Kerajinan Tangan – Siapa yang tidak suka mengkonsumsi es krim. Makanan dengan suhu dingin berbahan dasar susu atau sirup ini merupakan salah satu jajanan yang banyak disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dulu, es krim hanya dibuat dari kedua bahan tersebut dengan rasa yang terbatas. Namun sekarang ini telah berkembang jauh, dengan rasa dan juga bentuk yang berbeda-beda. Salah satunya adalah es krim yang berbentuk batang dan menggunakan stik.

Selain rasanya enak dan juga lezat, es krim juga dipercaya dapat merubah suasana hati seseorang. Termasuk anda yang hobi mengkonsumsi es krim berbentuk stik. Mengkonsumsi es ini sangatlah mudah dan juga harganya lebih murah. Eskrim dengan stik ini umumnya memanfaatkan kayu yang dibuat sedemikian rupa, sehingga stik berbentuk rapih dan juga tidak tajam ketika anda mengkonsumsi es. Namun, perlu anda tahu bahwa stik es krim memiliki manfaat lain yang bisa dibuat sebagai produk. 

Selama ini, mungkin anda hanya membuang stik es krim sembarangan. Bahkan stik es krim tersebut hanya menjadi sampah yang tidak dapat didaur ulang. Jelas hal ini akan menimbun sampah dan akhirnya menimbulkan berbagai masalah layaknya banjir dan juga longsor. Sehingga cara memanfaatkan kembali barang bekas dan sampah justru bisa mengurangi masalah besar yang terjadi khususnya di Indonesia ini. Dalam artikel berikut ini, akan kita bahas mengenai Cara Membuat Kerajinan Tangan Rumah Dari Stik Es Krim yang bisa anda buat :

Bahan Dan Alat Rumah Stik Es Krim

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat miniatur rumah dari stik es krim. Cara ini paling banyak dilakukan,bahkan sudah banyak dipraktekan disekolah sebagai salah satu prakarya. Cara ini paling ampuh menarik anak-anak untuk membuat kerajinan dari barang bekas. Kerajinan ini masuk kedalam takaran sedang ke arah rumit. Anda harus kerja keras dan juga menekuni kerajinan ini dengan benar dan juga serius. Jika anda ingin membuatnya, berikut deretan bahan dan alat, serta tahapannya :

  • Stik es krim
  • Kertas
  • Lem tembak
  • Penggaris
  • Alat pemotong
  • Pensil

Cara dan Tahapan Membuat Kerajinan Tangan Rumah Dari Stik Es Krim

Jika anda sudah mempersiapkan semua alat serta bahannya, masuk ke langkah selanjutnya adalah tahapan atau cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim yang bisa anda lakukan :

Jika anda sudah mempersiapkan semua alat serta bahannya, masuk ke langkah selanjutnya adalah tahapan atau cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim yang bisa anda lakukan :

1. Membuat Denah Rumah

cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim, cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah magetan
membuat rumah – youtube

Sebelum membuat stik es krim berbentuk rumah, maka anda harus menjadi arsitek sementara alias mendesain sketsa rumah. Adanya gambar ini membantu anda untuk menyusun rumah es krim menjadi lebih mudah. Bentuk rumah sendiri sangat banyak dan juga beragam, anda bisa memilih dan mendirikan bentuk rumah yang berbeda-beda sesuai dengan selera. Sehingga sketsa dan planning sangat penting. Disisi lain anda juga sekaligus menyesuaikan antara bahan dan alat juga.

Anda bisa mengerjakan sketsa untuk rumah sederhana di kertas A4 dengan gambaran langsung, ataupun menggunakan print yang didapat dari internet. Denah inilah yang dijadikan acuan dalam membuat miniatur rumah dengan menggunakan stik es krim. Namun tentu saja bagi anda yang bisa menggambar, akan lebih puas dan juga senang.

2. Membuat Bagian Bawah Rumah

cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim, cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah magetan
membuat alas rumah – youtube

Setelah kita siapkan denahnya, anda bisa membuat bagian alas ataupun pondasi dari rumah. Jika anda membuat tipe rumah yang agak rumit, maka cara ini sangat penting agar dasar rumah kokoh dan tidak roboh. Untuk itu anda harus menggunaakan lem tembak dan juga perekat yang kuat agar stik es krim lebih rekat dan kuat. Mengingat alas atau pondasi merupakan bagian bawah rumah yang akan menopang bangunan. Walaupun hanya stik es krim, planing ini bisa saja gagal karena kesalahan pondasi dan juga kesalahan denah. Pertama sambungkan stik es krim menggunakan lem tembak dan tinggal ikuti denah dan juga pola rumah yang dibuat sebelumnya.

Setelah alas atau pondasi siap, anda bisa melanjutkan untuk menempel alas keseluruhan ataupun lantai. Jika terlalu panjang anda bisa memotongnya dan jika kurang anda bisa menyambungnya. Usahakan lantai tertutup secara keseluruhan sehingga rumah tidak bolong atau terawang.  Anda bisa mewarna stik es krim dengan cat sehingga baik lantai dan dinding seolah-olah berbeda bahan.

3. Membuat Dinding

cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim, cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah magetan

Cara selanjutnya adalah menempelkan stik es krim yang diibaratkan sebagai dinding rumah tersebut. jika anda membuat rumah dengan denah yang agak rumit, termasuk banyak ruang. Maka anda bisa memotong atau membentuk stik eskrim sesuai yang dibutuhkan. Jika adna sudah mulai memasang dan memastikan sudutnya, maka anda bisa menggunakan stik es krim untuk dinding rumahnya. Anda bisa mewarnai dinding setelah dinding mulai jadi atau sebaliknya, mewarnai dan menunggu kering barulah menggunakannya untuk dinding.

(Baca: Permainan kerjasama kelompok)

Jangan lupa karena ini rumah, anda bisa melubangi bagian rumah dengan jendela. Agar lebih mudah dan tidak memotong bagian lainnya lebih baik anda menggunakan cara dengan memasang jendela atau pintu sejak awal. Dengan memotong stik es krim sebelum ditempel menggunakan lem tembak anda. Efek memberikan jendela dan pintu ini akan membuat rumah anda benar-benar terlihat seperti miniatur rumah. Keren kan.

4. Membuat Atap

cara membuat kerajinan tangan rumah dari stik es krim, cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah magetan

Jika semua sudah selesai dan rampung, maka terakhir yang bisa anda lakukan adalah membuat atap rumah. Jika anda ingin rumah yang ringan dan tidak terlalu rumit pemasangannya, maka anda bisa menggunakan atap langsung dan menempelnya membentuk atap rumah biasa. Namun jika anda ingin maksimal dalam membuat miniatur, maka anda harus membuat rangka atau penopang atapnya, barulah anda menempelkan bagian atapnya.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.