5+ Ide Kerajinan Tangan dari Kain Perca Yang Dapat Dibuat Dengan Mudah

5+ Ide Kerajinan Tangan dari Kain Perca Yang Dapat Dibuat Dengan Mudah

Kerajinan dari kain perca – Apa yang kamu ketahui tentang kain perca? Kain perca atau kain sisa potongan merupakan kain yang paling banyak ditemukan di tempat penjahit produsen pakaian. Jika kamu miliki kain ini sebaiknya jangan dibuang karena kita bisa membuat kerajinan tangan dengan kain perca.

Ada banyak macam kerajinan tangan yang bisa kita buat dari kain perca, mulai dari pakaian boneka, keset, bed cover dan lain-lain yang tentunya memiliki manfaat yang baru.

Selain menambah kreatifitas ternyata kerajinan bisa dijadikan sebuah usaha yang pemasarannya bisa melalui internet. Termasuk hasil kerajinan kain perca ini.

Berbicara soal kain perca, kain perca dapat diolah menjadi kerajinan yang unik dan juga berbeda. Kerajinan apa yang dapat dibuat dari kain perca ? Bagaimana cara membuatnya sebenarnya kain perca ini masuk ke dalam kain sisa yang sudah tidak digunakan lagi oleh para penjahit atau pembuat pakaian.

Namun sebagian orang merasa kain perca sendiri masih bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga tidak membuang-buang kain yang ada. Sebagian orang justru banyak yang senang dengan kain perca ini karena dapat dimanfaatkan menjadi produk kerajinan tangan.

Berikut ini adalah ide ataupun referensi yang bisa kamu jadikan untuk membuat sebuah produk dari kain perca :

1. Bed cover

Kerajinan dari kain perca
bedcover

Kamu memiliki terlalu banyak kain perca di rumah ? Maka tidak perlu khawatir karena kamu bisa membuat sebuah selimut atau bed cover dari kain tersebut. Seringkali kita melihat tempat tidak diberi bedcover dengan bahan yang mewah dan juga mahal, namun disisi lain yang digunakan memiliki nilai seni yang rendah dan juga bahan yang biasa saja.

Hal ini berbeda jika kamu membuat bed cover dari kain perca dengan menggunakan kain sisa dan juga menambahkan bahan sosis selimut. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk sebuah petasan ada tinggal menjahit dengan kain-kain sisa. Kemudian membentuknya atau memadukannya dengan berbagai motif yang ada tentu saja akan memiliki nilai seni tinggi.

2. Gorden

Kerajinan dari kain perca
gorden – indonesian-store.restmart

Siapa sangka bahwa gorden atau tirai, merupakan salah satu kerajinan tangan yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan kain perca. Dimana gorden atau tirai memang seringkali digunakan di rumah.

Namun kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ataupun modal. Ketika menggunakan kain perca dan juga mengolah kain perca ini sebagai gorden. Dengan memadukan bersama dengan bahan lain agar lebih bagus dan juga mudah untuk digunakan dan bisa membuat sesuai dengan ukuran jendela rumah. Sehingga jika membuat gorden dengan berbagai motif untuk menampilkan motif yang unik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

3. Sarung bantal

Kerajinan dari kain perca
sarung bantal – rumahcart

Selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah membuat sarung bantal dari kain perca. Di mana sarung bantal ini dapat dimanfaatkan untuk sarung bantal sofa dan bantal ruang tamu. Bantalan di kamar tidur umumnya sarung bantal memiliki warna yang sama dengan warna kursi.

Namun jika kamu menggunakan sofa dengan warna netral dan juga polos. Bagi kamu yang ingin menyampaikan sesuatu yang berbeda, maka kamu bisa membuat sarung bantal dari kain perca.

Selain itu pembuatan sarung bantal dengan kain perca jelas tidak membutuhkan biaya yang tinggi dan mudah. Hal tersebut bisa membuat berbagai motif dan juga model dengan masing-masing motif yang berbeda setiap bantalnya.

4. Keset

Kerajinan dari kain perca
keset – kyuzumascraftingzone

Apakah kamu pernah melihat sebuah keset tersusun dengan bahan yang berbeda. Maka kamu bisa membuat kaset tersebut dengan menggunakan kain perca. Di mana kain perca memiliki kualitas yang bagus dan juga dapat menyerap air.

Di sisi lain kain perca juga mudah untuk dijahit, sehingga kamu bisa membantu kesehatan sesuai dengan bentuk dan juga keinginan kamu . Selain itu, kamu juga bisa membuat barang lainnya dengan memanfaatkan kain perca sebagai bahan utamanya.

5. Bros

Kerajinan dari kain perca
bros – retinwat.blogspot

Kerajinan tangan selanjutnya yang bisa membuat kamu. Dengan menggunakan kain perca adalah bahwa hiasan bros ini menjadi favorit di kalangan anak muda, atau ibu-ibu baik yang menggunakan hijab ataupun tidak sendiri. Penampilan seorang wanita menjadi berbeda dan juga tampil elegan. Namun bisa dibuat dari bahan kain perca, sehingga menampilkan bentuk yang unik dan juga berbeda. Coba saja buat dijual kepada teman-teman kamu untuk mendapatkan keuntungan dari pembuatan bros kain perca tersebut.

6. Celemek

Kerajinan dari kain perca
celemek – faizgudel.blogspot

Produk selanjutnya yang dapat kamu buat dari kain perca adalah baju masak. Umumnya ibu-ibu membeli baju masak di pasar. Namun, selalu membeli tentu saja akan menyebabkan keborosan. Untuk itu, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan kain perca dengan harga yang lebih murah. Ketika sedang memasak, namun dengan adanya kain perca ini ada dapat membuat celemek, dengan cara sendiri.

7. Lap Masak

Kerajinan dari kain perca
lap masak – ayoberkreativitas.blospot

Selanjutnya yang bisa kamu buat untuk bahan kain perca adalah lap masak. Kain ini dilapisi dengan kain lain yang lebih tebal agar lebih aman ketika digunakan. Selain itu, lap masak ini bisa dibuat dengan cara dijahit agar lebih aman. Kain perca ini dapat dibuat dengan berbagai motif dan juga model. Selain itu,  lap masak ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang beragam. Dibanding lap masak membeli, baiknya kamu bisa membuatnya sendiri.

Itulah deretan Kerajinan Tangan dari kain perca yang bisa kamu lakukan. Dimana ide diatas bisa dilakukan dengan mudah dan juga gratis. Disisi lain kain perca juga memberikan motif yang berbeda dan unik dibandingkan kamu membeli. Kain perca bisa berasal dari berbagai jenis kain dan ukuran. Semua tinggal disesuaikan dengan kerajinan tangan yang kamu miliki sehingga bisa sesuai dan pas.

Post Comment