Pencemaran udara adalah masalah utama dari kesehatan lingkungan yang telah menjadi masalah dunai. Bahkan hasil studi WHO pada tahun 2013 telah menyimpulkan, bahwa polusi udara merupakan salah satu penyebab kanker bagi manusia. Khususnya kanker paru-paru.

Dampak Pencemaran Udara Secara Umum

pencemaran lingkungan, macam-macam pencemaran lingkungan, pencemaran udara
pencemaran udara by govtech.com

Tidak hanya kanker, ternyata dampak pencemaran udara juga cukup banyak. Secara umum dampak pencemaran udara adalah sebagai berikut :

  • Iritasi pada saluran pernafasan.
  • Peningkatan produksi lendir akibat iritasi 
  • Produksi lendir dapat menyebabkan penyempitan saluran pernafasan
  • Rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan
  • Pembengkakan saluran pernafasan
  • Lepasnya silia dan lapisan sel selaput lendir

Dampak Pencemaran Udara Berkepanjangan

Secara sepintas dampak pencemaran udara memang tidaklah berbahaya karena memang tidak berefek sepontan seperti tergores benda tajam atau kena pukulan yang secara langsung dapat dirasakan.

Dampak pencemaran udara akan benar-benar terasa jika tubuh manusia secara konstan terpapar pencemaran.

seperti yang dimuat medcom.id efek pencemaran udara secara berkepanjangan akan mengakibatkan :

Meningkatkan Resiko Autisme

Menurut “9 Scary Things Air Pollution Does to Your Body.” , Wanita Hamil yang tinggal diwilayah yang udaranya tercemar memiliki potensi 2 kali lipat melahirkan anak Autisme dibandingkan dengan wanita hamil yang tinggal diwilayah yang sehat.

Merusak Paru-paru dan Jantung

Berdasarkan penelitina Duke University , tempat yang udaranya tercemar dapat menghilangkan efek positif hasil olahraga yang dilakukan oleh orang berusia 60 tahunan.

Memepercepat Penuaan

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan udara yang tercemar dapat mempercepat penuaan. salah satu penelitian yakni dua orang kembar yang satu bekerja sebagai astronot dengan oksigen segar, dan yang lain tetap tinggal dibumi. hasilnya adalah yang tinggal dibumi tampak lebih tua dari yang saudaranya yang astronot.

Melemahkan Tulang

Berdasarkan Jurnal The Lancet Planetary Health, Kandungan zat pada udara yang tercemar dapat meningkatkan potensi pengeroposan tulang yang secara berkepanjangan dapat menyebabkan tulang melemah.

Kandungan Zat Dalam Udara tercemar dan efeknya

Particulate matter

Particulate matter atau PM merupakan kumpulan partikel baik padat maupun cair yang ditemukan pada udara tercemar. Didalam PM terdapat sulfat, amonia, nitrat, natrium klorida, mineral debu, karbon hitam, dan air.

Yang mana pertikel ini dapat menyebabkan banyak penyakit khususnya pada jantung dan paru-paru

Nitrogen dioksida (NO2)

Nitrogen dioksida merupakan sumber utama aerosol nitrat yang membentuk pecahan partikel dengan ukuran kecil. Apabla Kadar nitrogen dioksida di udara yang melebihi 200 mikrogram per meter kubik dapat menjadi gas beracun yang membahayakan tubuh.

Sulfur dioksida (SO2)

Sulfur dioksida merupakan zat tak berwarna dan berbau khas yang biasanya berasal dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak yang digunakan untuk pemanasan domestik, pembangkit listrik, dan kendaraan bermotor.

Jika terpapar dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan pada sistem pernafasan, dan iritasi pada mata.

Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida merupakan gas beracun, gas ini tidak berwarna, tidak berbau, bahkan tidak mengiritasi kulit dan mata. Namun, apabila terhiruo dalam jumlah banyak akan sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

Demikian Artikel tentang dampak pencemaran udara bagi kesehatan.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.