Cara Foto Produk Makanan Agar Menarik dan Instagramable

Cara Foto Produk Makanan – Memotret makanan kini menjadi tren bagi masyarakat luas. Untuk menghasilkan gambar bagus, maka kita perlu benar-benar tahu bagaimana cara foto produk makanan yang baik. Pastikan hanya dengan foto, maka akan mampu membuat banyak orang merasa lapar.

Lewat foto kita juga bisa berbicara bahwa produk makanan tersebut betul-betul lezat. Untuk itu, kita perlu tahu bagaimana cara mengambil foto makanan yang pas. Bahkan tanpa maupun dengan flash kita tetap mampu membuat makanan tersebut tampak istimewa.

Teknik Dasar Foto Produk Makanan untuk Hasil Maksimal

Guna bisa menghasilkan foto produk makanan yang bagus, minimal kita perlu tahu tentang seperti apa tekniknya terlebih dahulu. Hanya ada tiga teknik dasar yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan foto produk makanan secara maksimal.

1. Bidik Makanan dari Agle Terbaik

Baca Juga :

Membidik makanan dari atas akan membantu kita untuk bisa menciptakan ketegasan dalam bentuk maupun warna dari makanan tersebut. Akan tetapi, usahakan tidak mengambil gambar dengan menampilkan full bagin piring dalam bingkai.

Cukup fokuskan saja bidikan kamera pada makanan. Tidak masalah jika harus membuat piring makanan terpotong. Lakukan teknik sederhana ini dan lihat bagaimana kamera bekerja untuk kita. Tentunya produk makanan akan mampu membuat lidah kian kemecer. Kita juga bisa mengambil angle dari sudut lain.

2. Pakai Latar Belakang Menarik

Latar belakang tentu menjadi aspek yang tidak kalah penting ketika melakukan pengambilan foto produk makanan. Walaupun foto hanya difokuskan kepada makanan saja, akan tetapi latar belakang bisa kian mempertegas hasil akhir nantinya.

Kita bisa memilih banyak sekali latar belakang yang sekiranya bisa mendukung hasil akhir foto produk makanan. Misalnya, pilih gambar latar belakang berupa dinding dengan bentuk dekorasi unik. Jangan lupa perhatikan juga bagian pencahayaan serta white balancenya.

3. Tambahkan Elemen Tertentu

Tidak ada salahnya memberikan tambahan elemen pada foto produk makanan. Secara tidak langsung hal tersebut akan memperindah hasil akhir foto nantinya. Berikan sentuhan elemen seperti benda mati layaknya pot atau vas bunga. Selain itu, kita juga bisa menambahkan elemen manusia.

Penambahan elemen tersebut tidak kalah bagusnya untuk hasil akhir. Misalnya, kita bisa mengambil foto dengan elemen manusia pada pose seseorang minum, makan, memotong makanan, menuangkan saus atau hendak menyantap makanan tersebut.

13  Cara Foto Produk Makanan untuk Hasil Bagus

Melakukan foto produk makanan ternyata bukan hanya baik sebagai dokumentasi dari makanan yang kita santap saja. Foto produk makanan juga bagus bagi kita yang ingin menjadi food blogger. Buatlah foto dengan bagus dan jadilah food blogger terbaik. Jangan lupa bagikan ke platform sosial media.

1. Buat Konsep Foto Makanan

Sebelum mulai mengambil foto makanan, hal penting yang perlu kita lakukan adalah membuat konsep terlebih dahulu. Gunakan berbagai macam elemen yang bisa mendukung konsep foto makanan tersebut sebaik-baiknya. Bila dirasa perlu, kita juga bisa menggunakan alat peraga dengan motif sederhana.

2. Perhatikan Komposisi Makanan

Walaupun teknik memotret yang kita gunakan sudah bagus, namun apabila belum menata makanan dengan baik tentu tidak bisa memberikan hasil memuaskan. Pastikan sebelum memotret kita sudah benar-benar memperhatikan komposisi makanan. Jangan tumpang tindih apalagi amburadul.

3. Hidangkan Makanan dengan Porsi Sedikit

Selain mengatur komposisi makanan untuk tidak tumpang tindih dan amburadul, maka kita juga bisa menghidangkan makanan dengan porsi sedikit. Dengan porsi makanan yang tidak banyak tentu akan mampu membawa orang-orang lebih fokus pada makanan tersebut dan mengabaikan yang lainnya.

