Kelebihan, Kekurangan dan Manfaat Hidroponik

Sekarang ini ilmu pengetahuan itu bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Adanya iptek yang semakin canggih jelas membantu manusia dalam berbagai kegiatan dan juga kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah bioteknologi yang mungkin tidak asing lagi.

Bagi beberapa orang bioteknologi sangat berguna dan dapat diaplikasikan dengan mudah. Bioteknologi merupakan pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dengan menggunakan makhluk hidup untuk bertujuan menghasilkan produk atau jasa yang dapat berguna untuk manusia.

Bioteknologi mencakup banyak hal, Salah satunya adalah hidroponik. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu hidroponik, dalam artikel ini akan kita bahas mengenai pengertian kelebihan kekurangan serta manfaat akar hidroponik.

Hidroponik merupakan sistem pertanian modern, ataupun suatu teknik budidaya tanaman yang dapat digunakan dengan menggunakan media air dan bahan yang bersifat porous. Misalnya pasir batu, apung, batu kali ataupun arang sekam, oleh karena medianya bukan tanah.

Tanaman hidroponik memperoleh makanan dari zat organik yang diberikan oleh para petani. Saat melakukan penyiraman sistem hidroponik ini banyak dilakukan di negeri Jepang. Mengingat kurangnya lahan atau tanah untuk menanam sayuran dan tanaman. Setelah itu hidroponik berkembang dengan sangat pesat dan juga banyak diaplikasikan di pertanian Indonesia.

Tanaman yang biasanya ditanam dengan sistem hidroponik sangatlah banyak, mulai dari sayur-sayuran buah-buahan dan juga tanaman hias dan lainnya.

Berbagai tumbuhan yang ditanam dengan sistem hidroponik ini jelas memiliki nutrisi dan juga kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan tanaman yang ditanam di tanah. Selain itu nutrisi yang didapatkan juga sangat baik dan juga mengandung zat organik yang diberikan melalui pipa air ataupun sistem perairan otomatis. Tanaman hidroponik sendiri memang memerlukan beberapa metode khusus agar tidak mengalami kegagalan dan dapat melakukan panen sayuran dengan sangat baik.

Kelebihan Sistem Hidroponik

manfaat hidroponik hidroponik sederhana hidroponik sederhana di rumah cara menanam hidroponik dengan botol bekas
Hidroponik (Hobbyjump)

Adapun kelebihan dari teknik hidroponik sangatlah banyak :

  1. Anda tidak memerlukan media tanah sehingga bagi anda yang tidak memiliki lahan di rumah atau ingin menanam tanaman, namun tidak memiliki tanah yang sesuai untuk menanam akan dapat melakukan sistem hidroponik ini. Umumnya memang sistem hidroponik menggunakan peralatan seperti halnya pipa ataupun botol air mineral.
  2. Pengendalian dan pembersihan nutrisi lebih mudah dan lebih efisien, tidak menyebabkan polusi terhadap lingkungan khususnya tanah steril dan juga bersih unsur hara dan PH menjadi lebih terjaga dan dapat dikontrol dengan baik.
  3. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja karena dapat dilakukan oleh anda sendiri dan juga media yang digunakan dapat difungsikan selama bertahun-tahun.
  4. Air yang digunakan dapat terus bersirkulasi, Sehingga anda dapat menggunakannya untuk keperluan lain seperti halnya sirkulasi di dalam akuarium,  ataupun kolam untuk memelihara atau beternak ikan
  5. Memberikan hasil tanaman yang lebih banyak. Karena sistem hidroponik sama halnya dengan penanaman di tanah, di mana anda bisa menanam beragam jenis tanaman  dalam satu tempat, ataupun menanam satu jenis tanaman dengan ukuran atau jumlah yang banyak.

Kekurangan Sistem Hidroponik

manfaat hidroponik hidroponik sederhana hidroponik sederhana di rumah cara menanam hidroponik dengan botol bekas
Kekurangan Hidroponik (rimolgreenhouses)

Sayangnya setiap sistem pertanian pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satunya adalah sistem hidroponik ini. Ada beberapa kekurangan yang harus anda pahami, diantaranya adalah perawatan tingkat hidroponik yang lebih sulit.

Sehingga sumber daya manusia harus memiliki bekal dan juga ilmu pengetahuan akan hidroponik. Butuh keterampilan khusus untuk meramu nutrisi, dan juga mengeluarkan modal yang lebih mahal dibandingkan menanam di tanah.

Kekurangan di atas memang menjadi kekurangan yang paling umum terjadi, sehingga menyebabkan para petani merasa malas atau tidak mengerti akan sistem penanaman ini. Namun jika anda mempelajari secara perlahan yang menjual baju sedikit demi sedikit pasti kekurangan di atas dapat dihindari.

Manfaat Sistem Hidroponik

manfaat hidroponik hidroponik sederhana hidroponik sederhana di rumah cara menanam hidroponik dengan botol bekas
Manfaat Hidroponik (diynetwork)

Setelah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan, Berikut ini adalah manfaat hidroponik yang bisa anda dapatkan jika melakukan sistem penanaman hidroponik. Manfaat ini bisa didapatkan oleh anda sebagai petani ataupun manfaat yang didapatkan di lingkungan diantaranya adalah :

1) Hidroponik dapat menghasilkan mutu atau jenis tanaman yang lebih baik. Sehingga cocok untuk anda yang membutuhkan sayuran yang stres ataupun segar dan juga berkualitas.

2) Tanaman hidroponik bebas dari serangan hama dan juga penyakit yang berasal dari tanah, sehingga jenis tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik menjadi lebih terkontrol dan juga sehat.

3) jika ingin menanam hidroponik tidak perlu khawatir akan tempat dan juga musim. Karena dapat dikelola oleh manusia secara khusus, dengan mengontrol lingkungan sesuai dengan kebutuhan atau cara tumbuh dari tanaman tersebut.

4) Anda dapat menghemat nutrisi yang digunakan, dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan juga lama tumbuh tanaman.

5) Dapat dilakukan oleh siapapun baik pria wanita muda ataupun tua bahkan peserta didik sekolah

6) Hidroponik merupakan salah satu penanaman yang tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

7) Manfaat terakhir yang dapat anda rasakan dengan menanam hidroponik adalah dapat menikmati baik sayuran tanaman, ataupun buah-buahan yang ditanam secara hidroponik dengan sehat. Karena tidak perlu menggunakan insektisida untuk membasmi hama.

Umumnya banyak sayuran dan juga tanaman yang ditanam oleh para petani menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengusir hama dan juga penyakit. Padahal bahan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan anda karena dapat meninggalkan bekas pada tubuh. Selain itu tanaman juga memiliki air yang bersih karena tidak tercemar oleh partikel tanah.

Baca : Cara Bertahan Hidup di Hutan Survival di Hutan

Deretan penjelasan mengenai kelebihan kekurangan dan juga manfaat dari hidroponik yang dapat anda pahami perlu diketahui. Sebelum memulai hidroponik, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu berbagai cara dan juga metode agar mengurangi resiko kegagalan panen dan juga kegagalan penanaman tanaman.

Selain itu sebelum melakukan sistem hidroponik baik yang mempelajari kebutuhan apa saja yang harus anda siapkan sebelum memulai penanaman hidroponik agar tidak merugi dan tidak membeli barang-barang yang sia-sia.

Loading...
Close Menu