Games indoor (theindicrafthouse)

Permainan atau dalam bahasa inggris disebut ‘games’, merupakan salah satu hiburan yang banyak dilakukan. baik kalangan anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. permainan sendiri bertujuan untuk menyegarkan otak, setelah anda melakukan kegiatan atau aktivitas yang cukup padat. seringkali permainan juga dilakukan untuk mengasah ketajaman pikiran dan konsentrasi seseorang.

Pengertian Game satau Permainan


Games indoor (youtube)

Games atau permainan berasal dari kata “main” yang artinya melakukan sesuatu kegiatan yang menyenangkan baik menggunakan alat, ataupun tidak. Bermain merupakan kegiatan yang sangat dekat dengan anak-anak, Namun bukan berarti permainan hanya bisa dilakukan oleh anak-anak saja. Permainan juga banyak dilakukan oleh orang dewasa. Selain itu, jenis permainan jumlah peserta serta lamanya waktu yang dialokasikan. Umumnya berbeda-beda tergantung dari kesepakatan yang telah dibuat atau peraturan yang sudah ada.

Permainan digunakan sebagai istilah yang sangat luas, karena mencangkup jangkauan kegiatan ataupun perilaku seseorang yang bertujuan kompetisi atau hiburan semata. Permainan terbagi menjadi dua yaitu permainan yang dilakukan secara indoor dan juga outdoor. Sesuai dengan namanya permainan outdoor yaitu semua permainan atau aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Sedangkan permainan indoor merupakan permainan yang dilakukan di dalam ruangan.

Pengertian Games Indoor

Games indoor (youtube)

Games indoor merupakan sebuah kegiatan atau permainan, di mana yang dilakukan di dalam ruangan oleh beberapa orang dan peraturan tertentu. Games indoor ini umumnya memiliki tingkat aktivitas yang lebih sedikit, namun tetap saja dapat menyenangkan pemainnya dan juga memiliki peraturan-peraturan unik yang dapat anda lakukan. Games indoor ini umumnya sering kali diterapkan pada training dalam sebuah perusahaan ataupun ketika anak-anak bermain di dalam kelas di sekolah.

Kelebihan Games Indoor

Games indoor nyatanya memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan di antaranya adalah :

Dapat Dilakukan Kapanpun

Seringkali games terkendala atau terhambat akibat cuaca ataupun keadaan di luar ruangan, sehingga menjadikan games outdoor memerlukan beberapa syarat khusus, agar dapat dilakukan dengan lancar dan juga sesuai dengan rencana.

Namun tidak dengan games indoor ini. Anda dapat melakukan games ini kapanpun dan dimanapun selama peraturan tersebut terpenuhi dan juga pemain yang terpenuhi. Baik ketika hujan atau panas, hal tersebut tidak akan mempengaruhi jalannya acara. Bahkan permainan kelompok dalam ruangan dapat dilakukan

Games Lebih Ringan

Umumnya jenis games dilakukan di luar ruangan, terutama yang menggunakan aktifitas yang berat. Namun untuk games indoor tidak memerlukan aktivitas yang terlalu banyak. Kebanyakan games indoor memerlukan pikiran atau mengasah otak untuk permainannya, dibandingkan tenaga dan juga aktivitas. (Baca: Permainan kerjasama kelompok)

Hal ini bisa dilakukan untuk anda yang sedang melakukan training atau pendalaman karakter dengan cara yang lebih menyenangkan. Games indoor tak melulu soal mengasah otak, anda juga bisa membuatnya menjadi games penyegar yang lebih ringan dan tidak memerlukan tenaga besar.

Jenis Games Indoor


Games indoor (thechampatree.in)

Masuk ke pembahasan selanjutnya ada beberapa jenis, games indoor yang dapat anda lakukan ketika sedang berada di lapangan bersama teman-teman ataupun rekan kerja. Berikut ini adalah rekomendasi yang dapat dilakukan :

1. Truth Or Lie

Truth or lie atau beberapa juga memainkan games Truth or Dare merupakan salah satu games indoor yang terbilang cukup mudah dan sangat populer termasuk di Indonesia. Cara sangat mudah, untuk Truth or lie, anda tinggal memberikan pertanyaan kepada seluruh pemain dan instruksikan kepada mereka untuk menuliskan tiga kebenaran dan juga satu kebohongan yang telah dilakukan oleh mereka sendiri. Kemudian masing-masing anggota lainnya harus menebak manakah yang benar dan manakah yang berbohong. (Baca : Permainan team building tanpa alat)

Di sisi lain permainan Truth Or Dare yang hampir serupa yakni menonton para pemain yang terpilih untuk menentukan apakah mereka ingin mengatakan kejujuran atau melakukan keberanian. Permainan ini rasanya sudah banyak lakukan oleh berbagai usia dan juga kegiatan.

2. World Geography

Games indoor yang satu ini membutuhkan otak yang jernih dan juga pengetahuan yang luas. Permainan yang melibatkan berbagai kota dan negara yang ada di dunia ini, seringkali dimainkan oleh seorang guru yang ada di dalam kelas ataupun permainan-permainan yang memiliki tingkatan lebih serius, dan dilakukan dalam ruangan.

Permainan ini melibatkan para pemain untuk menebak nama kota ataupun negara yang ada di dunia. Pertama pilihlah peserta pertama yang menyebutkan dimana kota kelahirannya, selanjutnya peserta tersebut akan mengucapkan satu kata acak yang diawali dari huruf awal atau huruf belakang pemain selanjutnya. Misalnya saja kota pertama adalah MEDAN maka kota selanjutnya adalah New York. Mereka yang menjawab dengan lambat maka harus mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan games tersebut.

3. Sambung Kata

Games indoor selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah bernama sambung kata. Permainan ini hampir banyak dilakukan oleh masyarakat yang ada di dunia, dengan istilah yang berbeda-beda. Caranya sangat mudah anda hanya tinggal membentuk lingkaran dan peserta pertama menyebutkan satu kata yang mudah dan juga jelas.

Setelah itu pemain selanjutnya harus meneruskan kata dengan menggunakan dua suku kata terakhir dari kata pemain pertama, atau pemain sebelumnya. Jika peserta tes tersebut tidak bisa menjawab lebih dari 3 detik maka gugur dan harus keluar dari lingkaran. Setelah itu peserta yang gagal akan mendapatkan hukuman.

4. Blind Drawing

Permainan terakhir yang dapat anda lakukan di dalam ruangan disebut dengan blind drawing. Dengan melibatkan dua pemain dalam satu kelompok suruh mereka untuk saling membelakangi. Dengan memegang gambar yang harus bisa ditebak oleh teman satu kelompoknya. Sementara itu rekannya juga akan memegang kertas kosong dan menuliskan jawaban atau tebakan dari gambar yang diberikan oleh teman sekelompoknya. Permainan ini sangat dilarang menggunakan kata-kata hanya boleh dengan gesture ataupun penulisan saja.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.