Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Menarik Lengkap Dengan Contoh dan Template CV Lamaran Kerja Word dan PDF Gratis

Seperti yang kita tau, CV atau Curriculum Vitae adalah kunci utama saat kita sedang melamar kerja, sehingga sangat diperlukan untuk membuat CV lamaran kerja yang menarik, baik, dan benar. Pada artikel ini kita akan fokus membahas cara membuat cv lamaran kerja yang menarik secara baik dan benar lengkap dengan Contoh CV Ldan Template CV lamaran kerja format WORD yang bisa kamu unduh secara GRATIS.

Sehingga kamu yang masih pemula, lulusan sma/smk ataupun fresh graduate dan belum memiliki pengalaman dalam hal urusan mencari perkerjaanpun tidak mengalami kesulitan saat melamar pekerjaan, khususnya dalam membuat curriculum vitae nantinya.

Bagi yang belum tau, Artikel ini merupakan lanjutan dari panduan cara mencari pekerjaan yang membahas secara detail mulai cara mencari lowongan kerja online atau offline baik di indonesia maupun diluar negeri, membuat CV, Contoh Surat Lamaran Kerja dan tips-tips melamar kerja lainnya, disana juga ada daftar situs lowongan pekerjaan yang terpecaya yang bisa kamu gunakan.

Baik kita lanjut ke pokok pembahasan. Seperti yang tertulis diatas, disini kita akan fokus membahas cara membuat CV untuk melamar kerja dan diakhir artikel ada contoh-contoh cv lamaran kerja doc, word dan pdf yang bisa kamu download.

Pengertian CV (Curriculum Vitae)

Curriculum Vitae atau CV adalah sebuah dokumen yang mencantumkan informasi riwayat hidup kita yang meliputi riwayat pendidikan, pengalam bekerja, pengalaman pelatihan, kemampuan atau skill, prestasi yang pernah diraih dan keterampilan lain yang kita miliki.

CV ini merupakan salah satu dokumen yang sangat penting ketika kita ingin melamar pekerjaa disuatu perusahaan. Karena dengan CV ini, suatu perusahaan akan lebih mudah mengenali kamu dan segala kemampuan yang kamu miliki tanpa harus melihatnya secara langsung.

Secara singkat CV atau Curriculum Vitae bisa diartikan sebagai media untuk menjual diri kita kepada suatu perusahaan, agar perusahaan tersebut mau menerima kita untuk bergabung kedalam timnya. Jadi pastikan CV yang kamu buat benar-benar menarik dan cocok dengan posisi yang kamu lamar.

Perbedaan CV dan Resume

Mungkin kamu pernah mendengan istilah resume? Atau bahkan pernah diminta untuk membuat resume tentang dirimu?

Secara isi, Resume dan CV memiliki kemiripan, yakni sama-sama berisi tentang riwayat hidup dan sama-sama digunakan untuk melamar pekerjaan. Lalu letak perbedaanya dimana? Perbedaanya ada di kata “resume” yang artinya ringkas.

Meski memiliki isi yang sama, resume harus dibuat lebih ringkas dan tidak boleh lebih dari satu halaman. Berbeda dengan CV yang boleh lebih dari satu halaman.

Sehingga dalam pembuatan resume kita harus fokus pada posisi yang kita lamar dengan cara menyebutkan/menuliskan informasi seperti pengalam kerja, pelatihan, lulusan atau keterampilan-keterampilan lain secara singkat dan sesuai dengan posisi yang lamar, diluar itu tidak perlu dituliskan.

Pengertian CV/Curriculum Vitae yang Menarik, Baik dan Benar

Banyak yang mengatakan CVmu menarik, CVmu baik, CVmu benar atau malah CVmu kurang menarik, kurang baik dan salah.

Tentu hal tersebut akan membuat kita berfikir dan bertanya seperti apa sih CV yang menari, baik dan benar itu?

Wajar, kata menarik, baik dan benar ini bisa dibilang kata yang multitafsir karena memang memilik banyak makna yang menjurus pada beberapa hal :

Desain CV yang dibuat

ketika mendengar kata menarik hal pertama yang terbayang adalah desain atau tampilan dari CV yang kita buat, namun ini bisa salah bisa juga benar.

Salah karena diluar sana sudah banyak orang yang melamar menggunakan desain yang bagus, eye catching tapi tetap tidak diterima.

