Contoh Proposal Event atau Kegiatan

Contoh Proposal Event – Event atau acara merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan oleh sebuah lembaga atau pun perusahaan. Dengan tujuan berbagai macam mulai dari hiburan hingga membantu menunjukkan minat dan bakat yang dimiliki oleh anda event atau acara sendiri. Seringkali dilaksanakan baik dalam skala kecil maupun skala besar tergantung dari tujuan atau target penonton dan juga penikmatnya.

Namun membuat event ataupun acara tidaklah mudah di mana ada harus melakukan persiapan yang sangat matang dan juga rencana yang sangat jelas, terutama jika anda merupakan seorang ketua panitia ataupun leader dari adanya acara dan juga event tersebut. Maka hal ini akan berkaitan dengan keahlian anda dalam menuangkan ide acara tersebut dalam sebuah proposal.

Proposal dan Fungsinya

contoh proposal kegiatan, contoh proposal event

Proposal merupakan sejenis rangkaian kegiatan yang sudah tertulis yang didalamnya, mencakup rancangan kerja serta ide yang anda ingin wujudkan. Rancangan kerja ini nantinya akan dilaksanakan sebagai sebuah program yang tertata dan juga teratur, di mana tujuannya agar acara dapat berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan keinginan. Selain itu adanya proposal ini mengurangi kesalahan dan juga mengurangi hal-hal yang terlewatkan. Umumnya Ketika anda membuat sebuah acara akan banyak hal-hal kecil yang tidak terlihat atau tidak perhatikan seringkali terlewatkan. Sehingga acara bisa saja gagal ataupun mengalami kendala. Namun dengan adanya proposal anda mencoba mengurangi resiko terjadinya kegagalan, Ketika anda mendirikan sebuah acara.

Tujuan dan Fungsi Proposal

Fungsi dan tujuan dari proposal sendiri jelas untuk membantu mendapatkan dukungan bantuan dana sponsor, maupun untuk memberikan perizinan dari berbagai pihak. Terhadap sebuah kegiatan, ataupun acara yang ingin diselenggarakan. Selain itu proposal juga membantu anda untuk menjelaskan ide apa yang dimiliki dan bagaimana cara yang akan dilakukan yang mungkin kepada tim ataupun rekan kerja acara anda. Proposal sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis mulai dari proposal kegiatan dan proposal penelitian, proposal bisnis, dan juga proposal proyek. Namun yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah salah satu jenis proposal kegiatan ataupun proposal event.

Sebuah event pasti akan merasa terbantukan dengan adanya proposal acara ini. Dimana ketika ada sebuah perusahaan ataupun lembaga ataupun sebuah organisasi memutuskan untuk mengadakan sebuah acara besar. Maka dengan adanya proposal ini sangat membantu menjabarkan ide apa yang akan diwujudkan oleh sebuah acara tersebut dan program apa yang akan dijalankan. Tentu saja proposal kegiatan ini harus menjelaskan berbagai hal, mulai dari latar belakang tujuan hingga lain-lainnya.

Tidak perlu khawatir karena dalam artikel. Berikut ini akan di berikan salah satu contoh proposal kegiatan yang dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah kegiatan dalam kampus ataupun perguruan tinggi. Untuk mengadakan acara proposal ini juga dilengkapi dengan panitia dan rincian dana yang dibutuhkan. Agar lebih mudah dalam membaca maupun mewujudkan rancangan tersebut.

Contoh Proposal Event

1. Latar Belakang

Berisi tentang suatu kondisi yang menjadi permasalahan atau isu terbaru sehingga membuat kamu harus mengadakan kegiatan event ini. Jelaskan juga dengan paparan yang jelas mengenai kondisi atau isu terbaru dan cara mengatasinya atau harapan yang diinginkan dalam event tersebut.

2. Nama dan Tema Kegiatan

Bagian ini menjelaskan nama dan kegiatan yang akan dibuat, misalnya adalah Pameran Buku Terbesar , tema ” Virus Buku Menyerang Magetan”

3. Tujuan

Tujuan ini menggambarkan visi atau arah dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam penulisan tujuan, dibuat dalam bentuk penomoran. Contoh Tujuan Event :
 – Memotivasi budaya gemar baca
 – Mendekatkan masyarakat dengan buku
 – Sebagai ajang promosi produk

4. Tempat dan Waktu

Bagian ini menjelaskan kapan , dimana dan jam berapa kegiatan akan dilaksanakan.

5. Sasaran

Bagian ini menjelaskan tentang sasaran peserta dan pengunjung kegiatan yang akan dilakukan. Sasaran dimaksudkan adalah orang yang diinginkan menjadi peserta atau pengunjung. Bagian ini akan menjadi nilai plus dan menentukan perusahaan untuk bersedia menjadi sponsor.Contoh : Sasaran Event
– Anak Sekolah SD – SMA
– Pondok Pesantren
– Toko Buku
– Distrubutor Buku

6. Target

Bagian ini menjelaskan tentang target peserta dan pengunjung yang akan dilakukan. Target disini dimaksudkan pada jumlah peserta dan pengunjung. Jadi jumlah harus dituliskan dalam bentuk angka. Karena di bagian ini juga akan menjadi nilai plus bagi perusahaan dan bersedia menjadi sponsor. Contoh :
Target Peserta Event = 200 Penerbit atau 200 Stand atau 200 orang
Target Pengunjung Event = 5000 orang/hari 

7. Acara Pendukung

Bagian ini menjelaskan apa yang akan menjadi acara pendukung dalam kegiatan yang akan dilakukan, karena acara pendukung yang membuat suasana event menjadi semakin hidup dan unik.Contoh :
Acara Pendukung / Program Pendukung dalam event pameran
– Lomba melukis
– Lomba mewarna
– Fashion show dll

8. Materi Promosi dan Publikasi

Bagian ini berisi tentang materi dan publikasi apa saja yang akan digunakan untuk mempromosikan kegiatan yang akan dilakukan. Contoh :

Poster
– Ukuran             : 56 x 42 cm
– Bahan               : kertas Art Paper 100gr
– Cetak               : separasi 4 warna
– Jumlah              : 5000 eks
– Ruang sponsor  : 3 x 2 cm
– Penyebaran       : H-7
– Distribusi           :  Ruang publik di Kota setempat dan sekitarnya, Kantor layanan publik dan lain-lain

9. Penutup

Bagian ini dipaparkan secara singkat beberapa kalimat , misalnya : ” Demikian proposal pameran ini kami buat. Besar harapan kami semua pihak yang terkait dapat mendukung kegiatan ini secara optimal, sehingga menjadikan acara Pameran Buku ini sukses dan bisa merangkul semua pihak.

Lampiran

10. Susunan Panitia / Team

Bagian ini menjelaskan susunan panitia penyelenggara kegiatan ini. Daftar susunan panitia seperti ini :
– Pelindung
– Penasehat
– Manager event
– Project Officer / Ketua Pelaksana
– Sekretaris
– Bendahara
– Team Acara / Kreatif
– Team Promo
– Team Perkap / Produksi
– Team Umum

11. Rencana Anggaran

Bagian ini menjelaskan besarnya dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan event. Rencana anggaran meliputi : biaya sekretariat, acara, promo, perlengkapan, dokumentasi, dan pemasukan. Perhitungkan kemungkinan terburuk dalam membuat perencanaan anggaran agar tidak rugi. Survey harga-harga sewa sound, kursi, panggung dan lain-lain yang menjadi perlengkapan event

Loading...
Close Menu