8 Cara Promosi Produk Makanan Online Dengan Efektif

8 Cara Promosi Produk Makanan Online Dengan Efektif

Cara promosi makanan online paling efektif yang akan kami uraikan di bawah ini tentu amat mudah untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Tak bisa dipungkiri, bisnis kuliner memang sebuah lahan menjanjikan bagi para pengusaha. Ada jutaan orang yang siap untuk dibidik dalam market bisnis kuliner ini.

Pasar yang luas tentu juga dibarengi dengan kemunculan pesaing yang tak sedikit. Untuk itu ada baiknya Anda mulai menelaah perihal tips apa saja yang bisa diusahakan untuk mendapat keuntungan optimal dari bisnis kuliner milik Anda. Langsung saja simak daftar uraian tipsnya seperti di bawah ini.

8 Cara Promosi Makanan Online Efektif

1. Optimalkan Sosial Media

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh We Are Social and Hootsuite menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa minimal 42 % tingkat keaktifan pengguna media sosial seluruh dunia telah berhasil tercapai. Itu sebabnya, di era digital ini sosial media bisa menjadi sebuah lahan interaksi yang tentu amat efektif.

Untuk Anda yang tengah menggeluti bisnis kuliner jangan segan untuk aktif promosi di sosial media mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp, Youtube serta platform sosial media populer lain yang banyak tersedia. Bisa dikatakan ini memang era baru untuk cara bisnis dibanding metode konvensional.

Rajin-rajinlah berpromosi secara menarik mulai dari memperbarui lampiran daftar menu, unggah foto hidangan yang menggugah selera, info berbagai event atau promo serta ragam info lain terkait dengan bisnis kuliner Anda tersebut. Jangan sampai dilewatkan metode promosi yang mudah, murah meriah ini.

2. Masuk Daftar Aplikasi Pencari Restoran

Mungkin bisa dikatakan lebih spesifik lagi dari sekadar promosi di sosial media. Untuk bisnis kuliner Anda bisa mulai merambah aplikasi yang memiliki layanan untuk merekomendasikan daftar restoran kepada para konsumen. Di Indonesia sendiri terbukti telah ada banyak aplikasi jenis ini yang amat populer.

Beberapa di antaranya misal aplikasi Mangan, Trip Advisor, Restaurant Finder, Pergikuliner, Zomato, Wakuliner, Foodsessive dan seterusnya. Situs atau aplikasi tersebut terbukti memliki fitur lengkap yang efektif untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi bagi banyak pengusaha kuliner di seluruh Nusantara.

Ada fitur yang berisi info lengkap terkait bisnis kuliner Anda mulai dari daftar menu serta harga, letak persis lokasinya, beberapa referensi foto sebagai pelengkap, kolom untuk menampilkan ulasan serta rating dan seterusnya. Mengandalkan aplikasi semacam ini akan memperluas jangkauan konsumen bisnis Anda.

3. Tersambung Layanan Pesan Antar

Cara promosi makanan online selanjutnya ini misal kalau di Indonesia ada baiknya restoran Anda bekerja sama dengan pihak Grabfood atau Gofood. Terlebih di masa pandemi yang masih diharuskan banyak membatasi potensi kerumunan, layanan pesan antar untuk bisnis kuliner adalah keharusan.

Lengkapi segala pelayanan restoran Anda dengan kualitas prima maka pasar masyarakat pun akan mulai menaruh minat. Layanan pesan antar ini juga bisa meluaskan jangkauan jarak dari konsumen bisnis milik Anda. Tak hanya terpaku pada satu wilayah yang terdekat dengan pusat bisnis kuliner milik Anda tersebut.

Cukup pastikan saja jika layanan pesan antar itu dikelola dengan optimal sehingga tetap memberi kenyamanan baik itu terhadap pemilik bisnis, pengantar makanannya atau juga untuk konsumen si penerima. Tetap jaga kualitas menu serta pastikan prosedur pemesanannya menjaga profesionalisme.

4. Memakai Jasa Food Influencer

Di zaman berkembang pesatnya sosial media tentulah banyak sekali pembuat konten menarik yang biasanya memang disesuaikan dengan minat masing-masing individu. Pembuat konten yang memiliki banyak pengikut biasa disebut sebagai Influencer. Kata-kata mereka biasa sangat didengar pengikutnya.

