Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja – Surat pengunduran diri adalah suatu surat yang menginformasikan bahwa seseorang akan berhenti bekerja pada suatu perusahaan dengan alasan tertentu. Banyak diantara kita mungkin memiliki alasan tertentu misalnya karena ingin membuka usaha sendiri.

Banyak diantara karyawan yang masih bingung dan tidak tahu cara membuat surat pngunduran diri kerja yang tepat. Padahal, dengan surat pengunduran diri kerja yang tepat kita juga bisa berhenti dari perusahaan tempat kita bekerja dengan cara yang sopan dan terhormat.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang surat pengunduran diri kerja yang akan terfokus pada beberapa contoh surat pengunduran diri kerja. Dan berikut adalah ulasannya.

Pengertian surat pengunduran diri

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri merupakan surat pernyataan yang dibuat pekerja atau karyawan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Surat ini biasanya ditujukan pada atasan pekerja di perusahaan atau pihak HRD yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Melalui surat pengunduran diri, kita bisa menginformasikan bahwa kita akn berhenti dan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mencari pengganti untuk jabatan atau posisi yang akan kita tinggalkan. Dengan begitu kita juga bisa meninggalkan perusahaan secara baik – baik dan sopan.

Struktur penulisan surat pengunduran diri

Dalam menulis surat pengunduran diri yang merupakan bagian dari surat resmi, surat pengunduran diri juga memiliki struktur yang harus dipenuhi layaknya surat resmi yang harus memuat bagiab – bagian berikut:

  • Tanggal dan tempat surat dibuat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Menggunakan bahasa baku
  • Tanda tangan pemohon
  • Materai (jika diperlukan)

Selanjutnya, setelah mengetahui format atau struktur yang tepat dalam menulis surat pengunduran diri, berikut adalah beberapa syarat serta etika yang juga harus diperhatikan dalam penulisan surat pengunduran diri:

  • Isi surat resign harus ringan dan padat.
  • Cantumkan ucapan terimakasih kepada atasan serta perusahaan yang telah mengizinkan untuk bekerja diperusahaan.
  • jangan menulis dan menampilkan sebuah kesan yang buruk mengenai perusahaan.
  • Berikan alasan yang jelas mengenai pengunduran diri yang kamu lakukan dengan bahasa penulisan yang baik dan jelas.
  • Akan lebih baik jika anda bisa menyertakan kutipan mengenai beberapa landasan hukum yang mendasari anda mengajukan surat pengunduran diri. Bisa anda ambil dari pasal pada kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang sudah dibuat.
  • Jika memungkinkan dan menurut anda diperlukan, anda bisa menyelipkan cindera mata atau sesuatu kenang-kenangan yang bersifat berkesan kepada manager, pimpinan atau pada perusahaan, sebagai rasa terima kasih anda telah diizinkan berkarir selama ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja dan sebelumnya bisa anda perhatikan terlebih dahulu format berikut:

Tanggal Bulan Tahun

Nama lengkap Bapak / Ibu
Judul
Nama Perusahaan
alamat jalan
Kodepos

Dear [nama bos]

Pada paragraf pertama nyatakan bahwa Anda mengundurkan diri dan  jelaskan alasan atau alasan Anda untuk pergi secara singkat, padat dan jelas. Akan sangat baik jika anda bisa mengawali suatu surat pengunduran diri dengan kalimat ‘Saya menulis untuk memberi tahu Anda’ tapi jangan ragu untuk menggunakan kata-kata Anda sendiri selama kalimat tersebut bersifat sopan dan profesional.

Untuk menutup paragraf pertama dengan ‘sayangnya, ini berarti saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya dengan …’ akan memberi surat pengunduran dengan sentuhan yang bagus dan halus serta akan terlihat lebih profesional untuk menggunakan nama bisnis sebenarnya dari perusahaan yang Anda maksud daripada ‘mereka’ atau ‘saya’.

  • Jika anda memang telah mendapat pekerjaan baru dan anda menerimanya, anda bisa saja mengataknnya dan memberikan alasan yang sesuai sehingga tidak meninggalkan kesan buruk pada perusahaan anda saat itu.

Dengan hormat

[Tanda tangan]

      Namamu

Contoh surat pengunduran diri kerja 1

Surabaya, 30 Mei 2016

Kepada

Bapak Direktur PT. Maju Jaya

di tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Raisa Denia Nafisa

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 21 Mei 1987

No. Pegawai               : D56789

Jabatan                       : Staf Maintenance

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2013

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT. Maju Jaya dikarenakan ingin fokus mengurus bayi saya yang baru lahir. Saya sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak, serta segenap direksi dan karyawan PT. Maju Jaya atas kerjasamanya selama ini.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaaan dari pihak manapun. Atas segala kekurangan saya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Raisa denia Nafisa

Contoh surat pengunduran diri kerja 2

Surabaya, 28 januari 2019

Yth.

Kepala Departemen Quality Control

  1. Kalakan jaya

di tempat

Dengan hormat,

Saya,

Nama                           : Vita Aristya Dwi

Tempat, tgl. lahir       : Lamongan, 21 januari 1983

No. Pegawai                : D45646

Bekerja sejak              : 2010

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya saat ini sebagai Staf Maintenance departemen Quality Control PT. Kalakan Jaya. Adapun alasan saya untuk mengundurkan diri adalah karena ingin fokus mengurus orang tua yang sedang sakit. Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan Departemen Quality Control beserta rekan-rekan dalam perusahaan.

Saya mohon maaf jika selama menjalankan tugas saya melakukan kesalahan-kesalahan, baik disengaja maupun tidak. Semoga departemen Quality Control PT.Kalakan jaya semakin maju.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 Hormat saya,

Vita Aristya Dwi

Contoh Surat pengunduran diri 3

Malang, 30 Januari 2019

Kepada Yth.

Kepala Departemen SDM dan Umum

  1. Marsindo sejati

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Putri Ayu

Tempat, tgl. lahir      : Malang, 03 Januari 1983

No. Pegawai                : D54245

Jabatan                        : Staf Maintenance

Departemen                : Quality Control

Bekerja sejak              : 2012

Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Marsindo Sejati. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah adanya bisnis keluarga yang harus saya urus dan kembangakan. Saya sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Departemen SDM dan Umum yang telah merekrut saya menjadi bagian PT. Marsindo Sejati.

Demikian surat pengunduran diri saya buat dengan kesadara dan tanpa paksaan siapapun. Atas segala kekurangan saya mohon maaf sebesar – besarnya.

Hormat saya,

Putri Ayu

Demikian adalah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa anda gunakan.

Loading...
Close Menu