dengan demikian kita akan menjadi pribadi yang open minded terhadap perbedaan.

Baca Selengkapnya
Loading...