Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia – Manajemen sumber daya manusia adalah satu bagian dari manajemen, dimana difokuskan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

SDM atau dalam Bahasa lain disebut Human Resource miliki banyak arti. Secara singkat Pengertian dari Manajemen Sumber daya manusia adalah suatu tindakan yang dimaksudkan untuk memaksimalkan sumber daya manusia secara efektif dan efisien.

Sehingga dapat memperoleh sumber daya benar-benar optimal dan memuaskan.

11 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Keberadaan Manajemen Sumber Daya Manusia tidak serta merta ada tanpa ada maksud dan tujuan, salah satunya adalah Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia, disini terdapat 11 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia yang dapat amati :

1. Perencanaan

Perencanaan atau human resources planning merupakan proses perencanaan untuk tenaga kerja agar mereka dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

2. Pengorganisasian

Pengorganisasian/Organize adalah kegiatan untuk membentuk struktur dari berbagai hubungan antara jabatan, devisi-devisi hingga kestaff sebagai bentuk system kerja dalam manajerial.

3. Pengarahan

Pengarahan adalah kegiatan mengarahkan anggota/karyawan agar dapat bekerja sebagaimana mestinya dengan efektif dan efisien. Biasanya tertuang dalam Standar Operasional Prosedur atau SOP.

4. Pengendalian

Kegiatan untuk mengontrol aktifitas anggota/karyawan agar bekerja sesuai dengan pengarahan dan secara aktif mematuhi segara aturan yang ada.

5. Pengadaan (recruitment)

Pengadaan atau recruitment merupakan proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan anggota/karyawan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

6. Pengembangan

Pengembangan atau upgrading merupakan proses peningkatan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual, dan/atau moral anggota/karyawan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan seperti workshop, seminar atau diklat.

7. Kompensasi

Kompensasi adalah pemberian balas jasa secara langsung atau tidak langsung yang berbentuk uang ataupun barang kepada anggota/karyawan sebagai bentuk imbal jasa dari organisasi/perusahaan.

8. Pengintegrasian

Pengintegrasian merupakan aktivitas untuk menyatukan antara kepentingan organisasi/perusahaan dengan kebutuhan para anggota/karyawan, sehingga menciptakan kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

9. Pemeliharaan

Pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara dan/atau meningkatkan kondisi mental, fisik serta loyalitas Anggota/pekerja agar tercipta kerjasama dalam jangka panjang.

10. Kedisiplinan

Kedisiplinan merupakan kegiatan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota/karyawan. Kedisiplinan merupakan fungsi utama dalam manajemen sumber daya manusia, tanpa kedisiplinan cita-cita organisasi/perusahan akan sulit tercapai.

11. Pemberhentian

Pemberhentian adalah pemutusan hubungan kerja / keanggota pada anggota/karyawan dari suatu organisasi atau perusahaan.

Demikian Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia secara lengkap, semoga bermanfaat

Referensi : https://repository.widyatama.ac.id

Baca Selengkapnya
Loading...