6 Jenis Digital Marketing Dan Manfaatnya

Sekarang yang namanya teknologi sudah sangatlah maju, kemajuan teknologi ini membuat banyak orang merasakan kemudahan saat menjalankan kegiatannya. Salah satu kegiatan yang saat ini sudah lebih mudah dijalankan adalah kegiatan memasarkan produk. Kegiatan ini lebih mudah karena sistem pemasarannya sudah bisa secara digital atau dikenal dengan digital marketing.

Pemasaran jenis terbaru ini memang berbeda sekali dengan jenis pemasaran lainnya karena dari sistemnya saja sudah berbeda sekali. Kalau memakai digital marketing ini akan lebih berdampak bagus kepada jalannya bisnis jadi untuk pebisnis harus coba pemasaran ini. Agar tidak salah menerapkan pemasaran ini sebaiknya pelajari dulu jenis-jenisnya dan strateginya di bawah ini.

Apa itu Digital Marketing?

Digital pemasaran merupakan cara pemasaran produk dan jasa yang memakai media digital dan juga menggunakan teknologi basis digital untuk menjangkau pasar yang luas. Dengan memanfaatkan pemasaran ini maka cakupan targetnya akan lebih luas dan lebih banyak dibandingkan memakai metode pemasaran yang seringnya digunakan pebisnis zaman dulu.

Jadi bisa dikatakan kalau pemasaran inilah yang saat ini lebih cocok digunakan oleh pebisnis dari pada memakai jenis lainnya. Sebab kalau masih memakai sistem pemasaran yang lama pasti produk tidak pernah akan laku. Sudah banyak pebisnis yang sukses karena mampu mempraktikkan pemasaran ini di dunia nyata.

Jenis-Jenis Pemasaran Digital Yang Umumnya Digunakan Pebisnis

Setiap jenis pemasaran pastinya akan punya kelebihan dan kekurangan, seperti itu juga dengan digital pemasaran juga punya kedua hal tersebut. Untuk kekurangan yang dimiliki sistem pemasaran ini tidaklah banyak, salah satunya adalah sistem ini masih sulit digunakan kalau pelaku bisnis tidak tahu teknologi alias gagap teknologi.

Untuk kelebihannya banyak sekali, salah satunya yaitu tidak akan membutuhkan banyak biaya untuk bisa memakai digital pemasaran ini. Jadi pengeluaran yang harusnya banyak bisa diminimalisir menjadi lebih sedikit, dengan pengeluaran sedikit maka pendapatan atau keuntungan jadi banyak. Selain itu sistem ini juga banyak jenisnya, untuk jenisnya sendiri ada di bawah ini.

1. Website

Website atau situs merupakan media yang sering sekali digunakan pebisnis untuk memperkenalkan dan juga mempromosikan produk. Dulu masih jarang sekali yang memakai website ini sebab belum ada yang tahu kalau website ini merupakan media terbaik untuk memasarkan sebuah produk. Selain karena hal tersebut juga disebabkan kurang memahami cara kerja website ini jadi tidak bisa memanfaatkannya.

Padahal aslinya kalau bisa memaksimalkan website ini manfaatnya begitu banyak. Manfaat yang pertama adalah produk jadi lebih dikenal di masyarakat luas karena yang mengakses situs bukan orang-orang yang tinggal di lingkungan rumah saja. Manfaat kedua adalah website ini dapat dijadikan sarana untuk mengenalkan profil sebuah perusahaan atau penyedia jasa.

2. Search Engine Marketing

Digital marketing jenis kedua ini juga sudah sering sekali digunakan masyarakat karena memang terbukti membantu proses pemasaran produk jadi lebih lancar. Untuk jenis ini dibagi menjadi dua macam, pertama adalah SEO dan yang kedua ada SEM. Untuk SEO adalah pemasaran digital yang sama sekali tidak mengeluarkan uang banyak agar websitenya masuk di halaman pencarian Google.

Kalau untuk SEM sendiri tujuannya itu sama seperti SEO hanya saja untuk jumlah biaya yang harusnya dikeluarkan pebisnis jauh lebih besar. Biaya bisa sampai besar seperti itu disebabkan SEM ini mengandalkan iklan untuk setiap kali ada user yang melakukan klik untuk masuk ke website pebisnis.

