Pengertian, Perbedaan, Serta Fungsi RAM dan ROM Pada HP dan Laptop

Secara umum, fungsi RAM dan ROM pada HP ataupun Laptop adalah sebagai media penyimpanan. Semakin besar RAM dan ROM pada suatu perangkat, baik itu HP atau Laptop, semakin besar juga ruang penyimpanan perangkat tersebut. Hal itulah yang biasa diyakini orang-orang mengenai RAM dan ROM.

Pernyataan tentang fungsi RAM dan ROM tersebut tidak salah. Tetapi alangkah lebih baik apabila kamu mengetahui lebih spesifik tentang apa itu RAM dan ROM pada HP dan Laptop beserta fungsi dan hal yang membedakan keduanya. Nah untuk mengetahui semua itu, baca artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu RAM dan ROM?

Image Attachment

RAM dan ROM, keduanya sama-sama merupakan istilah dalam bidang teknologi yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan. Ya, fungsi RAM dan ROM pada HP yang mirip membuat keduanya sering dianggap sama.

Meski terlihat mirip, kedua istilah ini tentu memiliki pengertiannya masing-masing. Nah supaya tidak keliru, silakan simak pengertian RAM dan ROM berikut.

Pengertian RAM
Random Access Memory atau biasa disingkat RAM adalah sebuah hardware pada suatu computer yang berguna sebagai media penyimpanan data sementara. RAM ini merupakan tempat penyimpanan yang sifatnya sementara. Itu berarti bahwa data-data di dalamnya dapat hilang kapan saja.

Pengertian ROM

ROM yang merupakan singkatan dari Read Only Memory adalah sebuah tempat atau media penyimpanan pada suatu perangkat yang mampu menyimpan semua data secara permanen, bahkan ketika computer tersebut mati sekalipun.

Perbedaan RAM dan ROM

Setelah membaca pengertian dari RAM dan ROM diatas, seharusnya kamu sudah paham mengenai perbedaan antara RAM dan ROM.

Ya, dapat disimpulkan bahwa perbedaan keduanya yaitu terletak pada sifatnya. Perbedaannya adalah jika RAM menyimpan data secara sementara, sedangkan ROM menyimpan data secara permanen.

Selain itu, ada juga beberapa hal yang menjadi perbedaan RAM dan ROM. Penasaran apa saja perbedaannya? Yuk disimak.

1. Kapasitas

Yang menjadi salah satu perbedaan RAM dan ROM ialah kapasitasnya. Pada Laptop, RAM biasanya memiliki kapasitas MegaBait (MB) hingga GigaBait (GB) yang bisa ditingkatkan. Tetapi untuk HP, RAM berwujud Flash Memory yang tidak bisa ditambah kapasitasnya.

Sedangkan ROM sendiri biasanya sudah ditetapkan oleh pabrik pembuat, sehingga tidak bisa ditambah atau diupgrade lagi. ROM biasanya berkapasitas 4 GB, 32 GB, bahkan 512 GB.

2. Keamanan

Perbedaan antara RAM dan ROM yang selanjutnya yaitu dari sistem keamanan datanya. Data yang tersimpan di dalam ROM bersifat permanen sehingga tidak mudah hilang. Sedangkan data yang tersimpan di dalam RAM bersifat sementara dan mudah hilang.

3. Daya yang Digunakan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa data yang tersimpan di dalam RAM akan mudah hilang sedangkan data yang tersimpan di dalam ROM akan lebih permanen. Hal ini dikarenakan oleh RAM membutuhkan daya untuk menyimpan data sedangkan ROM tidak membutuhkan daya.

3 hal tersebut sebetulnya sudah menjadi perbedaan yang signifikan diantara keduanya. Tetapi untuk lebih detailnya, kamu bisa menentukan sendiri perbedaan RAM dan ROM dengan memahami fungsi RAM dan ROM pada HP ataupun Laptop yang akan dibahas dibawah ini.

Fungsi RAM dan ROM pada HP dan Laptop

Sebelumnya sudah kita bahas mengenai apa itu RAM dan ROM beserta beberapa perbedaan dan fungsinya. Ya, seperti yang kita tahu bahwa fungsi RAM dan ROM pada HP ataupun Laptop adalah sebagai tempat untuk menyimpan data.

Tetapi ternyata fungsinya tidak hanya itu lho. Masih ada beberapa fungsi dari RAM dan ROM yang harus kamu ketahui. Baiklah, ini dia fungsinya.

1. Membaca Data

Secara umum, fungsi RAM dan ROM pada HP dan Laptop ialah untuk membaca serta menyimpan data. Dengan data yang sudah tersimpan pada sebuah RAM, kamu mampu mempercepat waktu dalam membuka sebuah file.

Sebagai contoh, file yang sudah pernah kamu buka sebelumnya akan lebih cepat terbuka dibandingkan dengan file baru yang belum pernah dibuka sama sekali. Hal itu karena isi dari file lama kamu sudah tersimpan di dalam RAM, sehingga proses membuka file menjadi lebih cepat.

2. RAM Mampu Membantu Multistaking Perangkat

Fungsi RAM dan ROM pada HP dan Laptop selanjutnya ialah untuk membantu suatu perangkat dalam melakukan multistaking.

Multitasking yaitu suatu kondisi dimana sebuah perangkat menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Kondisi seperti inilah yang biasanya menyebabkan HP menjadi lemot atau lag.

Nah dengan tersedianya RAM yang cukup besar, multitasking pada sebuah perangkat dapat dilakukan dengan lancar.

3. Membantu Mempercepat Kinerja Perangkat

Selain sebagai media penyimpanan, RAM juga bermanfaat untuk membantu mempercepat kinerja perangkat, baik HP ataupun Laptop.  

Besarnya kapasitas RAM ataupun ROM pada sebuah perangkat sangat berpengaruh pada kecepatan proses kinerja perangkat tersebut.

4. Menyimpan Data dengan Sistem Keamanan yang Tinggi

Dengan menggunakan ROM sebagai media penyimpanan, kamu berarti sudah menggunakan media penyimpanan yang memiliki sistem keamanan tinggi.

Disebut aman karena data yang disimpan di dalam ROM bersifat permanen, tidak mudah hilang, dan akan terbebas dari virus.

5. Menyimpan Firmware dan Membantu Proses Distribusi Software

Fungsi RAM dan ROM pada HP dan Laptop selanjutnya adalah untuk menyimpan firmware atau biasa disebut perangkat lunak.

Selain untuk media penyimpanan, ROM juga bisa digunakan untuk membantu proses instalasi software ke Laptop. Pada prosesnya, ROM akan mendistribusikan software yang akan diinstall. Hal ini mampu membuat penyimpanan software menjadi lebih awet dibandingkan media yang lain.

Tags:

Baca Juga

Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya