Cara Mendapatkan Uang dari Youtube – Aaaahsiaap… pernah dengar kata itu ? kalo belum kalian bisa search di google kata kunci “Atta halilintar” dia yang punya kata Ahsiap.

Atta Halilintar adalah seorang youtuber yang mendapatkan penghasilan dari youtube. Nggak tanggung-tanggung penghasilan perbulan mencapai hitungan Milyar, Wow.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Youtube ?

cara mendapatkan uang dari youtube

Saya yakin banyak orang bertanya bagaimana sih mendapatkan uang dari youtube, sedangkan kita daftar gratis, upload gratis, nonton pun gratis, trus duitnya darimana ?

Sejujurnya ada beberapa hal yang membuat kita bisa mendapatkan uang dari sana meskipun youtube disediakan secara gratis.

Pertama adalah Iklan, youtube adalah salah satu perusahaan yang menginduk digoogle, google memiliki produkan yang mampu mengumpulkan uang dari orang-orang, google ads namanya.

Google Ads adalah produk google yang dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan google. Google ads melayani jasa iklan kepada para pengusaha untuk meningkatan penjualan produk/jasa mereka.

Dan Iklan dari para pengusaha itu kemudian ditampilkan ke berbagai platform termasuk youtube.com. Apabila channel kita di ijinkan menampilkan Iklan tersebut, kita akan mendapatkan komisi, dari situlah penghasilan kita.

Kedua Endoser, Jika kita memasang iklan dari google, kita masih bisa menghasilkan uang dari endoser, misalkan saja video review, video unboxing yang rata-rata mendapatkan fee dari suatu perusahaan yang minta direview atau di unboxing produknya.

Ok, Kira-kira sudah terjawab ya…

8+ Langkah Mendapatkan Uang Dari Youtube

1. Tentukan Tema untuk Channel

Tentukan tema untuk channel youtube kalian, hiburan, review, unboxing, tutorial, travel, daily activity ? pilih salah satu jangan semuanya. sebab konsistensi itu penting.

Pentingnya begini, kalo kita konsisten mengangkat tema yang sama, misalkan saja unboxing Hape. orang orang (subscriber) kita akan rela menunggu untuk unboxing hape berikutnya.

coba kalau semua tema dimuat. channel kita malah terlihat amburadul dan tidak jelas arahnya. akhirnya orang yang mau mengikuti kita pun mikir-mikir ini channel apa sih kok campur aduk.

2. Buat Channel Youtube

Hal pertama yang perlu kalian untuk mendapatkan uang dari youtube adalah degan membuat channel youtube. Untuk membuat Channel Youtube kalian bisa lihat di sini

3. Lengkapi Profile Channel

Setelah berhasil membuat channel youtube, hal pertama kalian lakukan adalah melengkapi profile Channel youtube kalian, Logo, Cover, dan Deskripsi.

Buatlah tampilan profile Channel youtube sebagus mungkin dan seprofesional mungkin sehingga orang itu percaya jika kalian ini serius menggarap channel tersebut.

4. Isi Minimal 10 Video Di Channelmu

Uploadlah minimal 10 video karya terbaik kalian, kenapa harus 10 ? sebenarnya ini berkaitan dengan langkah kelima yaitu promosi ke media sosial.

Bayangkan jika kalian promosi ke berbagai media sosial tapi channel kalian kosong. lalu apa yang mau ditonton ?

Misalkan kurang dari 10 gimana?

Ya tidak masalah, tapi pastikan bahwa orang yang datang kechannel kalian itu ada yang ditonton, tidak dianggurin.

5. Promosikan ke Media Sosial

Lakukan promosi kemedia media sosial seperti facebook, twitter, Instagram agar orang-orang tau bahwa ada channel yang bagus dan perlu mereka subscribe.

6. Kumpulkan 1000 Subscriber & 4000 Jam Tanyang

Langkah ini berhubungan dengan langkah ke 7 dimana kita akan mendaftarkan channel kita ke youtube adsense agar channel kita menghasilkan uang.

Syarat terpenting adalah channel harus memiliki 1000 Subscriber dan 4000 jam tayang selaman 12 Bulan. Tipsnya lakukan langkah ke 5 dengan tekun.

7. Daftarkan Adsense

Setelah 1000 subscriber diperoleh, dan jam tayang selama 12 Bulan sudah tayang Kalian bisa ikuti :

  1. Login ke YouTube.
  2. Di bagian kanan atas, pilih ikon akun Anda > Creator Studio.
  3. Di menu sebelah kiri, pilih Channel > Status dan fitur.
  4. Di bagian “Monetisasi”, klik Aktifkan.
  5. Ikuti petunjuk di layar.

8. Cari dan Tawarkan Space Iklan atau Endoser

Sambil menunggu proses persetujuan pengajuan adsense, namun dengan subscriber 1000 dan jam tayang 4000 jam sangat memungkinkan untuk cari sumber lain.

Jadi Cari dan tawarkan space iklan atau jadilah endoser untuk memperoleh pundi pundi uang.

Tawarkan kepada perusahaan-perusahaan yang targetnya sesuai dengan konten channel youtube kalian.

9. Menjual Produk/Jasa Online

Jika channel youtube kalian memungkinkan untuk menjual produk/jasa online lakukan. kalian bisa memanfaatkan marketplace yang ada seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk meletakkan produk kalian.