3. Email Marketing

Jenis ketiga ini adalah email marketing, jenis ini juga tidak kalah populer dan sering sekali dipakai sebab sudah jelas ada buktinya kalau pakai jenis yang ini. Kalau memakai email ini bisa mempromosikan produk dan juga membagikan informasi mengenai produk tersebut ke masyarakat luas.

Untuk strategi ini cukup efektif karena yang menggunakan email di dunia ini banyak sekali, jadi setiap hari pasti ada saja yang akan mengecek emailnya. Dengan rutin mengecek email, otomatis pengguna media email bisa tahu kalau ada produk baru dan akan mengakses website milik pebisnis.

4. Social Media Marketing

Saat ini sudah banyak sekali media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk tempat promosi, contohnya adalah Facebook, Twitter dan juga Instagram. Memakai media ini lebih mudah dibandingkan menggunakan media lainnya, sebab semua fitur yang ada di media sosial akan memudahkan penggunanya dalam memakai media tersebut.

Dulu masyarakat hanya tahu media sosial untuk membagikan informasi pribadi dan kegiatan sehari-hari, tetapi kalau sekarang media sosial lebih sering dijadikan sebagai tempat promosi. Kalau di media sosial akan lebih mudah mempromosikan produk karena yang memakai media sosial saat ini jumlahnya banyak sekali.

5. Online Advertising

Jenis kelima ini tidak seperti jenis lainnya karena untuk bisa memakainya harus mengeluarkan uang, untuk uang yang dikeluarkan juga tidak sedikit jumlahnya. Meskipun begitu banyak juga yang memanfaatkan online advertesing ini karena memang lebih ampuh dibandingkan dengan SEO atau jenis lainnya.

Agar iklan produk yang akan dijual bisa dilihat maka harus memilih platform yang akan dijadikan tempat iklan tersebut. Sebaiknya platform yang harus dipilih adalah platform yang sering dikunjungi pengguna internet saja. Kalau iklannya sudah muncul di platform tersebut pasti akan ada banyak orang yang melihat iklan dan akan banyak juga yang tertarik membeli produk.

6. Video Marketing

Jenis yang terakhir ini bukan berarti yang paling buruk, pemasaran dengan cara memanfaatkan media video itu sekarang sangatlah populer. Kepopuleran media ini dikarenakan masyarakat sudah mulai bosan untuk membaca info produk jadi lebih suka mendengarkan informasi dan bisa melihat langsung bentuk produk di video.

Agar video produk ini banyak yang lihat maka pasang videonya di platform streaming video seperti Youtube. Semakin banyak yang menggunakan platform tersebut maka akan semakin banyak orang yang melihat video. Dengan jumlah penonton yang makin banyak akan membuat produk makin dikenal dan akan banyak juga yang akan beli produk.

Manfaat Menggunakan Pemasaran Digital

Memasarkan produk memang menjadi sebuah keharusan untuk pebisnis, sebab kalau tidak melakukan hal tersebut mana mungkin produk akan laku. Memasarkan produk bisa dengan digital, ada banyak manfaat yang akan dirasakan setelah memakai sistem ini. Untuk tahu manfaatnya apa saja bisa baca penjelasan di bawah ini.

1. Mudah Dapat Konsumen

Untuk manfaat pertama adalah pebisnis jadi lebih mudah mendapatkan konsumen, kemudahan ini dirasakan karena media yang dipakai untuk memasarkan produk adalah media-media yang sering dipakai masyarakat. Jadi kalau masyarakat sedang menggunakan media tersebut otomatis akan tahu produk yang sedang dipasarkan.

2. Biaya Promosi Murah

Manfaat kedua adalah tidak perlu mempersiapkan banyak uang untuk pemasaran kalau pakai digital marketing. Biaya pemasaran bisa sampai tidak banyak karena menggunakan media pemasaran digital gratis, tetapi kalau mau pasang iklan di media tersebut barulah mengeluarkan uang.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment