Kerajinan Dari Plastik – Sampah merupakan masalah yang banyak dialami berbagai negara di dunia. Termasuk salah satunya adalah di Indonesia berasal dari berbagai produk yang digunakan oleh manusia, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu sampah yang banyak memberikan masalah yang ini sampah plastik penggunaan yang hanya bisa satu kali pakai. Karena bahan kimia yang sama tinggi sampah plastik atau sampah kantong plastik, tidak dapat diurai dengan mudah seperti halnya tas ataupun kayu.

Namun siapa sangka sampah dari plastik kresek ini, ternyata dapat dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan dari plastik yang lebih berguna dan juga memiliki nilai jual ( pemanfaatan sampah plastik ). Kantong plastik yang dimaksud bisa berupa kantong plastik bekas ataupun kantong kresek bekas. Tanda berbelanja sifat bahan kantong plastik yang tipis lentur transparan serta memiliki warna yang berbeda-beda ini, memang dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat kerajinan yang cukup beragam. Salah satunya adalah membuat bunga dahlia dari kantong plastik bekas.

Membuat Kerajinan Bunga Dahlia dari Plastik

kerajinan dari plastik kemasan,
kerajinan dari plastik kresek,
kerajinan dari plastik yang mudah,
kerajinan dari plastik yang mudah dibuat,
kerajinan dari plastik bunga

Berikut ini akan kita bahas dan kita uraikan, Bagaimana cara membuat bunga dahlia dengan menggunakan kantong plastik kresek. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam hal ini anda akan membagi menjadi dua sisi yaitu alat dan bahan. Serta langkah-langkah disertai dengan gambar dan proses pembuatannya. Agar anda yang ingin meniru atau membuat bunga dahlia dari plastik kresek ini dapat meniru nya dengan baik.

Baca Juga : Kerajinan Dari Limbah yang Bisa Dimanfaatkan

1. Buat pola

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat. Pola lingkaran untuk bunga buatlah sebuah bola dari kertas karton ataupun kertas lainnya, yang memiliki tekstur agak tebal untuk membantu menopang bunga tersebut. Tujuan karton keras ini juga tetap berdiri dan juga terkesan rapih. Jika sudah selesai, anda bisa membentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 14 cm. Setelah itu hamparkan kantong plastik bekas di atas lantai kemudian rapikan.

2. Cetak

Setelah anda pola dengan rapi, Kemudian anda bisa menyalin pola tersebut. Pada plastik kresek yang sudah anda siapkan jangan lupa untuk jepit atau tinta terlebih dahulu. Agar plastik tidak bergeser dan lingkaran dapat terbentuk sempurna. Setelah itu gunting atau pasif sesuai pola lingkaran dan juga selanjutnya salin pola dengan cetakan lingkaran kertas tersebut.

Agar lebih mudah cara menggunakan kantong plastik kresek yang berbeda-beda sehingga memberikan nuansa yang lebih cerah dan juga ada bisa membentuk bunga yang lebih berharga. Setelah itu anda dapat melipatnya dengan bentuk empat kelipatan. Jangan lupa gunting ujung lipatan seperti yang ditunjukkan pada gambar untuk membentuk pinggiran mahkota yang dapat berlekuk-lekuk.

Baca juga:  Kerajinan Dari Limbah yang Bisa Dimanfaatkan

3. Lipat rapih

kerajinan dari plastik kemasan,
kerajinan dari plastik kresek,
kerajinan dari plastik yang mudah,
kerajinan dari plastik yang mudah dibuat,
kerajinan dari plastik bunga

Anda bisa melihatnya dengan bentuk simetris mulai dari 4 and 2 hingga yang terakhir adalah 8 melakukan atau 8 lipatan. Jika tidak bunyi anda dapat menggunakan korek gas setelah itu lipatan berdasarkan diameter yang sudah disesuaikan berakar.  Sisi lipatan dan juga panaskan kemudian bagian ujung akan mulai sedikit menggumpal lakukan pada semua bagian. Lipatan satu persatu dan perhatikan kertas agar tidak terbakar secara keseluruhan pemanasan dan pembakaran di sini bertujuan untuk membuat mahkota. Agar sedikit menguncup dan tidak datar lain itu pembakaran juga akan meninggalkan bekas yang nantinya akan dijadikan. Sebagai rangka untuk membuat mahkota bunga dahlia. Jika sudah selesai, Anda bisa menyisihkan kemudian lakukan pembakaran pada ada mahkota Kurang lebih 12 hingga 15 lembar mahkota dan nantinya akan membuat sekuntum bunga dahlia.

4. Buat putiknya

Setelah selesai anda bisa menggunakan putik untuk membuat bunga dahlia terkesan hidup. Dengan menggunakan kantong plastik atau kantong plastik lainnya. Caranya adalah dengan menggunakan gunting plastik di dua sisi.  Jangan sampai ujung dan ciptakan pesan Rumbai agar lebih mudah untuk membuat efek. Setelah itu satukan putik dan juga tangkai dengan mahkota dengan cara memotong atau menusuknya. Kemudian Anda bisa menempelkannya secara langsung.

Baca Juga :cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim

5. Tambahkan lainnya

kerajinan dari plastik kemasan,
kerajinan dari plastik kresek,
kerajinan dari plastik yang mudah,
kerajinan dari plastik yang mudah dibuat,
kerajinan dari plastik bunga

Terakhir yang bisa anda lakukan adalah menambahkan bagian daun dengan menggunakan kresek berwarna hijau. potonglah dengan bentuk daun ataupun kecil saja untuk ditempelkan di Batang. sehingga memberikan Efek, bahwa bunga dahlia yang anda buat telah memiliki daun. selain itu Anda juga bisa menambahkan atau menaruh bunga di vas hingga terlihat lebih rapi dan juga membuat bunga dahlia ini dengan warna yang beragam dan juga ukuran yang berbeda.

Pada dasarnya masih banyak kreasi yang bisa dibuat kerajinan dari plastik. Apalagi kresek ini masuk kedalam produk yang tidak bisa diolah dan dapat ditimbun dalam waktu yang cukup lama. Namun baiknya plastik kresek hanya digunakan atau dimanfaatkan untuk produk
kerajinan tangan saja, jangan dimanfaatkan untuk wadah khususnya makanan. Karena bahan kimia yang terkandung pada produk tersebut berbahaya.

Kerajinan Dari Plastik Lainnya

kerajinan dari plastik kemasan,
kerajinan dari plastik kresek,
kerajinan dari plastik yang mudah,
kerajinan dari plastik yang mudah dibuat,
kerajinan dari plastik bunga

Jika anda membutuhkan ide lainnya untuk kerajinan dari plastik, anda bisa menggunakan banyak seni yang unik mulai dari membuat tas dari plastik yang menggunakan sistem pilin agar padat dan juga kencang kemudian disatukan sehingga membentuk tas. Ada juga seni yang bisa anda buat keranjang buah untuk belanja dengan plastik kresek yang memiliki kekuatan bagus. Sehingga dengan hal ini anda tidak perlu lagi berbelanja dengan menggunakan tas yang berbayar. Dengan adanya seni ini menjadi lebih baik dan tentu saja lebih hemat dibandingkan anda membelinya.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.