Benar karena secara psikologi desain yang bagus akan lebih menarik mata HRD untuk melihat CV, apalagi desain CV yang kamu buat sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Struktur CV/Curriculum Vitae

Kurang menariknya cv juga bisa dari struktur atau poin-poin yang dituliskan di dalam CV, sehingga HRD yang membaca CVmu merasa tidak cukup informasi tentang dirimu dan menganggap CVmu tidak baik, meskipun secara desain sangat keren.

Isi dari CV/Curriculum Vitae

Desain bagus, struktur lengkap tapi masih dibilang tidak atau kurang menarik? bisa jadi isi dari CVnya. ada beberapa poin yang harus kamu isi dan ada beberapa poin yang perlu kamu skip/lewati, seperti yang telah diuraikan diatas, CV harus singkat padat dan jelas.

Lalu bagaimana membuat CV lamaran kerja yang menarik baik dan benar? caranya adalah memperbaiki semuanya mulai dari desain, struktur dan isinya. Untuk itu kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

Format CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk Pemula, Fresh Graduate atau Umum

Jika kita berbicara tentang CV, tentu ada banyak sekali jenis CV, mulai dari CV untuk anak SMA/SMK hingga CV untuk mahasiswa yang ingin magang. Namun disini kita akan fokus pada CV untuk melamar pekerjaan baik yang fresh graduate, pemula ataupun yang sudah pernah bekerja sebelumnya.

Pengaturan Format CV Lamaran Kerja pada Microsoft Word

Ada beberapa mengaturan format yang dipakai ketika kamu menggunakan aplikasi Word.

  1. Menggunakan kerta A4
  2. Font Arial Bold Size 16pt-20pt untuk judul bagian
  3. Font Arial dengan Size 12pt untuk bodi text
  4. Margin 1” (satu inchi) untuk setiap sisi
  5. Line Spacing 1,15
  6. Paragraft Justify (rata kanan kiri)
  7. Foto berwarna ukuran 3×4

Untuk font dan ukuran font bisa disesuaikan dengan selera ASALKAN nyaman untuk dipandang dan dibaca jadi jangan sembarangan memilih font.

Format CV Lamaran Kerja Secara Umum atau Bagi Yang Sudah Pernah Bekerja

Bagi kamu yang sudah bekerja kamu dapat mengisi CV lamaran pekerjaan kamu dengan beberapa poin berikut:

  1. Data Diri. Yang melingkupi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telpon, whatsapp, dan email.
  2. Riwayat Pendidikan (formal dan non formal). Tuliskan informasi terkait pendidikan yang sudah kamu tempuh, sebaiknya pendidikan formal mulai dari lulusan SMA/SMK lengkap dengan jurusan dan tahun kelulusan hingga lulusan Universitas apa di jurusan apa, lulus tahun berapa dan IPK berapa. Kemudian tuliskan pendidikan Non-formal seperti les atau kursus yang pernah diikuti.
  3. Pengalaman Kerja. Tuliskan pengalam kerja yang sudah kamu dapatkan lengkap dari tahun mulai bekerja hingga tahun akhir bekerja. Bisa juga dilengkapi dengan bulan jadi bulan dan tahu mulai dan akhir bekerja, agar data lebih lengkap.
  4. Keterampilan atau Kemampuan. Tuliskan kemampuan atau keterampilan yang kamu miliki yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  5. Prestasi. Tuliskan prestasi-prestasi yang pernah kamu raih selama pendidikan maupun selama bekerja diperusahan sebelumnya. Tentu harus sesuai dengan posisi yang kamu lamar, jika tidak ada tidak perlu ditulis.
  6. Referensi, referensi ini diisi dengan orang, lembaga yang merekomendasikanmu untuk diperusahaan tersebut. sifatnya opsional alias jika ada yang mereferensikan.

Jangan lupa untuk melampirkan bukti-bukti tentang apa yang sudah kamu tulis diCV untuk memperkuat kebenaran CV yang kamu buat.

