Pengertian, Fungsi dan Jenis VGA Card pada PC

Kartu VGA menjadi komponen yang penting dalam sebuah PC maupun laptop. VGA atau kartu grafis ini akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan ditampilkan pada layar. Ternyata kartu grafis memiliki fungsi dan jenisnya masing-masing. Lalu, apa sajakah fungsi dan jenis VGA card.

Jika kamu seorang editor video ataupun foto, fungsi VGA ini sangat penting. Ini demi menghasilkan kualitas gambar dan video yang maksimal agar hasil editan lebih bagus. Kualitas VGA yang bagus secara signifikan meningkatkan kualitas grafik yang dihasilkan. Bukan hanya itu saja, grafik 3D pun dibuat secara akurat.

Bagi kamu yang hobi bermain video game di PC dan laptop, kualitas kartu VGA yang bagus membuat performa game yang ditampilkan lebih enak dilihat. Kamu juga tidak perlu khawatir jika gambar menjadi pecah atau patah-patah dan laptop menjadi hang secara tiba-tiba.

Apa Itu Kartu VGA

Image Attachment

Pada tahun 1987, kartu VGA pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat International Business Machine Corporation atau bisa kita kenal IBM.

Sebelum jauh membahas fungsi dan jenis VGA, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu kartu VGA. VGA atau Video Graphics Array adalah hardware atau perangkat keras yang bisa menerjemahkan sebuah tampilan ke layar. Karena itu, VGA juga sering disebut kartu grafis.

Semua produsen perangkat keras VGA ini akan mengarahkan produknya untuk merujuk pada resolusi layar 640 x 480.

Biasanya, VGA dipasang ke dalam CPU atau Central Processing Unit. Atau bisa juga sudah terpasang pada perangkat laptop.

Fungsi Kartu VGA

Perangkat keras VGA merupakan komponen penting yang tugasnya memberikan perintah kepada PC untuk menampilkan output visual yang dapat dilihat oleh mata kita di layar.

Singkatnya, berkat fungsi dan jenis VGA maka tampilan visual di layar monitor akan muncul. Selain itu, VGA juga berfungsi untuk menyimpan data dari harddisk

Jenis - Jenis VGA

1. VGA On Board

Fungsi dan jenis VGA yang pertama ini paling sering dijumpai pada laptop dan komputer. Pada VGA On board, chip yang ada menjadi satu dengan motherboard. Ini merupakan jenis VGA yang sering ada pada komputer dan laptop dengan spesifikasi rendah. Artinya, kebutuhan graphic dan 3D bukan menjadi fokus utama.

VGA on board bekerja dengan menggunakan RAM memori komputer yang ada. Biasanya, komputer office, komputer server kecil, netbook, dan laptop dengan kisaran harga 2 hingga 3 jutaan menggunakan VGA jenis on board.

Karena harganya yang lebih murah, tentu ada kekurangan yang mesti kamu tanggung. VGA on board yang memakan RAM penyimpanan akan membuat kinerja PC keseluruhan akan semakin melambat seiring berjalannya waktu.

Ini juga berdampak saat kamu memutar video beresolusi tinggi. Laptop dan PC akan mengalami lag atau lemot. Selain itu, VGA on board juga tidak support dengan games yang beresolusi tinggi.

Perawatan VGA on board relatif mudah. Jika kamu memerlukan laptop atau PC untuk kebutuhan sehari-hari sebaiknya pilih laptop jenis ini karena bisa untuk menghemat biaya mengingat harganya yang lebih murah.

2. VGA card offboard atau add-on

VGA jenis kedua berkebalikan dengan yang pertama. Artinya, pada mainboard belum ada VGA yang terpasang. Secara umum, kualitas VGA card offboard ini lebih baik daripada VGA on board.

Kualitas gambar dan video game juga akan lebih bagus dan jernih. Kamu tidak perlu khawatir adanya gangguan seperti lemot dan hang karena jarang sekali terjadi. RAM penyimpanan juga tidak akan cepat habis sehingga kinerja keseluruhan laptop dan PC tidak akan terganggu.

Kamu yang sangat memperhatikan kenyamanan saat menonton juga tidak akan kecewa dengan keberadaan fungsi dan jenis VGA offboard karena kualitas video akan lebih bagus sehingga tidak mengganggu kesehatan mata.

Perbedaan VGA Laptop dan PC

Fungsi dan jenis VGA pada laptop dan PC memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Perbedaan VGA laptop dan PC bisa dilihat dari bisa atau tidaknya penambahan ukuran memori VGA (upgrade VGA). Perbedaan berikutnya dalam hal daya atau energi yang dihabiskan.

VGA pada laptop biasanya tidak bisa diupgrade. Alasannya karena VGA laptop sudah terpasang sesuai pengaturan produsen laptop atau sudah tertanam pada prosesor sehingga harus mengikuti spesifikasi yang tersedia.

VGA untuk PC bisa diupgrade dengan ditambah atau diganti. Hal ini karena ada slot khusus yang tersedia dalam bagian CPU. Jika kamu perlu meningkatkan kualitas grafis PC, silakan manfaatkan slot khusus tersebut.

Komponen Penting dalam Laptop

Setelah membahas fungsi dan jenis VGA, kita akan ulas komponen lainnya. Selain kartu VGA, sebuah PC memiliki komponen lain yang menentukan performa grafis di layar.

Komponen yang dimaksud antara lain kapasitas memori dan prosesor. Untuk itu, perlu biaya yang lebih tinggi jika kamu mengedepankan output visual di layar PC atau laptop.

Komponen PC mempengaruhi satu sama lain demi kualitas gambar yang jernih. Contohnya saja, VGA yang besar belum tentu bekerja maksimal jika prosesornya lemah. Prosesor yang lemah akan membuat perangkat VGA menjadi lebih cepat panas.

Kalau yang terjadi sebaliknya, saat kualitas VGA rendah tetapi prosesornya berkapasitas besar maka gambar yang dihasilkan tidak nyaman dilihat mata. Proses render juga akan terhambat. Alasannya karena grafik dari prosesor tidak bisa langsung diolah oleh perangkat VGA.

Kamu perlu menjaga komponen-komponen tersebut agar dapat berumur panjang sehingga tak perlu mengeluarkan uang untuk mengganti atau memperbaikinya.

Tags:

Baca Juga

20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
permainan kelompok, game kelompok, games kelompok, permainan outbound, outbound games, permainan team building dalam ruangan, permainan kelompok dalam ruangan, permainan indoor team building, games teamwork, team building activities, team building games indoor
10 Permainan Outbound untuk membentuk Kerjasama Kelompok
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga