Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri – Bosan adalah salah satu sifat manusia. Dalam berbagai hal seseorang mungkin akan merasa bosan dan ingin beralih pada hal lainnya. Tidak berbeda dengan pekerjaan, banyak orang yang merasa bosan atau sudah tidak nyaman dengan pekerjaan yang sedang dijalani.

Banyak diantara kita yang mungkin tidak lagi bisa menerima tekanan dalam bekerja tersebut. Atau mungkin seseorang memutuskan untuk berhenti bekerja karena kesulitan dalam membagi waktu antara menempuh pendidikan atau mungkin bagi seorang istri untuk mengurus keluarganya.

Banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri Karena ingin memulai usaha sendiri atau mendapat pekerjaan lebih baik di tempat asalnya atau di dekat tempat tinggalnya. Untuk keluar dari suatu pekerjaan, tentu saja kita harus melalui proses terlebih dahulu.

Saat kita melamar pekerjaan tersebut, kita menyerahkan surat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu, tentu saja saat kita memutuskan untuk berhenti dari suatu pekerjaan atau mengundurkan diri kita juga sebaiknya menyerahkan surat pengunduran diri.

Untuk dapat mendgundurkan diri dengan sopan dan terhormat, tentu kita juga harus menyerahkan surat pengunduran diri yang sesuai dan baik. Untuk itu, di bawah ini akan dibahas mengenai surat pengunduran diri yang baik dan akan diberikan beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, diantaranya adalah:

Manfaat Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri

Seperti yang dijelaskan bahwa surat pengunduran diri adalah sesuatu yang penting saat anda memutuskan untuk berhenti bekerja dari suatu pekerjaan. Berikut adalah manfaat dari surat pengunduran diri:

1. Terlihat lebih terhormat dan professional

Dengan menyerahkan surat pengunduran diri yang berarti anda menyatakan akan mengundurkan diri secara tertulis, itu juga akan membuat anda terlihat lebih terhormat. Jika anda berhenti bekerja tanpa membuat surat pengunduran diri anda bisa dianggap tidak professional.

2. Perusahaan dapat mencari pengganti posisi anda

Dengan terlebih dahulu menyerahkan surat pengunduran diri, anda juga memberikan kesempatan pada perusahaan untuk mencari pengganti yang akan mengisi posisi anda. sehingga, perusahaan tidak mengalami kesulitan ketika anda telah benar – benar berhenti bekerja.

Contoh surat Pengunduran diri

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Contoh surat pengunduran diri 1

Malang, 20 Agustus 2019

Yth. Pimpinan
PT. Ali Jaya
Malang

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : Tika Eka Ayu
Alamat  : Jln. Jeruk no.12 Kabupaten Malang
Jabatan                : Sekretaris

Dengan surat ini, saya menyampaikan permohonan pengunduran diri dari jabatan dan perusahaan Ibu, terhitung pada tanggal 05 September 2019.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan Anda telah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menyampaikan terima kasih atas bimbingan yang Anda berikan selama ini, baik secara langsung maupun secara  tidak langsung.

Melalui surat ini saya juga mohon maaf karena tidak lagi bisa menjadi bagian perusahaan. Saya berharap agar perusahaan ini dapat berkembang dan semakin maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Tebusan: Bagian Informasi dan Kesekretariatan
Kabag. IT Support

Hormat saya,

Tika Ayu Eka

Contoh Surat Pengunduran Diri 2

Lampung, 04 Agustus 2019

Kepada
Kepala Bagian HRD
Hotel Sweet Dream
Jln. Merdeka Bangsa Lampung

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                    : Prisilla Kartika
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1995
Alamat: Lampung
Jabatan: General Accounting Hotel Sweet Dream

Melalui surat ini saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2019 dengan alasan mengurus usaha yang saya dirikan sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan dan penuhi hingga masa pengunduran saya.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya sampaikan mohon maaf  karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari Hotel Sweet Dream.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Prisilla Kartika

Contoh surat pengunduran diri 3

Surabaya, 18 Agustus 2019

Yth. Kepala PT. Mawar melati
di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Surabaya

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Mawar Melati, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;
Nama                    : Putra Rinanto
Departemen      : Pemasaran dan Informasi
Jabatan                                : Sales
No. Karyawan    : B233 8907
Bermaksud mengundurkan diri dari PT. Mawar Melati dikarena keinginan saya untuk fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini dibuat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap agar alsana ini dapat mengerti dan agar permohonan saya dapat dikabulkan, serta hak-hak dapat diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan pihak manapun, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Putra Rinanto

Contoh surat pengunduran diri 4

September, 9, 2019

To: Mr. Key Raflless

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. Key Raflless:

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 22, 2020.

Fisrt, I want to thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last six years. I have enjoyed my time while working with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given to me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance for the company during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. It would be glad to help I can.

Sincerely,

Scholar Aristy

Loading...
Close Menu