Format Isi CV Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate dan Pemula

Ada beberapa poin yang berbeda antara CV orang yang pernah bekerja dengan CV Fresh Graduate atau Pemula yang sebelumnya belum pernah bekerja. Untuk CV lamaran kerja Fresh Graduate bisa diisi seperti berikut:

  1. Data Diri. Sama hal pada CV Lamaran Kerja pada umumnya info diri tentang nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat dan kontak yang bisa dihubungi baik itu telpon, whatsapp, email harus dicantumkan.
  2. Riwata Pendidikan. Cantumkan pendidikan formal mulai SMA/SMK lengkap dengan jurusan dan tahun lulus. Cantumkan juga pendidikan Non Formal yang pernah kamu ikuti seperti kursus bahasa atau yang lain yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  3. Pengalaman Beroganisasi. Cantumkan semua organisasi apa saja yang pernah kamu itu beserta posisi yang kamu dapatkan ketika berorganisasi.
  4. Pengalaman Magang/Pelatihan Kerja/Workshop/Seminar. Cantumkan juga kamu pernah magang diperusahaan mana dan dibidang apa. atau pelatihan-pelatihan, workshop atau seminar apa saja yang pernah kamu ikuti.
  5. Keahlian/Kemampuan/Keterampilan. Begitu juga dengan kemampuan, tuliskan kemampuan atau keahlian yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
  6. Prestasi. Cantumkan prestasi-prestasi akademik maupun non akademik yang berhasil kamu dapatkan selama sekolah atau kuliah.
  7. Referensi. Jika ada orang berpengaruh atau lembaga yang merekomendasikanmu maka cantumkan siapa, jabatan apa diperusahaan / lembaga apa dia bekerja.

Jika masih memungkinkan kamu boleh mencantumkan hobi dan minat yang kamu miliki ke dalam CV lamaran kerjamu, karena itu bisa jadi pertimbangan HRD untuk menerima kamu bekerja diperusahaannya.

Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang menarik

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar CV lamaran kerjamu lebih menarik sehingga HRD mau melirik CV yang kamu buat.

  1. Desain sebaik mungkin dan sesuai dengan corak perusahaan yang kamu lamar.
  2. Gunakan warna-warna yang soft dan enak dipandang.
  3. Gunakan Font yang tepat dan ukuran font yang pas agar enak dipandang dan mudah dibaca.
  4. Tulis CV-mu dengan singkat jelas dan padat jangan bertele-tele
  5. Sebisa mungkin maksimal 2 halaman.
  6. Pastikan Informasi yang kamu tulis berhubungan dengan posisi yang kamu lamar.
  7. Kamu harus jujur dengan apa yang kamu tulis di CV dan sertakan bukti-bukti yang membenarkan informasi yang kamu tulis.
  8. Gunakan bahasa yang mudah dipahami secara umum dibidang yang kamu lamar.
  9. Gunakan Pas Foto yang Profesional dan TERBARU.
  10. Double Check atau Baca ulang CV yang kamu buat untuk memvalidasi apakah Cvmu sudah benar atau belum.

Bagi kamu yang tidak bisa desain tidak usah khawatir, diakhir artikel ini ada beberapa contoh CV Lamaran Kerja yang menarik yang bisa kamu download secara gratis dan sudah berformat Word.

Jadi kamu bisa mengedit kapanpun kamu mau. Sekarang kita lanjut ke Cara Membuat Surat Lamaran Kerja.

Penulisan Riwayat Pendidikan pada CV yang Benar

Banyak orang yang bisa dibilang kurang tepat dalam menuliskan riwayat pendidikan di CV mereka. mulai dari jumlah, susunan hingga urutan riwayat pendidikan. berikut cara penulisan yang benar:

  • Tuliskan waktu, jurusan, nama lembaga, dan nilai akhir
  • Tulis dari pendidikan terakhir
  • Akhiri di pendidikan SMA/SMK

contoh:

S1-Akuntansi (2010-2015)
Universitas Magetan
IPK Akhir 3.75
IPA (2007-2010)
SMA 1 Magetan
Nilai rata-rata UN 8.9

Jika kamu memiliki riwayat pendidikan Non Formal yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar, buatlah section baru dengan nama “Riwayat Pendidikan Non Formal” atau “Pendidikan Non Formal”.

Tulis sebagaimana kamu menulis riwayat pendidikan formal.

Penulisan Pengalaman pada CV yang di Benar

Tidak hanya penulisan riwayat pendidikan, pada bagian pengalaman, baik pengalaman kerja, organisasi, magang, workshop ataupun seminar juga masih banyak yang kurang tepat.