Banyak juga para pembuat konten yang berfokus pada bahasan seputar kuliner. Tak ada salahnya jika Anda mencoba bekerja sama dengan mereka. Baik yang berbayar atau juga dengan mengirim makanan Cuma-Cuma untuk diulas. Pastikan Food Influencer tersebut sejalan dengan target market bisnis Anda.

Bekerja sama dengan Food Influencer ini bisa semakin memperluas jangkauan promosi untuk bisnis kuliner Anda. Terlebih lagi jika didapat ulasan dengan rating bagus, maka kesempatan meraup pesanan lebih banyak bisa langsung datang di depan mata. Pastikan selalu memperhatikan kualitas menu milik Anda.

5. Promosi di Event Offline

Cara makin mengenalkan produk kuliner Anda pada khalayak luas bisa dengan mencoba ikut beragam event bazar. Kegiatan tersebut memang dilakukan secara offline. Namun untuk promosi juga bisa dilakukan secara online. Jangan lupa di setiap bazar untuk mencantumkan sosial media plus kontak bisnis Anda.

Cara mengikuti beragam event offline itu bisa digunakan sebagai usaha menjemput bola secara langsung di tengah masyarakat luas. Pastikan untuk membuat booth bazar menarik dan jangan lupa produk kuliner Anda memang harus memiliki ciri otentik tersendiri agar bisa maksimal menarik perhatian konsumen.

6. Pertimbangkan Promo atau Diskon

Tak ada salahnya jika dalam kurun waktu tertentu Anda memutuskan untuk memberi promo atau diskon bagi konsumen. Tentu setiap konsumen selalu tertarik dengan potongan harga. Anda bisa memberikan opsi gratis ongkos kirim atau bisa juga untuk memberi potongan harga pada jumlah pembelian tertentu.

Intinya dalam memberi kesenangan potongan harga untuk konsumen, Anda juga harus memperhitungkan selisih nilai tersebut secara matang pula. Agar kelak di belakang tidak justru mendapat kerugian. Namun terkadang potongan harga juga bisa dijadikan pancingan konsumen menjajal produk kemudian ketagihan.

7. Sajian Kualitas Luar Dalam

Barangkali ini bisa dibilang sebagai cara promosi yang memang paling efektif. Banyak cara untuk mengenalkan konsumen terhadap produk Anda, tapi kualitas tak pernah bisa dibohongi. Banyak orang mungkin akan mencoba produk Anda, tapi pastikan yang Anda tawarkan memanglah yang dibutuhkan.

Promosi secara online misalnya, wajib hukumnya untuk menampilkan foto menu menggugah selera. Mungkin tak perlu berbekal kamera mahal. Dengan menggunakan smartphone, aplikasi edit foto lalu perhatikan pencahayaan serta latar belakang. Jadilah sebuah foto menu yang menawan dipandang mata.

Namun jangan berhenti sampai di sana saja. Pastikan selain menggoda pandangan, produk kuliner Anda juga memiliki cita rasa yang khas. Yang berbeda dari milik para pesaing Anda. Terus lakukan tes rasa hingga ketemu yang paling nikmat. Jangan lupa selalu sertakan inovasi untuk bisa menang persaingan.

8. Tampilkan Testimoni atau Ulasan Jujur

Jika dirasa, memang penting keberadaan info testimoni atau ulasan produk kuliner milik Anda untuk diketahui para calon konsumen. Hal ini juga bisa menjadi nilai plus, lantaran memang ada banyak sekali konsumen yang pemilih jika baru akan mencoba produk untuk pertama kalinya.

Tampilkan testimoni atau ulasan secara jujur. Baik itu yang positif maupun negatif. Yang positif akan membuat sugesti promosi bagus untuk pembeli. Sedang yang negatif pun tetap efektif untuk dijadikan sebagai bahan terus berbenah dan berkembang dari pihak bisnis kepunyaan Anda tersebut. Semangat ya.

Cara promosi makanan online terefektif serta terkini dalam daftar di atas semoga bisa membantu memperluas referensi Anda dalam mengembangkan bisnis kuliner khususnya. Jangan lupakan juga untuk selalu menjaga kualitas ciri khas menu milik Anda dan tetapkan pasar spesifik untuk untung yang optimal.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment