Dampak Polusi Udara Terhadap Lingkungan – Diera modern saat ini dampak polusi udara merupakan hal yang susah untuk dihindari. Mengingat banyak kendaraan, pabrik dan keseharian kita terus memproduksi polutan yang menyebabkan polusi udara.

Polusi Udara adalah suatu peristiwa masuknya zat, benda, makhluk ataupun materi kedalam udara sehingga menjadikan udara kotor dan tidak sehat. Sementara zat, materi atau makhluk yang mengotori udara disebut polutan.

Dampak Polusi Udara Terhadap Lingkungan

dampak polusi udara terhadap lingkungan, pencemaran udara,  jenis pencemaran udara
imagenesmy.com

Dengan hadirnya polusi udara pada kehidupan sehari-hari kita tentu bukan kabar baik. pasalnya polusi udara membawa segudang masalah baik masalah kesehatan maupun masalah lingkungan.

Berikut adalah Dampak Polusi Udara:

1. Terjadi Hujan Asam

Hujan asam merupakan hujan yang mengandung zat asam nitrat dan asam sulfat yang cukup berbahaya bagi lingkungan seperti merusak pohon dan menjadi penyebab tanah dan air menjadi asam sehingga tidak cocok untuk bercocok tanam ataupun habitat ikan.

Zat Asam pada hujan asam disebabkan adanya Nitrogen Oksida dan Sulfur Oksida yang terlepas ke atmosfir hasil pembakaran bahan bakar fosil yang pada akhirnya berkumpul diawan dan terjadilah hujan.

2. Terjadi Eutrofikasi

Eutrofikasi adalah peristiwa pertumbuhan alga dalam jumlah banyak yang dapat mengakibatkan ikan dan tumbuhan air dan satwa sekitar mati. (seperti keracunan).

Hal tersebut pada umumnya memang sering terjadi pada danau atau telaga yang sudah sangat tua yang menghasilkan zat-zat seperti Nitrogen yang merancang pertumbuhan alga.

Aktifitas manusia juga dapat mempercepat proses pertumbuhan alga dengan Emisi atau gas buang kendara, pabrik dan pembangkit listrik yang menghasilkan Nitrogen yang pada akhirnya jatuh kedalam ekosistem perairan.

3. Haze

Haze adalah tebaran partikel-partikel kecil diudara yang menghambar perambatan cahaya matahari sehingga dapat menyebabkan pandangan kabur.

Parikel-partikel tersebut muncul akibat emisi dari kendaraan bermotor, pabrik dan pembangkit listrik.

4. Penipisan ozon

Ozon atau stratosfer yang menjadi pelindung bumi dari sinar ultraviolet (UV) matahari semakin terkikis oleh penggunaan gas gas seperti hlorofluorocarbon, hydrochlorofluorocarbons, dan halons secara berlebihan.

Jika sinar UV matahari tidak filter oleh ozon dengan baik akan berakibat pada munculnya beberapa penyakit seperti kanker kulit, katarak, dan sistem kekebalan tubuh terganggu. Sinar UV ternyata juga dapat merusak tanaman seperti kacang kedelai, dan juga mengurangi hasil panen.

5. Perubahan iklim global

Perubahan iklim global terjadi akibat aktivitas manusia yang menghasilkan karbon dioksida dan metana sehingga merusak kesetabilan temperatur dibumi.

Dalam kondisi ini atmosfer menahan panas matahari dan menahan panas yang ada dibumi sehingga terjadi yang disebut Global Warming.

6. Penurunan Kualitas Kesehatan Manusia, Flora dan Fauna

Dengan berbagai keadaan yang terjadi akibat pencemaran udara secara tidak langsung juga mempengaruhi kualitas kesehatan manusia, flora dan fauna di bumi.

Kondisi udara yang tercemar dapat mempengaruhi pernafasan, kesehatan paru dan jantung yang berakhir pada masa hidup makhluk hidup di bumi.

Loading...