Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Secara Sopan, Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi – Berorganisasi adalah merupakan hak bagi setiap orang. Banyak orang yang mengikuti suatu organisasi yang menurutnya bermanfaat bagi kehidupanya dan pekerjaannya. Banyak sekali jenis organisasi yang bisa diikuti oleh seseorang.

Diantaranya adalah organisasi sekolah, kesehatan ataupun politik. Namun, tak jarang yang ingin berhenti dari suatu kegiatan organisasi. Hal itu dikarenakan banyak orang yang mungkin telah memiliki pekerjaan yang menyibukkan.

Banyak diantara pelaku organisasi yang akhirnya harus berhenti karena tidak bisa membagi waktu antara berorganisasi dan bekerja. Mungkin juga seorang mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan harus berhenti karena sedang mengerjakan tugas akhir mereka.

Untuk berhenti, seperti halnya pada pekerjaan, kita juga sebaiknya menyerahkan surat pengunduran diri kepada pengurus organisasi. Apalagi, jika kita termasuk dalam jajaran pengurus. Untuk itu, berikut adalah beberapa contoh surat pengunduran duru dari organisasi:

Contoh Surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri dari organisasi

Contoh surat pengunduran diri dari Organisasi Siswa Intra Sekolah

Lamongan, 20 Mei 2019

Kepada,
Ketua Osis dan Pembina OSIS
SMA Negeri 1 babat

di Tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Mita Ashita
Kelas:XI IPS 2
Jabatan:Bendahara OSIS

Dengan surat ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Negeri 1 Babat.

Selama menjabat sebagai bendahara OSIS selama enam bulan, saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi dan tentu keuangan. Saya ucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Negeri 1 Babat dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya menjalankan tugas di dalam organisasi Siswa Intra Sekolah SMA Negeri 1 Babat.

Besar harapan saya bahwa anda mengabulkan permohonan pengunduran diri saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Mita Ashita

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi BEM

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI
SEBAGAI ANGGOTA BEM
DI UNIVERSITAS KEADILAN RAKYAT

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Deni Sanjaya
Jabatan di BEM:Seksi Dokumentasi
NIM:098765454589
Fakultas:Bahasa indonesia – Bahasa dan Sastra

Mengajukan  permohonan pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Keadilan Rakyat. Selama beraktivitas di dalam kepengurusan BEM saya telah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini. Mohon maaf apabila selama bertugas dalam organisasi saya pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini dibuat dengan sesungguhnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina serta pengurus BEM Universitas Bangun Bangsa  dapat memahami keputusan yang telah saya buat. Atas kesmpatan, bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Surabaya, 20 Mei 2019.

Hormat Saya,

Deni Sanjaya

Contoh Surat Pengunduran diri dari Organisasi Politik

Bangkalan, 12 Januari 2019

Kepada
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Sejahtera
Bapak Dr.H.Jaka Sudara
Di jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Sejahtera dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Dengan surat ini, akan saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Sejahtera (PDS) yang telah memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Bangkalan Masa Bakti 2017-2022, sesuai SK DPP Partai Demokrat Sejahtera Nomor78.06/SK/DPP.DP/DPC/V/2017.
  2. Saya menilai PDS tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini dan saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.
  3. Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Bapak Ketua Umum PDS,  dengan datangnya surat pengunduran diri ini saya memohon pengertian Bapak karena terhitung hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Sejahtera Kabupaten Bangkalan.
  4. Keputusan ini memang sulit namun perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini hingga saat ini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya untuk mengundurkan diri, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Sejahtera selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Hormat Saya,

Caylan Wijaya

Contoh surat pengunduran diri dari organisasi dengan beberapa alasan

Lamongan, 20 Mei 2018

Yth,
Pembina dan Ketua OSIS
SMA Negeri 3 Lamongan

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Mila Syakila
Kelas:XI IPA 3
Jabatan:Sekretaris

Dengan ini  mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Negeri 1 Lamongan. Adapun alasan saya untuk mengundurkan diri adalah sebagai berikut :

  1. Orang tua menentang
  2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar dan sekolah
  3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Saya ucapkan banyak terimakasih karena telah diberi kepercayaan selama satu tahun untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris OSIS. selanjutnya saya juga berharap agar OSIS SMA Negeri 3 Lamongan bisa semakin baik kedepannya dan tetap berkembang.

Jika selama bergabung dalam kepengurusna OSIS saya telah membuat kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, dengan sangat hormat saya memohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam kepada Pembina serta jajaran pengurus OSIS SMA Negeri 3 Lamongan.

Besar harapan saya bahwa anda mengabulkan pengunduran diri saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Mila Syakila

Demikian adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari organisasi. Tentu ada etika serta kalimat tertentu yang harus anda perhatikan dalam menyampaikan permohonan pengunduran diri anda sehingga anda tidak meninggalkan kesan yang buruk setelah anda berhenti sepenuhnya dalam segala kegiatan organisasi.

Loading...
Close Menu