Kerajinan Dari Limbah yang Bisa Dimanfaatkan

Berbicara soal sampah memang tidak pernah ada habisnya. Seperti yang anda ketahui bahwa limbah sendiri masuk kedalam kategori polusi yang dapat mencemarkan berbagai area yang ada. Pencemaran lingkungan dari limbah cair, padat maupun limbah gas. Meskipun begitu banyak orang yang tidak bisa melakukan apapun. Karena jika limbah dihentikan maka produksi barang-barang dan berbagai kebutuhan mendasar terhenti dan menyebabkan kelangkaan.

Sehingga cara lain yang bisa dilakukan masyarakat, salah satunya adalah masyarakat Indonesia untuk mengurangi sampah adalah mendaur ulang dan membuatnya kembali. Seperti halnya polusi dan limbah, bukan berarti 100% barang tersebut tidak bisa digunakan, namun anda masih bisa menemukan keunikan dan menciptakan produk dari barang tersebut. selain itu, kerajinan dari limbah ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia di beberapa daerah. Tak jarang bahkan produk tersebut dapat menuai pundi-pundi uang karena memiliki nilai jual.

Nah bagi anda yang memiliki barang bekas atau limbah cukup banyak dan ingin digunakan sebagai salah satu produk yang bisa dimanfaatkan, berikuti ini pembahasannya :

Barang bekas CD/Kaset

CD merupakan satu alat yang banyak digunakan untuk mendengarkan musik dan menampung dengan berbagai lagu. Sebelum ada USB dan juga bisa dikirimkan melalui ponsel, CD merupakan barang yang dianggap sangat penting. Bahkan CD masih banyak digunakan hingga saat ini. Ketika anda mendengarkan musik di mobil, atau ingin menyimpan dokumen resmi yang tidak ingin sampai hilang atau terkena virus maka bisa menggunakan CD.

Hanya saja jika ada CD yang tidak terpakai, anda bisa membuat deretan kerajinan tangan ini agar bisa dimanfaatkan dengan baik dan tentu saja bernilai. Apa saja ?

1. CD bentuk burung

Kerajinan Dari Limbah
burung dari kepingan cd – youtube

Kerajinan pertama yang bisa anda buat adalah burung yang menggunakan CD. Mungkin kerajinan ini bagi anda yang memiliki jiwa art tinggi dan ingin membuat kerajinan yang keren dan artistik. Anda harus memotong CD menjadi kepingan, usahakan dari warna yang berbeda-beda. Setelah itu anda bisa memanfaatkannya untuk membentuk berbagai bentuk sesuai keinginan anda. Bahkan jika sudah seperti ini, bisa jadi burung yang berasal dari potongan CD ini berharga ratusan ribu rupiah.

2. Hiasan Dinding dari CD

Selanjutnya adalah hiasan dinding yang bisa anda buat dari CD bekas, dimana hiasan dinding ini memberikan efek klasik dengan motif yang berbeda-beda. Anda bahkan bisa membuat hiasan dinding dari kepingan CD berbagai ukuran. Namun untuk hiasan ini gunakan CD yang benar-benar tidak digunakan lagi. Ataupun anda yang memiliki piringan hitam besar yang sudah rusak dan tidak berguna lagi. Selain estetik, bahkan anda bisa menjualnya dengan harga yang mahal bukan ?

Barang bekas botol kaca

Barang bekas selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah botol khususnya botol kaca. Biasanya yang menggunakan botol kaca ini adalah produk rumah tangga seperti minuman atau makanan. Jika anda memiliki banyak botol kaca, dibandingkan dibuang atau pecah dan berbahaya bagi anak-anak. Anda bisa menggunakan  botol ini bahkan lebih unik dan bisa menghasilkan produk yang berbeda. Berikut ini deretan barang bekas yang bisa anda buat dengan bahan botol kaca :

1. Terarium

Kerajinan Dari Limbah

Pernah mendengar yang namanya terarium ? anda pasti pernah melihat sebuah tanaman dalam botol kaca dengan hiasan yang beragam kan ? nah terarium bisa menjadi salah satu cara untuk anda menghias rumah dan memanfaatkan botol kaca. Bahkan anda bisa menanam tanaman dalam botol tersebut. Syaratnya botol kaca yang anda miliki harus memiliki mulut botol yang agak besar dan juga berwarna bening. Sehingga mudah melakukan perawatan dan terlihat dari luar botol. Selain itu banyak orang juga yang menggunakan terarium ini bahkan untuk hobi dan seni. Selain tanaman, anda bisa membuat hiasan hanya dengan pasir berwarna-warni atau bebatuan saja.

2. Hiasan Meja

Kerajinan Dari Limbah

Selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk membuat kerajinan dari limbah adalah menggunakan botol kaca untuk membuat hiasan. Anda mungkin merasa bingung bagaimana menghias rumah atau beberapa sudut rumah dengan tampilan yang lebih bagus dan juga berani. Nah cara selanjutnya yakni dengan memanfaatkan barang seperti botol bekas yang jarang terpikir. Terutama jika botol bekas yang anda miliki merupakan botol kaca yang bisa di cat atau dihias, maka akan lebih mudah lagi. Anda bisa menggunakan botol ini untuk menyisipkan di area seperti meja makan bahkan ruang tamu, dan menghiasnya bersamaan dengan nuansa rumah anda, layaknya dalam gambar diatas.

Barang bekas dari koran

Kotak Tisu, Kerajinan Dari Limbah

Sebagian dari anda mungkin masih senang membaca berita atau sekedar membaca koran. Dulu sebelum adanya teknologi, koran masuk kedalam salah satu barang yang penting sebagai media penyebar informasi. Namun sekarang ini koran jarang digunakan dan hanya menjadi sampah. Namun jika dimanfaatkan, anda bisa menyulapnya menjadi salah satu produk yang bagus dan juga unik. Apa saja produk yang terbuat dari koran ?

1.      Kotak Tisu

Kotak tisu merupakan produk yang paling banyak memanfaatkan koran. Karena tisu sendiri merupakan salah satu produk kebutuhan yang masuk kategori sekunder. Hampir semua tempat dan semua orang menggunakan tisu. Namun dengan adanya kotak tisu menjadi lebih mudah dalam membawa dan menempatkan tisu ini.

Itulah deretan barang atau produk yang bisa anda buat dengan menggunakan barang bekas. Sebenarnya masih banyak ide yang bisa anda tiru untuk dijadikan kerajinan dari bahan limbah.

Loading...
Close Menu