17 Daftar Isi Kotak P3K Yang Wajib Kamu Punya Di Rumah

Isi Kotak P3K – Dalam kehidupan sehari – hari tentu kita dapat mengalami luka kecil yang tidak disengaja. Misalnya saja ketika kita memasak dan tidak sengaja tangan kita teriris pisau, atau ketika kita membetulkan meja tangan kita terpukul palu. Maka untuk menanganinnya pasti kita membutuhkan barang – barang P3K (pertolongan pertama pada Kecelakaan).

Tidak hanya untuk luka seperti luka teriris, keberadaan peralatan P3K dirumah juga akan berguna ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti anak yang mendadak demam, masuk angin atau hal lain yang mungkin terjadi jadi tidak mutlak harus kecelakaan, meskipun namanya pertolongan pertama pada kecelakaan.

Namun apakah anda tahu isi kotak P3K apa saja yang harus tersedia di rumah anda? Dalam materi P3K ini akan dibahas isi dari kotak peralatan P3K apa saja yang wajib dimiliki dan apa kegunaannya.

Daftar Isi Kotak P3K Yang Wajib Selalu Ada Di Rumah

first aid kit list, peralatan p3k, isi kotak p3k

1. Perban

Salah satu yang harus dimiliki adalah perban. Perban adalah salah satu benda yang dpat digunakan untuk membalut luka jika terjadi cedera terbuka seperti luka berdarah,atau luka bakar yang parah. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengikat luka yang dikhawatirkan adanya tulang patah atau retak. Jadi anda harus memiliki perban di kotak P3K anda.

2. Kain Kasa Gulung dan Steril

Seperti perban, kasa dapat digunakan untuk menutup luka terbuka setelah diobati. Kasa gulung lebih meudah disimpan dan digunakan. Namun bagi anda yang tidak ingin repot menggunting kasa, anda bisa membeli kasa yang sudah dipotong – potong.

3. Sarung Tangan Lateks

Sarung tangan lateks dapat didapatkan di apotek. Sarung tangan ini dapat digunakan ketika anda harus membersihkan luka agar lebih terjaga kesterilannya. Membersihkan luka dengan tangan saja sebenarnya sudah cukup, namun akan lebih baik jika menggunakan sarung tangan lateks sekali pakai.

4. Larutan povidone-iodine

Selanjutnya adalah larutan povidone iodine yang biasa desebut sebagai betadine. Larutan ini berfungsi untuk mengobati luka terbuka akibat teriris, atau jika anak kita terjadtuh dan terjadi lecet.

5. Kapas

Kapas dapat digunakan untuk membersihkan luka, atau mengompres luka. Agar tidak menggunakan sembarang kain atau tissue untuk membersihkan luka, jadi usahakan untuk memiliki kapas khusus untuk luka yang tersimpan dalam kotak P3K anda.

6. Alkohol dan Rivanol

Selanjutnya adalah alcohol dan rivanol yang dapat berfungsi sebagai disinfektan dan pensteril luka. Untuk yang dapat menahan perih saat dibersihkan menggunakan alcohol, penggunaan alcohol lebih disarankan. alcohol juga gunakan untuk Pertolongan Pertama dan Penanganan Pada Pingsan karena baunya menyengat,

7. Termometer

Dengan keadaan cuaca yang berubah ubah, tentu akan sangat mungkin kita ataupun anggota keluarga yang lain mengalami demam. Untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya, tentu kita harus terlebih dahulu mengetahui suhu tubuh kita, apakah kita perlu pergi ke dokter atau cukup dengan pertolongan pertama di rumah saja. Untuk itu, kita membutuhkan thermometer untuk mengukur suhu tubuh.

8. Tissue Pembersih Bebas Alkohol

Solusi lain untuk membersihkan luka, terutama bagi anak dibawah 3 tahun adalah dengan menyediakan tissue pembersih bebas alcohol. Anak balita belum boleh dibiarkan mengalami kontak langsung dengan alcohol.

9. Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon

Dalam keadaan apapun, sangat mungkin salah satu dari kita akan mengalami masuk angin, jadi kita harus menyiapkan kayu putih dan minyak telon. Kayu putih dan minyak telon dapat meredakan pusing, mual, serta gatal – gatal akibat digigit serangga.

10. Salep Luka Bakar

Selanjutnya adalah dengan menyediakan salep luka bakar. Seperti yang kita tahu bahwa luka bakar adalah luka yang paling sering terjadi di kehidupan sehari – hari. Jadi sebaiknya selalu sediakan salep luka bakar di dalam kotak P3K anda, seperti bioplacenton.

11. Obat Pereda Sakit dan Obat Penurun Panas

Selanjutnya, pastikan untuk selalu memiliki obat pereda sakit seperti asam mefenamat yang bisa membantu meredakan sakit gigi atau sakit lainnya. Selain itu, anda juga bisa menyediakan paracetamol, aspirin atau sirup penurun panas bagi anak –anak.

12. Plester luka

Untuk luka lecet yang tidak terlalu besar, anda bisa menggunakan plester luka yang tersedia di warung ataupun minimarket dan apotek terdekat. Dengan begitu, maka anda bisa langsung menempelkan plester tersebut pada luka anda setelah dibersihkan dan akan lebih praktis.

13. Masker

Sediakan masker di dalam kotak P3K anda untuk persediaan jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena flu dan batuk. Untuk menghindari menularnya virus dan flu kepada anggota keluarga yang lain, maka anda harus mengenakan masker sekali pakai.

14. Salep/krim pereda gatal

Selain minyakkayu putih dan minyak telon, untuk meredakan rasa gatal anda bisa menyediakan krim pereda gatal yang mungkin akan lebih efektif digunakan.

15. Bedak dan lotion untuk gatal

Rasa gatal akibat alergi memang sangat mengganggu. Untuk menanganinya, anda sebaiknya menyediakan bedak gatal seperti salicyl, dan lotion gatal untuk anak balita. Dengan begitu gatal – gatal akan lebih cepat diatasi.

16. Obat Tetes Mata

Obat tetes mata juga tak kalah penting untuk dimasukkan dalam daftar peralatan P3K anda. Obat tetes mata dapat digunakan jika tiba – tiba anda mengalami iritasi mata ringan, seperti mata merah atau berair. Namun perlu di ingat bahwa obat mata yang telah terbuka tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Jadi anda perlu mengecek dan membuang obat mata yang telah terbuka lebih dari satu bulan.

17. Obat – obat yang wajib bagi beberapa anggota keluarga

Obat yang wajib adalah obat yang memang harus dikonsumsi bagi keluarga anda. Seperti jika seseorang memiliki alergi terhadap udang, tentu anda sudah harus menyiapkan obat yang dapat menanganinya.

Demikian adalah Isi Kotak P3K yang wajib anda miliki di rumah, dan mungkin bisa anda bawa ketika bepergian. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika anda menyimpan obat – obatan harus selalu anda cek taggal kadaluarsanya.

Loading...
Close Menu