Tips dan Cara Mengirim Lamaran Kerja via WA

Contoh lamaran kerja via whatsapp. Mengirim lamaran kerja via Whatsapp saat ini bukanlah hal asing bagi kita. Tentu dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita bisa melamar kerja yang kita inginkan secara online tanpa harus datang ke kantor ataupun melalui jasa pengiriman.

WhatsApp atau WA merupakan sebuah aplikasi chatting yang saat ini popular digunakan oleh banyak orang, baik tua maupun muda. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi tersebut, tidak hanya untuk berkomunikasi tapi juga sebagai media untuk mengirim lamaran pekerjaan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan WhatsApp sebagai salah satu tools atau aplikasi untuk mengirim lamaran kerja secara online sepertihalnya Email. Jika diartikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mengirim lamaran kerja lewat email, sekarang kita akan membahas cara mengirim lamaran kerja via WA atau WhatApp secara lengkap berikut contoh-contohnya.

Etika Mengirim Lamaran Via WhatsApp

Sebelum membahas langkah-langkah mengirim lamaran via Wa, hal pertama yang perlu kamu tau adalah etika dalam mengirim lamaran. Seperti yang kita tau Etika itu sangat penting, sehebat apapun kamu tapi tidak punya etika semuanya akan sia-sia.

Berikut beberapa Etika ketika kamu mengirim lamaran via WhatsApp:

  1. Pasang Foto Profie WhatsAppmu dengan Foto Profesional dan jelas memperlihatkan wajahmu.
  2. Jangan sembunyikan status, latest seen, atapun menghilangkan centang biru.
  3. Perhatikan Waktu dalam mengirim Pesan, kirim pada jam kerja, antara jam 08.00 – 17.00.
  4. Gunakan bahasa Indonesia formal, sopan dengan menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
  5. Jangan menggunakan singkatan yang tidak perlu ataupun bahasa gaul apalagi alay.
  6. Ucapkan salam pembuka dan perkenalkan diri.
  7. Sampaikan maksud dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Jangan bertele-tele
  8. Ucapkan salam penutup dan terima kasih

Pastikan kamu menerapkan etika tersebut, buat dirimu seolah-olah berhadapan dengan orang dari perusahaan itu secara langsung.

Langkah-langkah Mengirim Lamaran Via WhatsApp

Meskipun sama-sama online, mengirim lamaran kerja via whatsapp dan mengirim lamaran kerja via email ini secara teknis bisa dibilang berbeda. terutama pada langkah-langkahnya pengirimnya.

1. Cari informasi tentang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi selengkap mungkin tentang perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut, mulai dari nomor whatsaap, alamat perusahaan, atau review perusahaannya.

Kamu bisa mendapatkan info tersebut situs resmi perusahan, teman, saudara, Google, ataupun Google Maps. Pokoknya harus sedetail mungkin, selain membantu kamu mengenali perushaan, kamu juga bisa menghindari penipuan lowongan pekerjaan melalui WhatsApp.

2. Siapkan semua berkas untuk melamar pekerjaan.

Setiap lowongan pekerjaan selalu menyertakan persyaratan untuk melamar pekerjaan, seperti CV, Surat Lamaran, Surat pengalaman kerja, SKCK, Scan Ijazah, Transkrip Nilai dan Pas Foto.

3. Menanyakan ketersediaan lowongan pekerjaan.

Tanyakan kepada perusahaan apakah, lowongan pekerjaan tersebut masih tersedia atau tidak. Jangan langsung mengrimkan semua berkas tapi ternyata lowongan tersebut sudah diisi oleh orang lain.

4. Contoh Teks atau Kata-kata Untuk Menanyakan Sekaligus Melamar Pekerjaan via WA

Bagi kamu yang belum pernah melamar pekerjaan via WA, berikut contoh kata-kata untuk menanyakan ketersediaan lowongan sekaligus melamar pekerjaan tersebut.

Contoh teks lamaran kerja via WA

Selamat Pagi,

Berdasarkan informasi dari situs shunt-magetan.org tertanggal 30 Januari 2021, PT Anu Sejahtera membuka lowongan pekerjaan di bidang Marketing dan Pemasaran. 

Perkenalkan Saya :
Nama : Rudi Irawan, S.Ikom
Alamat : Jl. Merapi 007, Magetan
Pendidikan : S1 Ilmu Komunikasi Univ. Magetan

Ingin menanyakan detail lowongan pekerjaan tersebut. Mohon kiranya Bapak/Ibu dapat memberikan penjelasan terkait lowongan pekerjaan dan persyaratan untuk melamar pekerjaan tersebut.
Atas pehatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.


Atau

Selamat Siang,

Melalui pesan ini saya ingin menanyakan perihal lowongan pekerjaan di PT. Anu Sejahtera sebagai Digital Marketing, sebagaimana yang dibuat di situs shunt-magetan.org.

Perkenalkan Saya :
Nama : Rudi Irawan, S.Ikom
Alamat : Jl. Merapi 007, Magetan
Pendidikan : S1 Ilmu Komunikasi Univ. Magetan

Ingin bertanya mengenail detail lowongan pekerjaan tersebut. Mohon seksiranya Bapak/Ibu dapat memberikan penjelasan deskripsi pekerjaan, persyaratan untuk melamar dan hal lain terkait pekerjaan tersebut.
Atas pehatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

5. Tunggu Jawaban dari perusahaan

Setelah menanyakan dan melamar pekerjaan, tunggu hingga perusahaan membalas pesan yang kamu kirim. Jika lowongan masih tersedia, kamu akan diminta mengirimkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan melamar pekerjaan.

6. Kirim Berkas Lamaran Pekerjaan

Setelah mendapatkan informasi, kamu buat berkas-berkas yang menjadi persyaratan melamar pekerjaan tersebut menjadi 1 file PDF.

Untuk membuatnya, Kamu bisa membaca cara membuat surat lamaran pdf yang pernah ditulis sebelumnya.

Demikian artikel tentang cara mengirim lamaran kerja via whatsapp, semoga bermanfaat.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment