10 Peluang Kerja Online dari Rumah Paling Menjanjikan

10 Peluang Kerja Online dari Rumah Paling Menjanjikan

Kerja online dari rumah memang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Cocok untuk kamu yang masih pelajar, mahasiswa, karyawan atapun ibu rumah tangga. Kemajuan teknologi tentu menjadi salah satu faktor pendorongnya. Selain menawarkan fleksibilitas waktu, kerja online juga memungkinkan setiap orang menghasilkan uang tanpa harus pergi ke luar rumah.

Remote work (kerja online) memang terdengar sangat menggiurkan, sebab seseorang dapat bekerja untuk suatu perusahaan tanpa batasan waktu dan tempat. Selain itu, kamu juga bisa membangun sebuah bisnis independen sesuai keahlian. Jadi, tidak mengharuskan kamu memiliki modal besar.

Daftar Peluang Kerja Online dari Rumah

Peluang Kerja Online dari Rumah
Peluang Kerja Online dari Rumah

1.     Dropship

Bisnis online jenis ini memang sangat diminati di era digital sekarang. Selain mudah dan praktis karena dapat dikelola melalui smartphone, kamu juga tidak dituntut untuk memiliki modal. Sebab peran dropshipper adalah sebagai perantara antara seller dan konsumen.

Mengerjakan dropship cukup simple, tinggal cari produk dan supplier yang tepat. Setelah itu, promosikan produk di berbagai platform sosial media dan ecommerce. Setelah pembeli menyelesaikan transaksi, kamu bisa order ke seller dan penjual yang akan mengirimkannya.

2.     Reseller

Jenis pekerjaan daring tidak jauh berbeda dengan dropship karena berbasis sistem online. Akan tetapi, cara operasionalnya berbeda. Sebagai reseller, kamu akan membeli dan mempromosikan produk dari satu supplier atau distributor untuk dipasarkan secara online.

Untuk mendapatkan harga reseller, tentu kamu harus terlebih dahulu mendaftar ke pihak produsen atau penjual terkait. Dengan begitu, bisa menjual produk dengan harga kompetitif namun tetap dapat keuntungan. Modal yang dibutuhkan untuk jadi reseller juga tidak besar.

3.     Guru Privat Online

Kamu berstatus sebagai mahasiswa atau bahkan guru yang sedang mencari pekerjaan online agar mudah di handle? Menjadi guru privat online adalah jawabannya. Kamu bisa mengajar mata pelajaran sesuai bidang yang dikuasai. Menariknya, jam kerjanya juga sangat fleksibel.

Di mana mencari pekerjaan sebagai guru privat daring? Tidak perlu cemas, saat ini ada banyak sekali platform edukasi online yang bisa dijadikan sebagai alternatif solusi. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan jasa mengajar ke berbagai grup di sosial media.

4.     Afiliasi

Peluang kerja mudah tanpa modal yang bisa dikerjakan dari rumah selanjutnya adalah menjadi afiliasi. Apa itu afiliasi? Ini adalah program yang memberikan komisi apabila kamu sukses membuat orang lain membeli suatu produk. Jadi, hanya butuh skill marketing saja.

Untuk sukses menjalankan afiliasi sebenarnya kuncinya cukup simple. Kamu hanya perlu mengikuti berbagai program ini agar peluang menghasilkan cuan semakin besar. Biasanya, afiliator juga akan mendapatkan diskon tambahan sehingga keuntungannya lebih banyak.

5.     Social Media Specialist

Kamu suka surfing di sosial media, alih-alih untung, maka menghabiskan kuota? Hobi ini dapat dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan sebagai spesialis media sosial online. Apalagi, jenis pekerjaan ini umumnya tidak mempunyai syarat jenjang pendidikan khusus.

Sebagai spesialis sosial media, tentu kamu dituntut untuk kreatif, dan menguasai kemampuan copywriting serta sosial media marketing. Sebab, pekerjaan kamu nantinya adalah merencanakan dan membuat konten, juga menganalisa algoritma media sosial.

6.     Content Creator

Sesuai namanya, content creator bertanggung jawab untuk membuat konten, termasuk konten promosi bisnis. Oleh sebab itu, untuk menjadi content creator handal kamu bukan hanya dituntut bisa mengetik, namun juga kreatif dan memiliki gagasan unik serta menarik.

Profesi sebagai content creator sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa kreatif, kemampuan riset baik, mampu berkomunikasi, multitasking, dan suka dengan dunia pemasaran digital. Dengan begitu, barulah bisa menghadirkan konten yang atraktif.

7.     Blogger

Suka menulis dan bahkan sudah memiliki blog pribadi? Ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya sangat lumayan, bukan? Karena dengan menyalurkan hobi, kamu juga dibayar dengan real money yang jumlahnya cukup besar.

Untuk mendapatkan keuntungan dari blog. Kamu perlu memahami teknik blogging guna menghubungkan blog dengan AdSense. Pastikan juga kalau blog memiliki konten yang terkonsep sehingga berpotensi mendapatkan endorse dari klien potensial.

8.     Call Center

Pekerjaan ini sering dianggap remeh sebab dinilai hanya bertuga menerima keluhan dari pelanggan. Pada kenyataannya peran call center sangat penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis, karena call center adalah penghubung antara perusahaan dengan pelanggan.

Jika kamu merasa memiliki skill problem solver, komunikasi, bisa menjadi pendengar yang baik, mampu memahami produk perusahaan, sabar, dan responsif, maka pekerjaan sebagai call center online sangat direkomendasikan. Kamu bisa mencarinya di berbagai situs daring.

9.     Photo Stock Seller

Photo stock profesional amat dibutuhkan untuk beragam kepentingan, seperti brosur, iklan, ilustrasi artikel, dsb. Jika kamu memiliki stok foto keren, maka bisa coba menjualnya secara online. Caranya gampang, tinggal posting ke berbagai platform jual foto online terbaik.

Foto milik kamu berkesempatan untuk dilisensikan atau dibeli oleh pihak yang membutuhkannya. Jangkauan penjualannya juga secara global, sehingga kamu dapat menetapkan harga jual menggunakan kurs dollar. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

10.  Membuka Toko Online

Bagi kamu yang memiliki jiwa dagang dan suka dengan jual beli, maka bisa beralih ke sistem daring dengan membuka toko online. Selain fleksibel dan mudah dikelola, jangkauan konsumennya juga lebih luas. Jadi, besar peluang kamu bisa menjual lebih banyak produk.

Membuka toko online tentu memiliki tantangan tersendiri, apalagi persaingannya sangat ketat. Namun, dengan menerapkan strategi marketing yang efektif, kamu bisa boost penjualan dan meraih keuntungan yang cukup besar. Menantang sekali, bukan?

Cari pekerjaan online di era digital sebenarnya mudah. Apalagi, sebagian pekerjaan tidak mensyaratkan pendidikan tinggi sebagai kriteria kandidat pelamar. Jadi, siapapun kamu, selama memiliki kemampuan dan kemauan tetap bisa menghasilkan uang dengan kerja online dari rumah.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment