10 Tips Foto Produk Sepatu Seperti Fotografer Profesional

10 Tips Foto Produk Sepatu Seperti Fotografer Profesional

Di era digital seperti sekarang, memasarkan produk fashion, seperti sepatu secara online memang lebih diminati. Selain praktis, jangkauan pasarnya juga lebih luas. Namun, berjualan sepatu online memiliki tantangan tersendiri, karena kamu harus bisa menyuguhkan foto produk sepatu menarik.

Dalam online marketing, visual produk memainkan peran penting. Foto berkualitas bagus berpotensi meningkatkan penjualan. Wajar kalau banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk membayar jasa fotografer profesional. Padahal, kamu bisa mengambil foto eye catching kalau mengetahui tekniknya.

Tips Mengambil Foto Produk Sepatu

1. Tentukan Tema Pemotretan

Mengunggah foto produk secara random ke platform sosial media atau ecommerce tentu sangat tidak dianjurkan. Untuk mendongkrak omset penjualan, maka penting bagi kamu untuk menentukan tema foto terlebih dahulu. Khususnya, sebelum mulai melakukan pemotretan.

Konsep pemotretan sangat penting, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas hasil bidikan foto nantinya. Untuk produk sepatu, sebaiknya tema disesuaikan dengan tipe dan bentuk sepatu. Jadi, antara dekorasi dan produk tetap kelihatan matching dan keren.

2. Mempersiapkan Background

Untuk mendapatkan latar belakang yang estetik, sebenarnya kamu tidak perlu menyewa studio foto secara khusus. Kamu bisa menciptakan mini studio yang low budget di rumah. Jadi, cukup siapkan kertas HVS atau karton putih, meja, selotip, dan juga dinding putih.

Agar hasilnya lebih optimal, kamu dapat mengaplikasikan background berwarna cerah. Namun, jangan sampai warna background mendistraksi objek utama foto, yaitu sepatu. Selain itu, beri kertas pada setiap sisi supaya tidak menghasilkan bayangan saat pemotretan.

3. Menggunakan Model

Agar tampak lebih real dan meyakinkan, tidak ada salahnya kalau kamu menggunakan model untuk mengenakan produk sepatu yang ingin dipromosikan. Meskipun kelihatan sepele, namun hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen yang dijadikan target.

Seseorang pasti akan merasa lebih tertarik ketika melihat orang lain mengenakan suatu produk, dibandingkan hanya menyuguhkan gambar. Jika kamu berhasil menghadirkan kesan keren pada model yang memakainya, pasti target merasa ingin memiliki produk tersebut.

4. Cari Angle Bagus

Meskipun ukurannya terbilang kecil, namun bukan berarti kamu harus mengambil foto dari angle atau sudut pandang yang sama secara terus-menerus. Ada banyak bagian sepatu yang bisa di eksplore dan ditonjolkan, sehingga calon pembeli mengetahui setiap detailnya.

Kamu bisa membidik gambar dari sisi atas, bawah, kanan, kiri, dsb. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan foto produk kamu. Kalau merasa belum menemukan hasil foto yang cocok, cobalah ubah posisi saat sedang memotret. Karena teknik simple ini biasanya berhasil.

5. Hindari Menggunakan Zoom

Jika kamu mengambil foto produk sepatu menggunakan sebuah smartphone, disarankan untuk menghindari penggunaan zoom. Kenapa? Ini akan membuat hasil foto menjadi terlihat kurang menarik, dan bahkan tidak jarang foto menjadi pecah karena resolusinya rendah.

Sebaliknya, berilah sedikit effort dengan mendekat ke produk yang dijadikan objek foto. Jangan lupa, kalau hampir semua jenis ponsel saat ini sudah dibekali dengan autofocus. Jadi, kamu tinggal mengarahkan kamera ke produk dan tunggu beberapa saat sampai fokus.

6. Lighting Bagus

Saat belajar fotografi, kamu pasti sudah pernah mendengar kalau salah satu kunci keberhasilan menghasilkan foto produk berkualitas terletak pada lighting atau pencahayaan, bukan? Intensitas cahaya yang baik akan membuat foto tampak lebih apik.

Alih-alih menggunakan flash agar foto kelihatan terang, lebih baik kamu memanfaatkan cahaya alami, yakni matahari. Namun, untuk konsep pemotretan indoor bisa menggunakan bantuan lampu. Dengan begitu, objek pada foto terlihat lebih jelas, jernih, dan estetik.

7. Tentukan Lokasi

Ingin melakukan pemotretan produk sepatu dengan konsep outdoor? Sebaiknya tentukan lokasi dimana foto hendak diambil. Pastikan kalau tempat yang dipilih bukan hanya keren, namun juga memiliki latar belakang yang mendukung sehingga bisa menonjolkan produk.

Misalnya, jika ingin memotret foto produk sneakers hitam putih, background dinding mural bisa menjadi alternatif solusinya. Sebab, bisa membuat produk kelihatan lebih keren. Namun, kalau mau lebih simple, kamu bisa membidik foto dengan background blur di jalan beraspal.

8. Pengaturan Kamera

Apapun jenis kamera yang kamu gunakan, baik itu DSLR, SLR, Mirrorless, atau bahkan kamera ponsel. Jangan lupa kalau setiap kamera memiliki pengaturan yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah hasil foto. Kamu tinggal otak-atik saja sesuai keinginan.

Beberapa fitur kamera hp yang bisa diatur secara manual diantaranya adalah, resolusi gambar, flash, white balance, fokus, warna, self timer, tipe jepretan, dsb. Jadi, sebenarnya kamu bisa mengatur kecerahan melalui kamera, namun hasilnya tentu kurang maksimal.

9. Menonjolkan Shape Produk Sepatu

Apabila kamu ingin memotret sepatu dalam kondisi sedang terpakai, maka masalah shape tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, jika sepatu dipotret dalam keadaan tidak dikenakan, kamu harus menggunakan shoe tree guna menjaga shape sepatu supaya tidak kempes.

Kalau tidak punya shoe tree, bisa memanfaatkan kertas atau plastik sebagai alternatif solusi. Pastikan sepatu terlihat seperti ada kaki yang mengenakannya. Akan tetapi, jangan diisi secara berlebihan agar tidak merusak lekuk dan bentuk dari setiap bagian sepatu.

10. Proses Editing

Langkah terakhir untuk membuat gambar produk sepatu terlihat eye catching adalah melakukan editing. Kamu bisa mulai membersihkan partikel yang tampak mengganggu objek pada foto, merubah tone, dsb. Intinya, buatlah foto tampak lebih estetik dan menarik.

Mengambil foto produk sepatu profesional sebenarnya bukanlah suatu hal mahal dan sulit. Karena kunci paling utama terletak pada teknik yang digunakan saat proses pengambilan gambar. Apalagi, untuk jenis produk sepatu, kamu tidak membutuhkan tambahan dekorasi sebagai produk lainnya. Klik belajar fotografi agar kamu semakin mahir!

Di era digital seperti sekarang, memasarkan produk fashion, seperti sepatu secara online memang lebih diminati. Selain praktis, jangkauan pasarnya juga lebih luas. Namun, berjualan sepatu online memiliki tantangan tersendiri, karena kamu harus bisa menyuguhkan foto produk sepatu menarik.

Dalam online marketing, visual produk memainkan peran penting. Foto berkualitas bagus berpotensi meningkatkan penjualan. Wajar kalau banyak orang rela merogoh kocek dalam untuk membayar jasa fotografer profesional. Padahal, kamu bisa mengambil foto eye catching kalau mengetahui tekniknya.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment