12 Macam Macam Simpul dalam Pramuka, Ketahui Fungsinya

Mempelajari Jenis dan Macam simpul dalam Pramuka adalah hal dasar yang harus dikuasai tiap-tiap anggota pramuka. Simpul ialah wujud ikatan pada tali yang dapat memiliki sifat fungsional atau dekorasi. Jenis simpul dibikin dengan puntiran, untaian, dan ikatan.

Ada bermacam jenis simpul sesuai wujud dan perannya. Dalam Pramuka, jenis simpul penting dikenal. Jenis simpul ini bergunan untuk mengikat benda, menyambung tiang, atau menolong mengusung beban.

Dalam Pramuka, jenis simpul terhitung alat untuk tetap bertahan hidup. Simpul bahkan juga sudah ada untuk saat yang paling lama.

Jenis dan Macam Simpul Pramuka

Image Attachment

1. Simpul Hidup

Simpul hidup maknanya simpul yang dapat secara mudah dilepaskan. Simpul ini berperan mengikat satu benda dengan kuat, tetapi ikatan tidak sulit untuk dilepaskan kembali. Simpul ini dapat dipakai untuk mengikat tiang, benda, atau hewan.

Baca Juga: Simpul Tali Dalam Panjat Tebing

2. Simpul Mati

Simpul mati ialah jenis simpul yang hendak susah untuk dilepaskan kembali. Peranan simpul ini untuk menyambung duautas tali yang serupa besarnya dan tidak licin. Simpul mati akan susah untuk dilepaskan kembali karena dipakai untuk akhiri simpul tali.

3. Simpul Jangkar

Simpul jangkar (cow hitch) sering dipakai untuk mempertautkan tali pada benda lain dengan cepat. Jenis simpul ini umumnya bermanfaat untuk membikin tandu genting atau dapat dipakai untuk mengikat timba atau ember. Simpul jangkar bisa secara mudah dilepaskan kembali.

4. Simpul Anyam

Simpul anyam dipakai untuk menyambung dua utas tali yang berbeda besar dan pada kondisi kering. Jenis simpul ini untuk menghubungkan garis berdiameter atau kekakuan yang lain. Simpul anyam mudah dan cepat untuk diikat, dan dipandang penting karena ini ialah simpul dasar dalam Pramuka.

5. Simpul Pangkal

Simpul pangkal ialah jenis simpul yang bermanfaat untuk permulaan ikatan dalam mengikat tali pada tongkat atau tiang kayu. Di kehidupan setiap hari simpul ini bisa dipakai untuk mengikat tali pada kayu atau tongkat. Simpul pangkal kerap dipandang seperti salah satunya jenis simpul yang terpenting.

Baca Juga : Cara Membuat Simpul Pangkal

6. Simpul Rantai

Simpul rantai beguna untuk memperpendek dan perkuat tali. Simpul rantai atau simpul yang tidak teratur yakni memakai tali yang sebagai tali garapan dan sebagai tali pasangan dipakai secara berganti-gantian.

Triknya, bikinlah simpul jangkar lebih dulu. Mengambil tali pada segi kiri yang dipakai sebagai tali garapan, lingkarkan di atas tali segi kanan yang dipakai sebagai tali pasangan, selanjutnya keluarkannya dari bawah antara tali garapan dan tali pasangan.

Seterusnya tali yang ada pada segi kiri ganti sebagai tali pasangan dan tali segi kanan sebagai tali garapan selanjutnya kerjakan seperti cara permulaan. Ulang cara barusan sampai panjang yang diharapkan.

7. Simpul Tarik

Simpul Tarik ialah jenis simpul yang hendak hasilkan loop tali yang bisa diperbesar atau dikecilkan kembali. Di kehidupan setiap hari, umumnya simpul ini dipakai untuk turun ke jurang, atau turun di atas pohon. Simpul ambil biasa dipakai untuk pengikatkan tali pengikat binatang pada tiang/pohon dan gampang dilepaskan kembali.

8. Simpul Delapan

Simpul ini dapat disebut sebagai simpul pengunci karena susah sekali untuk dibuka, ditambah dengan tali yang akurat. Jenis simpul ini penting dalam melaut dan panjat tebing sebagai sistem hentikan tali dari kekurangan piranti penahan. Jenis simpul ini berperan mengikat tali, amankan penyelamat, tandu, plat jangkar, jangkar, atau perlengkapan ke ujung tali.

9. Simpul Nelayan

Simpul nelayan sebagai kombinasi dari 2 buah simpul hidup pada masing-masing ujung dari 2 utas tali. Manfaat khusus dari simpul ini untuk membuat tali sling memiliki kekuatan tinggi (bundar) untuk menyambungkan beberapa bagian dari mekanisme pelindungan pemanjat.

Penyebutan sebagai simpul nelayan (fisherman's knot) selainnya karena sering dipakai sebagai penghubung nilon (tali) pancingan kerap dipakai untung menyambung dua utas tali yang pada keadaan basah.

10. Simpul Tiang

Simpul tiang atau bowline, ialah simpul simpel yang dipakai untuk membuat loop masih tetap di ujung tali. Ini mempunyai kelebihan karena gampang diikat dan dilepas; khususnya, gampang untuk melepas ikatan sesudah alami beban. Simpul tiang terkadang dikatakan sebagai King of the knot karena perannya yang perlu.

11. Simpul Persegi

Simpul persegi atau simpul karang, ialah jenis simpul simpel yang dipakai untuk amankan tali atau garis disekitaran object. Terkadang dikatakan sebagai simpul Hercules. Simpul karang atau simpul persegi terdiri dari 2 1/2 simpul , satu kiri dan satu kanan, satu diikat di atas lainnya, dan satu diantaranya diikat lebih dulu...Simpul karang unik karena bisa diikat dan dikencangkan dengan ke-2 nya usai.

12. Simpul Barrel Hitch

Simpul Barrel Hitch dinamakan untuk pemakaiannya dalam mengusung ekspedisi di atas kapal, ialah dua langkah simpel tetapi efisien untuk membatalkan satu object. Mereka bekerja dengan membuat "gendongan" disekitaran object, yang menopangnya dari ke-2  segi dan bawahnya. Barrel Hitch dipakai untuk secara efisien mengusung barel dalam status tegak lempeng.

Baca Juga

3 Cara Membuat Simpul Pangkal - Halangan cengkeh
3 Cara Membuat Simpul Pangkal
Kumpulan Simpul Tali Yang Digunakan Dalam Panjat Tebing
Kumpulan Simpul Tali Yang Digunakan Dalam Panjat Tebing
alat panjat tebing, alat panjat tebing lengkap, peralatan panjat tebing
Apa Itu Tali Prusik dan Apa Fungsinya
Materi Panjat Tebing Dasar
Materi Panjat Tebing Dasar
Tali Untuk Panjat Tebing dan Tali Karmantel
Tali Untuk Panjat Tebing dan Tali Karmantel
alat panjat tebing, alat panjat tebing lengkap, peralatan panjat tebing
Teknik Repling dan Prusiking yang Aman