10 Kiat Sukses Promosi Produk Di Instagram

Cara Promosi di Instagram – Hari ini siapasih yang tidak kenal dengan instagram. Sebuah aplikasi jejaring sosial dimana kita bisa berbagi gambar dan video pendek agar semua orang tau aktifitas kita, seperti kita lagi dimana, dengan siapa dan sedang berbuat apa. Tentu para milenial sangat paham soal itu.

Karena instragam sekarang telah didominasi oleh para milenial alias anak muda yang update setiap waktu.

Sehingga jika kita berwirausaha atau punya usaha, Instagram menjadi sangat cocok ijadikan lahan untuk mencari konsumen-konsumen potensial, dimana mereka akan mengenal produk kita, tertarik dan pada akhirnya mereka membeli.

Namun sayangnya promosi di instragam itu tidak semudah yang dibayangkan, seringnya promosi via Instagram ini tidak efisien. Kita sudah capek-capek update eh yang beli sedikit.

Kenapa bisa begitu ? Ada banyak faktor. Pertama faktor pengguna Instagram ada jutaan orang dan hampir setiap menit update. Yang kedua adalah faktor kompetitor yang menggunakan instagram sebagai media promosi gratis mereka.

Dan bagi kalian yang baru saja ingin menggunakan Instagram sebagai media promosi gratis berikut saya berikan beberapa tips agar promosi di instagram kalian bisa efektif.

10 Cara Promosi di Instagram

cara promosi di instagram
dailysocial.com

10 cara ini yang sudah pernah lakukan untuk promosi produk souvernir.

1. Lengkapi akun instagram kamu.

Sebelum memulai promosi di Instagram pastikan infomasi profil akunmu sudah di isi semua selayaknya profile perusahaan seperti photo profile logo perusahaan, Alamat lengkap, Kontak dan deskripsi singkat tentang usaha kalian.

Jika perlu ubah akun kalian ke mode Akun bisnis. dengan pesatnya perkembangan teknologi jenis akunpun menjadi perhatian tersendiri.

2. Sesuaikan Tema dengan bisnis atau usaha kamu

Setelah melengkapi profil, pastikan setiap apa-apa yang kalian lakukan mempunyai tema yang menggambarkan bisnis atau usaha kalian, seperti setiap posting diberikan logo, warna atau frame yang konstan, sehingga menjadi sebuah ciri khas.

3. Posting Secara konsisten

Postinglah secara konsisten, tidak harus setiap hari. Tapi konsisten, mungkin seminggu dua kali, tiga kali atau seminggu sekali dihari jumat. Yang penting konsisten, sehingga akunmu tidak dikira akun fake, atau akun bodong.

4. Gunakan Hashtag

Jangan lupa Hashtag itu penting, penggunaan hastag sebetulnya sebagai tanda atau cara mengelompokkan posting. Jadi ketika kalian menuliskan #sepatumurah, maka postinganmu akan berada di rak sepatumurah. Sehingga ketika ada orang yang mencari “sepatu murah” bisa jadi postinganmu akan dilihat orang tersebut..

jadi jangan lupa memberikan hashtag yang relevan dengan postingan dan usahamu.

5. Follow dan kerjasama dengan Akun Sejenis

Untuk menjaring pasar, kalian juga bisa bekerjasama dengan akun akun sejenis. Penjual sepatu dengan akun penjual sepatu. Atau Penjual sepatu dengan fans club bola. Sehingga kalian dapat dengan cepat memiliki pasar.

6. Pasang Igmu di Website/Blog bisnismu

Jika kalian mempunyai website atau blog, pasanglah widget Instagram disana, tujuannya adalah agar follower kalian bertambah. Semakin banyak follower yang kalian miliki akan semakin mudah dalam melakukan promosi.

7. Berikan Promosi Bersyarat

Memberikan sedikit gebrakan pada follower kita dengan sebuah promosi bersyarat ternyata juga sangat ampuh.

Misalkan saja : “beli sepatu A hari ini diskon 10%” atau “beli sepatu A bonus tanda tangan Blank Pink”

tapi dengan syarat pembelian harus dilakukan minggu ini. Atau promosi diatas hanya berlaku untuk 10 Pembeli pertama. Apapun pokoknya bersyarat yang membuat calon pembeli buru-buru membelinya.

8. Perlihatkan Aktifitas Usahamu

Memperlihatkan kesibukan usaha kita menjadi daya tarik tersendiri yang secara tidak langsung mengatakan bahwa usaha kita benar ada dan profesional. Misalkan saja kita memposting foto yang memperlihatkan aktifitas penjahit sepatu, karyawan yang mengemas sepatu dan sebagainya.

9. Bagikan Foto Testimoni

Awalnya testimoni ini saya anggap tidak begitu penting, karena itu bisa kita buat-buat alias dipalsukan dengan menyuruh orang atau sewa jasa testimoni.

Tapi ternyata tidak calon pelanggan tetap membutuhkan testimoni, kenapa ? Karena tidak semua orang berani mencoba hal baru, sehingga mereka perlu mencari referensi apakah itu “aman” atau tidak. Dan testimonilah solusinya.

Toh sekarang calon pembeli sudah pintar, mereka mampu kok membedakan yang beneran dan tidak sehingga kita tidak perlu khawatir. Tetap posting testimoni yang asli.

10. Paid Promotion

Dan yang terakhir adalah paid promotion, artinya kita membayar IG untuk mengiklankan produk atau jasa kita melalui IG ads atau Iklan di IG.

Cara ini adalah cara terakhir yang saya gunakan ketika kita sudah tidak punya waktu untuk mengerjakan atau hasil dari 9 cara di atas sudah tidak begitu bagus sehingga cara paling masiv adalah dengan membayar IG ads.

Sekian 10 Kiat Sukses Promosi di Instagram yang pernah saya lakukan semoga bisa bermanfaat.

Loading...
Close Menu