Ketahui 5 Manfaat Olahraga Pagi Sebelum Sarapan

manfaat lari pagi sebelum sarapan manfaat olahraga pagi manfaat olahraga pagi sebelum sarapan
Manfaat olahraga sebelum sarapan – healthline

Manfaat Olahraga Pagi Sebelum Sarapan – Olahraga merupakan kegiatan yang banyak dihindari oleh masyarakat. Padahal fungsi dari olahraga sendiri sangatlah penting dan manfaat olahraga sangatlah banyal, karena dapat membantu menyehatkan tubuh anda. Salah satunya adalah beberapa orang yang rutin melakukan olahraga ketika pagi hari. Selain udaranya lebih sejuk dengan oksigen yang sangat bersih olahraga di pagi hari juga dipercaya dapat mengurangi stres dan juga mempersiapkan tubuh untuk melakukan kegiatan sepanjang hari.

Sehingga banyak orang yang menyukai olahraga makan sebelum matahari terbit. Namun mungkin sebagian dari anda merasa bingung, apakah harus berolahraga setelah sarapan ataukah sebelum sarapan. Sebenarnya olahraga dapat dilakukan baik anda sudah sarapan ataupun belum sarapan. Namun dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap, mengenai manfaat olahraga pagi sebelum sarapan khususnya manfaat olahraga lari pagi sebelum sarapan.

Olahraga Sebelum Sarapan

manfaat lari pagi sebelum sarapan manfaat olahraga pagi manfaat olahraga pagi sebelum sarapan

Ada beberapa Penelitian yang dilakukan di luar negeri terkait adanya manfaat olahraga sebelum sarapan. Di mana hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan ternyata menjadi waktu yang paling optimal, untuk menghilangkan lemak ataupun berat badan secara cepat sebelum sarapan.

Memang perut anda masih kosong sehingga Ketika anda berolahraga maka tubuh akan memaksa menggunakan lemak dan juga gula yang ada dalam tubuh. Penelitian di Belgia ketika tahun 2010 pada pria 21 tahun, dapat menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan dapat mengurangi berat badan kurang lebih 6 minggu dan juga mengurangi porsi.

Makannya selain itu, mereka juga mengalami resistensi insulin dan peningkatan jumlah sel pada otot dalam tubuh. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh yang lebih kuat dan juga tidak rentan akan penyakit. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang diterbitkan oleh British journal of nutrition pada tahun 2013, di mana para peneliti membuktikan bahwa mereka yang berolahraga sebelum sarapan dapat menghilangkan lemak tubuh hampir 20%. Setiap olahraga aja berikut ini deretan manfaat olahraga lari pagi sebelum sarapan apa saja.

1. Mengontrol diabetes

Manfaat olahraga pagi sebelum sarapan yang pertama yang dapat anda rasakan adalah dapat mengontrol diabetes atau kadar gula dalam tubuh kita sendiri. Diabetes merupakan salah satu masalah serius yang banyak diderita oleh masyarakat di zaman modern ini. Diabetes dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari keturunan, pola hidup yang buruk dan lain sebagainya. Saat anda berolahraga sebelum sarapan, aktivitas ini bisa melindungi terhadap intoleransi glukosa dan resistensi insulin. Hal ini menjadikan tubuh anda dapat mengontrol diabetes dan mengurangi kadar gula yang sangat tinggi dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketika anda melakukan olahraga pagi hari, khususnya lari di pagi hari sebelum sarapan, ternyata manfaat olahraga pagi sebelum sarapan pagi dapat meningkatkan kualitas tidur anda di malam hari. Sebab peraga akan membantu mengembalikan ritme sirkadian, sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak dan juga lebih berkualitas. Hal ini mungkin bisa digunakan bagi anda yang memiliki rutinitas sangat padat ketika siang hari dan membutuhkan tidur yang berkualitas ketika malam hari ini. Mengingat banyak orang bekerja atau yang tinggal di kota mengalami masalah rendahnya kualitas tidur baik karena tekanan asterisk ataupun lainnya.

3. Mengurangi stress

Stres bisa muncul bukan hanya karena tekanan. Stress juga bisa muncul pada kondisi tubuh yang buruk dan juga kurang pembakaran, Misalnya saja tubuh yang penuh akan lemak dan juga garam. Pada tubuh seperti ini, bisa saja tekanan darah dan juga emosi diri meningkat. Untuk itu dengan berolahraga lari pagi sebelum sarapan dapat memberikan efek menenangkan pada sistem saraf dan juga membantu mengurangi stres yang terjadi pada anda. Terutama jika anda mengalami banyak masalah di pekerjaan atau ketiga berkegiatan di siang hari. Olahraga lari pagi sebelum sarapan tentu saja akan memberikan efek menenangkan dan menyenangkan.

manfaat lari pagi sebelum sarapan manfaat olahraga pagi manfaat olahraga pagi sebelum sarapan
Meningkatkan Imunitas – Quora

4. Meningkatkan Imunitas

Manfaat lari pagi sebelum sarapan selanjutnya yang bisa anda rasakan adalah meningkatkan imunitas atau berolahraga ringan. Nyatanya, jika anda berolahraga seperti lari pagi sebelum sarapan atau olahraga ringan lainnya maka dapat meningkatkan antibodi atau imunitas yang ada dalam tubuh. Sehingga semua racun dan juga lemak akan terbantu untuk keluar dalam tubuh. Anda menjadi lebih sehat dan kuat, selain itu olahraga di pagi hari sebelum sarapan dapat meningkatkan imunitas menjadi lebih baik dan kebal terhadap berbagai macam penyakit infeksi yang ringan.

5. Menurunkan berat badan

Selanjutnya manfaat olahraga pagi yang bisa anda lakukan jika anda hari pagi sebelum sarapan adalah mengurangi berat badan secara cepat dan juga signifikan. Sesuai dengan penelitian yang sudah dilakukan dan di jelaskan pada artikel diatas. Olahraga sebelum sarapan yang hanya dapat membakar lemak dan juga berbagai bahan yang mengandung racun di dalam tubuh. Sehingga bagi anda yang diet menurunkan berat badan dengan olahraga lari pagi tanpa sarapan menjadi solusi yang tepat dan juga aman.

Itulah daftar manfaat dan penjelasan yang bisa anda dapatkan jika anda melakukan lari pagi sebelum sarapan. Ketika awal melakukannya pasti akan terasa berat, mengingat setelah bangun tidur biasanya perut terasa kosong dan juga lapar. Namun sebelum mulai melakukan aktivitas seperti olah raga ini, anda bisa menggantinya dengan air putih sebagai salah satu asupan yang lebih sehat dan juga aman.

Namun tidak mengganggu pembakaran lemak dan juga tubuh. Di sisi lain manfaat olahraga seperti lari pagi sebelum sarapan ini bisa dimanfaatkan untuk anda yang ingin melakukan diet atau mengurangi berat badan dengan aman dan juga perlahan. Anda juga bisa mengganti jenis olahraga lainnya dengan olahraga ringan lainnya seperti sit up atau push up.

Loading...
Close Menu