Berikut cara yang benar:

  • Tuliskan Peran/Posisi
  • Tahun pengalaman
  • Nama Perusahaan, Organisasi, Penyelenggara Workshop atau Seminar
  • tuliskan deskripsi pekerjaan atau kegiatan
  • Urutakan dari yang terbaru hingga terlama.

Contoh Penulisan Pengalaman Kerja

Marketing Social Media | 2018-2021
PT. Digital Ocean Indonesia
Menawarkan Produk, menginput data penjualan, membuat promosi.
Admin Social Media | 2014-2018
CV. Hijab Nusantara
Membuat dan merencanakan konten, membuat promosi, mendistribusikan konten. menganalisa jenis konten.

Contoh Pengalaman Pelatihan Kerja

Digital Marketing| Agustus 2020
Universitas Magetan
Mengenal digital marketing, Optimasi sosial media, Melakukan pengukuran dan perhitungan index performa sosial media.
Make Up Artist | Januari 2020
UPTD BALAI PELATIHAN KERJA
Penerapan K3S di tempat kerja, komunikasi kerja, rias wajah.

Contoh Pengalaman Magang, KKN atau PKL

Admin Social Media 1 Mei - Juli 2020
CV. Hana LED Project
Merencanakan, Membuat, dan Mendistribusikan konten. Mengukur dan Menilai performa konten.
Admin 10 November - 10 Februari 2019
PT. Media Indonesia
Input data, pemberkasan, dan pengecekan ulang absensi

Contoh Pengalaman Organisasi

Anggota 2019-2020
PERSATUAN REMAJA MANDIRI
Berpartisipasi dalam memberdayakan potensi remaja-remaja indonesia untuk terus berkarya.
Relawan 2015-2020
BPBD Magetan
berpartisipasi sebagai relawan dalam penanggulangan berbagai macam bencana yang terjadi didaerah Magetan

Contoh Pengalaman Seminar/Webinar/Zoominar

Panitia | 2021
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
Workshop Kerja Online Omzet Jutaan Rupiah di Era Digital
Peserta | 2020
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
Workshop Social Media Spesialist

Kamu tidak perlu menuliskan semua pengalamanmu cukup tulis yang dibutuhkan. Urutan prioritasnya dalam pengalaman adalah sebagai:

  1. Pengalaman Kerja
  2. Pengalaman Pelatihan Kerja
  3. Pengalaman Magang
  4. Pengalaman Organsisasi
  5. Pengalaman Seminar

Jika kamu tidak punya pengalaman Kerja, Tuliskan Pengalaman Pelatihan Kerja. Pengalaman Magang hingga seminar tidak perlu dituliskan.

Jika kamu tidak ada pengalaman kerja atapun Pengalaman Pelatihan kerja, maka bisa tuliskan pengalaman Magang.

Jika tidak punya pengalaman sama sekali, cobalah untuk ikut Zoominar, ataupun Organisasi biar CVmu tidak kosong.

Download Contoh CV dalam Format Word DOC dan PDF Bahasa Indonesia dan Inggris

Contoh CV lamaran kerja yang menarik

Berikut ini adalah contoh CV lamaran kerja yang menarik yang bisa kamu unduh atau kamu jadikan referensi untuk membuat CV lamaran kerjamu jadi lebih menarik.

Contoh CV lamaran kerja untuk fresh graduate

Bagi kamu yang baru lulus baik lulusan SMA, SMK atau lulus kuliah, kamu bisa mengunduh template cv lamaran kerja untuk fresh graduate ini untuk dijadikan referensi dalam membuat CV lamaran kerjamu sendiri.

Contoh CV lamaran kerja sederhana

CV yang bagus tidak melulu memiliki desain yang kaya akan warna dan ikon-ikon tapi soal keindahaan. bahkan cv lamaran kerja yang terkesan sederhana seperti contoh dibawah ini juga bisa terlihat menerik.

Contoh CV lamaran kerja bahasa inggris

Untuk beberapa perusahaan diluar negeri atau didalam negeri yang skalanya sudah internasional biasanya menggunakan bahasa inggris dalam membuat CV lamaran kerja. berikut ini bisa membantu kamu atau setidaknya memberikan gambaran tentang bagaimana bentuk CV lamaran kerjadengan bahasa inggris.

Untuk melihat contoh-contoh cv lamaran kerja yang lain, kamu bisa cek di artikel contoh-contoh cv lamaran kerja yang menarik

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment