10 Tips Mengambil Foto Produk Minuman Eye Catching

10 Tips Mengambil Foto Produk Minuman Eye Catching

Penasaran bagaimana cara mengambil foto produk minuman yang eye catching dan menggugah selera? Salah besar kalau kamu berpikir rahasianya adalah menggunakan kamera canggih. Hanya dengan berbekal beberapa teknik khusus, kamu juga bisa mendapatkan hasil jepretan seperti di iklan.

Sama halnya dengan memotret makanan, untuk mendapatkan hasil bidikan berkualitas tinggi dengan visual menarik, kamu dituntut memiliki skill mumpuni. Apalagi, kalau foto minuman tersebut nantinya akan dijadikan sebagai materi promosi di berbagai platform media sosial dan marketplace.

Tips Membuat Foto Produk Minuman Menggugah Selera

1.  Memperhatikan Lighting

Dalam fotografi, lighting memiliki peran penting dalam menghasilkan foto terbaik. Salah satu teknik yang wajib dicoba adalah memposisikan objek di antara sumber cahaya utama dan kamera. Hal ini bertujuan untuk menambah kedalaman gambar agar tampak lebih tajam.

Kamu juga dapat memanfaatkan kaca bening tembus cahaya, untuk menciptakan efek cipratan cahaya melalui cairan. Ini akan sangat membantu kamu dalam menjepret produk minuman, khususnya sirup dan susu. Jadi, tampilan visual gambar terlihat lebih jernih.

2. Menambahkan Aksen Warna

Sebagian besar minuman umumnya terdiri satu warna. Namun, untuk menghadirkan tampilan visual yang menggugah selera, kamu bisa menambahkan aksen warna lain. Selain menggunakan light effect dengan warna tertentu, kamu juga bisa pakai komposisi real.

Misalnya, pada produk minuman plain berwarna putih. Kamu dapat bermain dengan berbagai kombinasi warna, seperti penggunaan gelas kaca bening bermotif, dan tambahkan potongan lemon atau daun mint dalam minuman untuk mempertegas kesan segar dan inviting.

3. Masukkan Bahan

Kamu ingin mengkampanyekan produk minuman yang terbuat dari jeruk asli? Kenapa tidak memasukkan bahan atau komposisi utama produk ke dalam gelas untuk menambah kesan fresh dan real? Bayangkan saja, segelas jus jeruk dengan potongan jeruk segar di dalamnya.

Penggunaan ekstra bahan akan sukses menyampaikan rasa yang diwakilkan oleh warna. Jangan lupa, sertakan juga produk minuman dalam kemasan di sampingnya untuk memperkuat kesan. Agar lebih estetik, kamu bisa tambahkan bahan lain berwarna kontras.

4. Menggunakan Gelas Khusus

Setiap minuman memiliki gelas masing-masing. Contoh mudahnya adalah, gelas yang digunakan untuk minum wine, bir, teh, kopi, dan jus sudah pasti berbeda, bukan? Oleh karenanya, pastikan kamu memiliki gelas khusus yang sesuai dengan jenis produk minuman.

Untuk menonjolkan suatu minuman, kamu bisa menggunakan gelas kaca berukir agar terlihat lebih unik. Namun, jangan lupa memilih bentuk serta ukuran material gelas yang digunakan. Dengan begitu, barulah bisa mendapatkan hasil foto produk yang sesuai ekspektasi.

5. Membekukan Gelas

Jika ingin mempromosikan produk minuman dingin dan menyegarkan, disarankan untuk membekukan gelas terlebih dahulu sebelum memulai sesi pemotretan. Jadi, saat difoto, akan terlihat bulir-bulir embun es mengalir pada tepian gelas yang memberi aksen dingin.

Jangan lupa, tambahkan juga butiran es dalam minuman guna menonjolkan kesan segar. Perpaduan warna yang menarik dan properti mendukung akan membuat hasil bidikan kamera menjadi sangat eye catching. Dijamin siapa saja akan merasa tertarik mencicipinya.

6. Properti Mendukung

Dalam belajar fotografi produk minuman, kamu bukan hanya harus familiar dengan berbagai fitur kamera, namun juga menguasai teknik penggunaan properti. Untuk produk minuman, kamu bisa memilih dekorasi yang lebih natural dan dilengkapi dengan bahan-bahan alami.

Namun, tidak ada salahnya memakai properti lebih modern dengan kombinasi warna-warna lebih berani, yang penting tetap fokus menonjolkan produk minuman utama. Jadi, sesuaikan pilihan aksesoris yang akan digunakan dengan komposisi dari produk tersebut.

7. Hindari Penggunaan Flash

Faktanya, penggunaan flash kamera justru dapat merusak hasil foto kamu. Kilatan lampu flash yang mengenai cairan dalam gelas kaca akan menghasilkan efek terlalu terang sehingga hasil foto terlihat blur. Oleh sebab itu, tidak direkomendasikan pakai flash.

Jika area pengambilan foto memiliki intensitas cahaya rendah, lebih baik menggunakan lightening dengan jangkauan lebih luas. Jadi, bidikan lebih fokus dan tajam. Untuk beberapa jenis produk minuman, kamu juga bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk foto lebih clear.

8. Bermain dengan Perspektif

Mengambil foto untuk produk minuman tidak harus dari sisi samping atau atas saja. Ada banyak cara pengambilan gambar yang bisa diaplikasikan agar foto kelihatan menarik. Bahkan, kamu juga dapat melakukannya dari sudut rendah untuk menunjukkan detailnya.

Selain itu, kamu bisa bermain dengan posisi saat melakukan pemotretan, apakah close up, frame, dsb. Dengan begitu, maka kamu bisa mendapatkan beberapa hasil foto yang berbeda. Jadi, memiliki lebih banyak pilihan mengenai foto mana yang akan di upload nantinya.

9. Mengatur Tata Letak Properti

Pastikan peletakan dekorasi atau aksesoris untuk menunjang tampilan foto produk tetap balance. Jangan letakkan semua properti di satu sisi saja, sementara sisi lainnya dibiarkan kosong melompong. Karena ini akan membuat foto kelihatan aneh dan tidak enak dilihat.

Akan tetapi, usahakan supaya frame juga tidak terlihat terlalu penuh. Tetap sisihkan sedikit ruang untuk menambah nilai estetik. Pada ruang yang kosong, kamu bisa menambahkan quotes menarik yang berisi ajakan mencoba minuman, informasi promo, dan lainnya.

10. Manfaatkan Filter Kamera

Ada banyak sekali opsi filter yang sebenarnya bisa kamu aplikasikan untuk membuat foto minuman kelihatan lebih hidup. Kalau begitu familiar, tidak ada salahnya mencoba satu-persatu hingga menemukan filter yang pas. Setelah itu, barulah ambil posisi untuk memotret.

Untuk membuat target pasar merasa tertarik dengan produk minuman yang kamu tawarkan. Kamu perlu mengetahui teknik fotografi untuk bisa menghasilkan foto produk minuman yang bukan hanya terlihat tajam, namun juga menarik. Jadi, siapa pun merasa tergugah untuk meminumnya.

Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

Post Comment