cara mengobati luka bakar melepuh – Kita tentu sering mendengar atau bahkan mengalami luka bakar. Luka bakar dapat terjadi dimanapun dan juga kapanpun, kita bisa saja terkena luka bakar ketika memasak, menyetrika atau ketika bermain diluar ruangan terlalu lama dengan matahari yang menyengat.

Tingkatan luka bakar juga berbeda – beda, ada yang ringan yang hanya berupa kulit yang memerah, luka bakar yang sempit, dan ada yang hingga menimbulkan luka berupa gelembung berair, dan bahkan ada yang hingga kulitnya melepuh pada beberapa kasus. Tentu saja, setiap jenis luka bakar juga memiliki cara penanganan pengobatan yang berbeda – beda.

Cara Menangani Luka Bakar

Pada materi p3k kali ini, kita akan membahas tentang cara mengobati luka bakar melepuh. Luka bakar melepuh termasuk luka bakar berat yang terjadi pada manusia. Berikut adalah cara – cara mengobati luka bakar melepuh yang dapat anda lakukan:

1. Bersihkan dengan air bersih dan mengalir

Cara Menangani Luka Bakar, Cara Mengobati Luka Bakar Yang Melepuh

Langkah satu ini merupakan langkah wajib bagi semua jenis luka, terutama luka bakar. Jika luka bakar tersebut melepuh, maka membersihkannya dibawah air mengalir akan bermanfaat untuk mendinginkan luka tersebut dan juga mengurangi rasa nyeri dan perih. Jika memungkinkan gosok dengan halus perlahan dengan tangan yang telah d sterilkan.

2. Gunakan salep khusus luka bakar

Cara Menangani Luka Bakar, Cara Mengobati Luka Bakar Yang Melepuh

Salep khusus untuk luka bakar dapat digunakan untuk segala macam luka akibat terbakar. Salah satunya untuk mengobati luka bakar yang melepuh. Kulit yang melepuh akibat luka bakar tentu akan sangat nyeri dan perih. Hal ii juga akan sangat mengganggu. Biasanya jika anda tidak beraktifitas di luar ruangan, mengoleskan salep kemudiannya membiarkan nya terbuka tanpa dibalut akan membantunya lebih cepat untuk sembuh.

3. Jangan oleskan minyak, mentega dan odol

Cara Menangani Luka Bakar, Cara Mengobati Luka Bakar Yang Melepuh

Dalam masyarakat umum, ada anggapan bahwa mengoleskan odol akan membantu luka lebih cepat sembuh dan membantu mengilangkan rasa panas pada luka. Pada kenyataannya, odol merupakan bahan kimia yang mengandung deterjen dan bahan kimia lainnya yang justru akan membuat luka mudah terinfeksi. Selain itu, teksturnya yang berupa krim akan menghambat proses penyembuhan luka, dan menutup jalan keluarnya air yang ada pada luka.

Banyak pula yang mengoleskan mentega dan minyak seperti minyak kelapa pada luka bakar, beranggapan bahwa mengoleskan mentega dan minyak dapat mengobati luka bakar. Padahal pada kenyataannya, mentega dan minyak dapat menahan panas yang berakibat pada semakin terasa panasnya luka bakar anda. Jadi jangan sampai meengoleskan mentega, odol ataupun minyak ke luka bakar anda, apalagi jika dalam keadaan melepuh.

4. Jangan kompres luka dengan es batu

Es batu memang memiliki suhu yang dingin dan dapat menurunkan panas pada luka bakar anda. Namun, penggunaan es batu justru akan meningkatkan resiko infeksi dan kerusakan jaringan yang lebih parah pada luka anda. Karena es batu akan mendinginkan luka bakar terlalu cepat dan mendadak, maka itu akan menyebabkan resiko rusaknya jaringan kulit lebih parah. Lebih baik dinginkan dengan air yang mengalir dan bukan es batu.

5. Bersihkan luka menggunakan alcohol atau Rivanol

Alcohol dan rivanol sudah sering digunakan untuk membersihkan luka. Kandungan antiseptiknya berfungsi membersihkan luka sekaligus menimalisir resiko infeksi karena dapat membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada pada luka anda. Pada luka bakar juga berlaku demikian. Membersihkannya dengan alcohol atau rivanol akan sangat membantu proses penyembuhan dan meminimalisir luka yang melepuh. Namun, penggunaan alcohol biasanya dihindari dikarenakan alcohol menimbulkan rasa yang sangat perih pada luka melepuh dan luka terbuka. Untuk itu, anda bisa menggunakan rivanol unntuk membersihkan luka bakar yang melepuh. Usahakan untuk membersihkan luka anda paling tidak 2X sehari dan setiap anda datang dari beraktifitas di luar ruangan.

6. Biarkan luka tetap terbuka

Luka melepuh, berarti jaringan kulit mengalami kerusakan yang sangat parah yang mengakibatkan kulit terbuka. Untuk itu, membiarkannya terbuka tanpa perban akan sangat membantu dalam proses penyembuhan serta membuat luka lebih cepat kering. Sebaliknya, membalutnya dengan perban akan menyebabkan luka mendapat tekanan dan mungkin ada resiko perban menempel pada luka bakar anda. Jadi, jika memungkinkan, biarkan luka anda terbuka.

7. Buka perban yang menempel dengan mengalirkan air di atasnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa luka bakar melepuh yang ditutup dengan perban beresiko adanya perban yang menempel pada luka. Untuk mengatasinya tidak dibenarkan untuk membukannya secara paksa. Anda bisa mengalirkan air pada perban tersebut hingga perban dapat terkelupas sendiri. Memaksa perban untuk lepas justru akan mengakibatkan jaringan kulit yang rusak menjadi semakin rusak. Jika tidak memungkinkan untuk mengalirkan air, anda bisa menggunakan kapas dan rivanol atau kapas basah dan kompreskan pada perban, jika dirasa sudah bisa dilepas anda bisa melepasnya, namun jika masih sulit, ulangi untuk mengompres luka tersebut kembali.

8. Minum obat antibiotic dan pereda nyeri sesuai anjuran dokter

Jika anda mengalami luka melepuh, tentu anda harus segera mengunjungi dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan medis. Dokter ataupun tenaga medis lainnya biasanya akan meresepkan obat antibiotic serta pereda nyeri untuk membantu pengeringan luka bakar dan mengurangi rasa sakit yang anda alami. Minumlah obat tersebut hingga habis sesuai aturan dokter.

Demikian adalah beberapa cara mengobati luka bakar melepuh yang mudah namun jarang diketahui orang. Hal paling penting untuk diingat adalah anda harus segera menemui tenaga medis untuk membantu mengobati luka anda. Dan rawatlah luka anda agar selalu bersih dan terjaga dari benda – benda asing yang dapat meningkatkan resiko infeksi.

Baca Selengkapnya
Loading...