Membuat Proposal Usaha – Ketika anda mengajukan ide bisnis kepada siapapun. Baik calon investor, kerabat ataupun teman-teman yang bersamaan mendirikan sebuah bisnis. Tentu saja anda membutuhkan sebuah rancangan usaha yang tertulis untuk membuktikan bahwa rencana tersebut benar. Disisi lain rancangan secara tertulis ini dapat membantu anda menggambarkan. Bagaimana usaha anda akan berdiri dan juga berjalan tentunya dengan media seperti ini akan lebih mudah untuk menjelaskan kepada orang lain, Usaha yang ingin anda bangun ataupun jenis bisnis yang ingin anda bangun.

Rancangan usaha ini biasanya disebut sebagai proposal ataupun satu dokumen yang berisikan informasi lengkap terkait usaha atau perencanaan mulai dari biaya tujuan dan juga alasan mengapa anda mendirikan bisnis atau usaha tersebut proposal sendiri. Memang merupakan sebuah dokumen resmi yang dapat ditandatangani baik satu pihak maupun kedua belah pihak.

Di sisi lain proposal juga banyak digunakan untuk berbagai acara dan juga kegiatan apapun. Namanya penulisan proposal usaha harus disertai dengan persiapan yang sangat matang dan juga gambaran besar yang sangat jelas. Hal ini dapat membantu klien ataupun siapapun yang membaca proposal anda menjadi lebih mengerti dan lebih paham.

Panduan Proposal Usaha

contoh proposal, membuat porposal, cara membuat proposal

Saat anda mencoba untuk membuat sebuah proposal bisnis. Usahakan untuk membuat seringkas mungkin. Asumsikan bahwa anda adalah orang yang akan membaca proposal bisnis dan bukan yang membuatnya. Jika anda memiliki waktu yang sangat sibuk dan juga ada merupakan seorang direktur besar ataupun partner kerja yang sangat tinggi jam kerjanya.

Maka tidak mungkin sempat membaca proposal dengan lembaran yang sangat banyak dan mencapai puluhan halaman. Untuk itu proposal bisnis seharusnya dibuat seringkas mungkin dan juga padat atau tetap informative. Di sisi lain fokus yang biasanya membuat proposal menjadi berhasil adalah kejelasan dalam menentukan tema ataupun ide bisnis. Di mana seringkali banyak orang yang gagal dalam menuangkan ide bisnis.

Dikarenakan tidak bisa menyampaikan dengan baik atau justru memang ide bisnis tersebut terkesan monoton dan membosankankan. Untuk itu dibandingkan anda tidak bisa membuat sebuah proposal yang baik usahakan untuk merancang ide bisnis. Terlebih dahulu dengan matang baru menuangkannya dalam sebuah proposal.

Pahami Proposal Usaha

Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memahami big picture atau kuasai dengan detail. Di mana sebuah bisnis ataupun rencana yang anda buat harus anda kuasai dengan baik, alasan maupun tujuannya. Sehingga ketika partner bisnis ataupun orang lain membaca proposal tersebut dan merasa tidak paham.

Maka mereka bisa menanyakan kepada anda dan anda bisa menjelaskan dengan sejelas-jelasnya sesuai dengan keinginan yang dimaksud tentu saja membuat proposal usaha memang tidak mudah. Namun bukan berarti anda tidak bisa membuatnya dan juga jangan putus asa untuk bisa membuat proposal usaha yang bagus dan sesuai dengan sebagaimana mestinya.

Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Proposal sendiri terdiri dari berbagai macam, salah satunya adalah proposal usaha. di mana proposal ini bersifat saklek dan juga kaku. Anda harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas dan juga padat terkait. Apa tujuan anda membuat proposal tersebut dan bagaimana sistem atau cara kerja samanya. seringkali proposal usaha juga menggambarkan sebuah rancangan yang dapat mengajak orang lain agar mau bekerja sama dengan anda, dan juga bisa memberikan keuntungan.

Contoh Proposal Usaha

contoh proposal, membuat porposal, cara membuat proposal

Judul: Proposal Kegiatan Lomba Seni Tingkat SMP Universitas Indonesia Tahun 2018

A. Latar Belakang

Masa sekolah menengah adalah cara yang paling tepat untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia di masa yang akan datang. Salah satu cara untuk meningkatkan semangat berkarya dan berprestasi bagi anak bangsa adalah dengan melatih mereka untuk berkompetisi dengan yang lain sehingga bisa memiliki daya saing yang tinggi dengan Negara lain nantinya.

Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dijadikan rujukan untuk menumbuhkan semangat muda remaja. Salah satunya adalah dengan mengagendakan acara porseni atau Pekan Olah Raga dan Seni. Karena latar belakang tersebut, kami menggagas agenda Lomba Porseni Tingkat SMA yang di dalamnya terdapat berbagai cabang perlombaan.

B. Tujuan Kegiatan          

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kreatifitas anak muda Indonesia
  2. Meningkatkan semangat juang anak Indonesia
  3. Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa
  4. Melatih pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab untuk Indonesia di masa depan

C. Bentuk dan Jenis Kegiatan

Adapun bentuk dan jenis kegiatan ini adalah:

  • Lomba menyanyi
  • Mural
  • Lomba Fotografi
  • Lomba Paduan Suara

D. Peserta

Adapun peserta dalam acara ini adalah seluruh pelajar yang menjadi delegasi dari SMP se-DKI Jakarta. Diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 1000 peserta dari berbagai cabang lomba dan sekolah di Jakarta.

E. Media untuk Publikasi

Adapun media yang digunakan untuk publikasi adalah pamflet, baliho, media online, undangan dan pemberitahuan tertulis dan lain sebagainya.

F. Susunan Panitia

G. Rancangan Anggaran

Adapun rancangan anggaran untuk kegiatan ini adalah sekitar Rp. 85.000.000 Semuanya sudah terhitung di rancangan ini termasuk untuk dana tak terduga. Adapun rincian kebutuhan dan lain-lain dalam agenda ini sebagaimana terlampir.

I. Penutup

Demikian proposal kegiatan kampus ini kami buat dengan harapan supaya seluruh pihak memiliki kesediaan untuk ikut mendukung serta berpartisipasi dengan agenda kami. Harapan kami sangat besar untuk kesuksesan acara ini. Atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Baca Selengkapnya
Loading...