Gunung Lawu, Gunung Api Penuh Mistis di Tanah Jawa

Gunung Lawu – Bagi anda pecinta gunung atau pendaki pada umumnya pasti tidak asing dengan keberadaan Gunung Lawu, tidak afdol rasanya jika belum mengunjungi salah satu gunung api tertingi di pulau jawa ini. Gunung Lawu adalah sebuah gunung api di pulau Jawa berketinggian 3.265 mdpl yang terletak di antara dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung ini terletak diantara 3 kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar, Kabupaten magetan, dan Kabupaten Ngawi.

Gunung Lawu memiliki banyak cerita, fakta, dan sejarah yang panjang di kehidupan masyarakat Indonesia khususnya warga Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perlu anda ketahui ada beberapa poin yang terkenal dari gunung ini, mulai dari statusnya yang masih gunung api aktif, cerita mistis dan ritual yang sering dilakukan di Gunung Lawu, dan tentu saja banyak pemandangan indah dan objek wisata disekitar gunung yang harus anda kunjungi. Dalam tulisan ini kami rangkum beberapa hal mengenai gunung lawu dalam poin – poin berikut.

Keindahan Gunung Lawu dan Tempat Wisata Sekitar

Gunung dimanapun tempatnya memang menyimpan keindahan tersendiri, termasuk Gunung Lawu. Gunung ini patut anda kunjungi karena memiliki beberapa keindahan yang menarik untuk disaksikan, misalnya adalah pemandangan sunrise dan lautan awan di puncak gunung jika anda melakukan pendakian. Hutan yang masih asri dan terjaga ditambah dengan lansekap alam yang cukup cantik menjadikan pendakian di Gunung Lawu menjadi cukup menarik dan populer dikalangan pendaki Gunung di Indonesia.

Selain pendakian yang menjadi hal utama anda juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terdapat di sekitaran Gunung Lawu. Ada beberapa tempat wisata di dekat lereng gunung misalnya Tawangmangu, Candi Sukuh, Telaga Sarangan, Kompleks Pemakaman Kerajaan Praja Mangkunegaran, dan masih banyak lagi objek wisata lainnya. Dengan keindahan dari objek – objek yang ada di Gunung Lawu maupun sekitaran Gunung Lawu menjadikan tempat ini adalah salah satu gunung yang cukup indah untuk dikunjungi.

Pendakian Gunung Lawu

pendakian gunung lawu gn lawu gunung lawu gunung magetan
www.kaskus.co.id

Sebagai salah satu daya tarik utama Gunung Lawu, pendakian Gunung Lawu adalah hal yang cukup sering dilakukan oleh masyarakat yang ingin menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan gunung, pendakian di sini bisa dibilang cukup populer seperti pendakian lainnya di Gunung seperti Gunung Semeru, Merapi, atau Gunung Bromo.

Mengingat potensi ini, jalur pendakian di Gunung Lawu menjadi cukup banyak dan cukup mendapat fasilitas yang memadai. Salah satu jalur resmi pendakian Gunung Lawu terdapat di daerah Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang yang masing – masing menawarkan pemandangan indah dan trek dengan tingkat kesulitan masing – masing. Pendakian Gunung Lawu memiliki tujuan yakni puncak Gunung Lawu yang masing – masing terdiri dari puncak Hargo Dumiling, Hargo Dalem, dan puncak Hargo Dumilah yang menjadikannya puncak tertinggi di Gunung Lawu.

Untuk pendakian Gunung Lawu memiliki durasi yang tidak lama, antara 5 hingga 7 jam pendakian, namun tidak disarankan untuk pendaki amatir dan grup kecil karena banyak kasus hilangnya pendaki di gunung ini.

Gunung Lawu Sebagai Gunung Api

Pada awal sudah disebutkan bahwa Gunung Lawu merupakan salah satu gunung api yang ada di Indonesia. Keberadaan Gunung Lawu sebagai gunung api memiliki bukti bahwa pada tahun 1885 gunung ini pernah meletus dan didokumentasikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada waktu itu.

Gunung api ini meski statusnya masih gunung api, namun sifatnya sekarang menjadi gunung api istirahat yang masih menyimpan potensi letusan. Meski begitu dalam ilmu geologi hal tersebut tidak menjamin tdak ada letusan lagi di waktu yang akan datang, contoh lain adalah Gunung Sinabung yang tidur dalam waktu lama hingga akhirnya meletus dan belum berhenti hingga saat ini.

Selain adanya riwayat letusan, di Gunung Lawu juga dapat ditemukan bau belerang dan adanya bekas kawah yang kini menjadi tanah lapang di wilayah puncak Hargodumilah. Selain itu juga terdapat kawah mudah yang dinamakan kawah condrodimuko yang mengeluarkan bau menyengat belerang. Selain itu terdapat aktivitas kegempaan yang masih terjadi di Gunung tersebut.

Beberapa Cerita dan Ritual Mistis di Gunung Lawu

Selain panoramanya yang indah dan potensi gunung api yang aktif, Gunung Lawu juga kental akan cerita mistis dan spiritual yang sejak dulu terlekat. Bila anda mendaki gunung lawu maka akan menemui beberapa hal berbau keramat dan ritual di tempat ini, misalnya sendang drajat dan beberapa petilasan. Banyak ritual yang dilakukan oleh orang – orang di gunung ini, terutama pada waktu tertentu seperti malam satu syuro.

Banyak hal – hal berbau mistis yang dapat dijumpai di Gunung ini, selain itu banyak juga pantangan dan aturan tidak tertulis yang ditemui di Gunung ini jika ingin melakukan pendakian, bila dilanggar maka akan terjadi hal buruk menimpa pendaki tersebut. Selain itu Gunung Lawu juga dikenal dengan banyak mitos seperti adanya Ratu Kidul, tempat pamokasan Brawijaya, dan masih banyak lainnya.

Demikian tulisan kami mengenai Gunung lawu yang sarat keindahan dan cerita mistis di dalamnya, semoga bermanfaat bagi anda.

Loading...
Close Menu