Banyak sekali bisnis-bisnis baik offline maupun online sekarang ini. hal itu menunjukan bahwa keinginan orang untuk berwirausaha atau menghasilkan uang dengan cara mereka sendiri sudah semakin banyak.

Dulu saat saya masih sekolah cara mendapatkan uang itu sangat terbatas dan orang tua mengarahkan saya untuk jadi PNS atau sekarang dikenal dengan ASN.

Ya, sudah jadi rahasia umumlah PNS kerjanya kantoran, gaji besar ada tunjangan dan dapat pensiunan.

Enak, tapi entahlah kenapa saya sangat tidak ingin jadi PNS atau ASN. mungkin alasan terkuat saya adalah saat ingin punya perusahaan, agar kelak bisa menampung banyak orang yang butuh pekerjaan.

Dan Bisnis online itu sangat banyak, dan kita bisa bebas ngantor dimanapun. dan seolah-olah tidak terikat oleh ruang dan waktu.

Pada artikel ini saya akan berbagi 10 Kiat untuk memulai bisnis online. Tips ini saya dapatkan dari beberapa pengalaman dalam berbisnis online, semoga bisa membantu kalian yang ingin mencoba peruntungkan di dunia online.

cara memulai bisnis online

10 Kiat Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

1. Tentukan Niat Kenapa Harus Berbisnis

Selalu tentukan niat dan tujuan kalian sebelum memulai membuka bisnis dan apa alasan kenapa kalian harus berbisnis. Tanpa niatan yang kuat mustahil bisnis kalian akan berhasil.

Niatan dan Alasan kalian membuka suatu usaha inilah yang akan membakar semangat kalian agar tidak pantang menyerah, sebab bisnis itu berat…

2. Pilih Kategori Bisnis Yang Cocok

Yang kedua, kalian pingin bergerak dikategori apa ? atau bidang apa ?

  • Makanan dan Minuman
  • Olahraga
  • Property
  • Hiburan
  • Fashion
  • Keuangan
  • atau apa ?

Pilihlah salah satu yang jelas ada kemampuan untuk mengelola kategori itu.

Tapi menurut simbah saya bidang usaha yang paling dan jelas dibutuhkan itu ada di Sandang (fashion), Pangan (Makanan dan Minuman) dan Papan (Property).

tiga bidang itu pasti dibutuhkan oleh setiap manusia waras dimuka bumi ini.

3. Tentukan Produk / Jasa Yang Akan dijual

Saya sampaikan bahwa menentukan bidang saja jelas tidak cukup, karena masih ngambang, bisnis makanan misalnya. ada banyak sekali jenis produk dan jasa terkait makanan.

Misalkan Pabrik Roti, Restoran, Warung Nasi Padang, Angkringan atau catering. itu merupakan bisnis yang berkaitan dengan makanan dan minuman.

4. Jawablah Pertanyaan “Kenapa produk/Jasa itu harus ada ?”

Ketika kalian sudah berhasil memilih kategori dan produk/jasa yang akan kalian jual, coba deh jawab pertanyaan berikut :

Kenapa Produk/Jasamu itu harus ada ? Seberapa yakin produk/jasamu akan laku ?

Saya akui ini pertanyaan paling sulit yang pernah saya hadapi. dan untungnya waktu itu saya bisa menjawab walaupun tidak 100% benar.

Saat itu saya menjawab usaha souvenir yang ada itu karena jasa souvenir online masih sedikit, sedangkan permintaan banyak (Jangkauan Seluruh Indonesia).

5. Tentukan Cara Menjual dan Promosi Produk/Jasa

Jenis produk atau jasa sudah kita dapatkan. berikutnya harus kita tentukan bagaimana cara menjualnya dan bagaimana promosinya.

Keduahal itu harus berjalan beriringan sebab cara menjual dan promosi itu berbicara soal bagaimana kalian itu memberitahu orang-orang bahwa kalian menjual produk/jasa itu.

Setelah orang-orang tau tentang produk/jasamu barulah proses jualan itu terjadi. disinilah konsep “tak kenal maka tak laku”. karena benar, kalau orang tidak tau kita sedang jualan, bagaimana mereka akan membeli.

Karena kita berbisnis didunia online, maka kita bisa memanfaat media sosial untuk promosi, Membangun Website, mendaftar di marketplace seperti tokopedia, bukalapak ataupun shopee.

Metode transaksi bisa Chat kemudian transfer atau memanfaatkan fasilitas rekber (rekening bersama) milik marketplace.

6. Bangun Relasi Sebanyak-banyaknya

Berkumpulah dan bangunlah hubungan dengan orang-orang bisnis, ini sangat penting, disini akan terjadi proses belajar lebih cepat sehingga kita bisa mengantisipasi berbagi masalah, karena didalam forum ada banyak masalah yang kemudian di diskusikan.

Dengan berkumpul siapa tau kita mendapatkan rekan kerja yang dapat memperbesar bisnis kita.

7. Pelit dan Teliti Soal Keuangan

Ini Poin penting yang harus ditanamkan betul-betul saat kita berbicara soal bisnis. pelit disini bukan berarti sayang untuk mengeluarkan uang tapi lebih kepada “Belilah barang yang betul-betul dibutuhkan” sehingga uang kalian tidak habis sia-sia.

Terkadang kita beli ini itu tanpa mempertimbangkan apakah ini benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Bahkan saya pernah mempertimbangkan ketika membeli suatu barang, apakah barang itu benar-benar dibutuhkan artinya dibutuhkan setiap ? kira-kira akan bertahan berapa lama barang itu ? dan apakah selama itu uang saya akan kembali atau bisnis saya sudah berkembang ?

Peritungan bangetkan, ya memang harus karena perputaran uang untuk bisnis itu harus terjaga. Kalau uang yang diputar belum kembali jangan sembarang memutar uang lagi bisa-bisa modal habis tanpa sisa.

8. Buat Target Yang Akan Dicapai

Setelah bisnis kita berjalan 1-2 bulan biasanya sudah bisa kita lihat, seberapa besar kemampuan kita dalam mengelola sebuah bisnis.

disitu akan tampak, perminggu berhasil menjual berapa, yang tanya-tanya ada berapa.

Nah cobalah untuk melipat gandakannya. misalakn seminggu bisa menjual 10 Barang, cobalah untuk memasang target seminggu menjual 15 Barang.

Caranya gimana ? tentunya lipat gandakan juga kegiatan yang biasa dilakukan dalam seminggu yang menghasilkan penjual 10 barang tersebut.

Misalkan saja dalam seminggu itu kita posting di facebook 10 kali, di IG 10kali. ditingkatkan jadi 15-20 kali.

9. Jadwalkan Evaluasi Kerja setiap minggu sekali

Adakan evaluasi setiap minggu untuk melihat kinerja penjualan kita sehingga kita dapat memutukan atau merencanakan kegiatan seminggu kedepan.

Misalkan saja kita telah menargetkan penjualan 15 barang dari sebelumnya 10 barang. dengan cara menambah jumlah postingan.

Bersyukurlah kalo hanya dengan menambah jumlah posting penjualan kalian naik.

Kalau tidak ? tentu kita harus memikirkan cara lain. seperti memberikan promo atau beriklan misalnya atau apapun, keputusan ini akan terlihat pada evaluasi.

10. Totalitas

Totalitas adalah mutlak bagi kalian yang baru memulai sebuah bisnis apapun, mau online atau offline. jangan setengah-setengah, karena jika setengah-setengah hasilnya pun akan setengah, biasanya malah tidak menghasilkan kecuali kerugian.

Apabila kalian sudah punya pekerjaan tidak saya sarankan untuk melirik bisnis lain kecuali kalian bener-bener bisa mengatur waktu.

Baca Selengkapnya
Loading...