4. Foto Makanan Saat Baru Disajikan

Memotret makanan ketika baru saja disajikan tentu bisa kian mendukung hasil akhir yang memuaskan. Terlebih lagi jika makanan tersebut sedang panas-panasnya. Misalnya, ketika memotret burger, hotdog, bakso, nasi goreng, soto dan sebagainya. Pasti hasilnya akan jauh lebih bagus sekaligus menggiurkan.

5. Perhatikan Detail Makanan

Saat memotret makanan, maka jangan sampai lupa fokus ke detail makanan. Semakin kita bisa fokus ke detail makanan, tentunya makanan tersebut akan terlihat kian menarik ketika difoto. Jauh lebih baik kalau kita menggunakan lensa kit. Manfaatkan lensa tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mengambil foto.

6. Perlihatkan Bahan Dasar dari Makanan

Hal lain yang tidak kalah penting ialah dengan memperlihatkan bahan dasar dari makanan tersebut ketika sedang memotret. Perpaduan dari makanan dan bahan dasarnya tentu akan sangat menyenangkan untuk dilihat. Misalnya, teh Thailand dengan menampilkan daun, bubuk teh dan sebagainya untuk bahan dasar.

7. Perhatikan Kondisi Pencahayaan

Untuk menghasilkan foto yang bagus, tentu kita membutuhkan kondisi pencahayaan cukup. Hal ini tentu tidak menampik fakta bahwa fotografi merupakan seni yang mengandalkan cahaya. Disarankan untuk menggunakan pencahayaan yang alami karena dinilai mempunyai hasil lebih bagus.

8. Perhatikan Background Foto

Gunakan background foto yang simpel dan cenderung tidak ramai. Hal ini sangat penting demi menghindari background yang jauh lebih menarik ketimbang makanan. Hindari penggunaan background dengan warna mencolok. Justru lebih baik gunakan warna netral dan senada dengan makanan tersebut.

9. Manfaatkan Angle Terbaik

Kita juga dapat memainkan angle guna menghasilkan foto produk makanan terbaik. Berkreasilah sebaik mungkin dan lihat bagaimana hasilnya. Ketika kita berani mengeksplor sudut pandang, tentu akan memberikan hasil bervariasi. Pastikan untuk terus fokus ke objek foto yang hendak diambil.

10. Berikan Space Foto

Ketika kita hendak memotret makanan, maka cobalah memberikan space pada bagian atas, bawah, kiri maupun kanan dari gambar. Cara ini perlu dilakukan bagi kita yang ingin menambahkan tulisan ketika melakukan proses editing. Misalnya, menambahkan nama menu makanan maupun quotes tertentu.

11. Manfaatkan lensa Bukaan Besar

Bagusnya lensa kamera yang kita miliki juga akan menentukan hasil akhir foto. Usahakan pakai lensa kamera dengan bukaan paling besar dari lensa yang kita miliki. Lensa bukaan besar rupanya bisa memberikan efek bokeh.Di samping itu, pastikan bisa memperoleh cahaya yang jauh lebih banyak.

12. Tentukan Posisi Pengambil Foto

Kita juga perlu menentukan posisi pengambilan foto. Pilihlah yang terbaik antara pengambilan foto secara portrait atau landscape. Jika merasa sulit menentukan posisi, maka bisa coba meletakkan makanan utama di bagian tengah frame. Hal ini juga bagus untuk menghindari cropping foto pada proses editing nantinya.

13. Pakai Teknik KKB

Teknik kanan kiri belakang atau KKB penting dipraktikan agar bisa mengambil foto makanan yang bagus. Kita bisa mengambil gambar menggunakan jarak sekitar 9 sentimeter dari kiri, 3 sentimeter dari kanan maupun 12 sentimeter dari belakang. Kita bisa mengubah jarak tersebut sesuai dengan pencahayaan.

Baca Juga :

Cara foto produk makanan memang perlu dicermati dengan baik, khususnya ketika kita ingin menjadi seorang food blogger. Setidaknya minimal kita harus menguasai teknik dasar untuk memotret makanan. Hal ini akan membantu kita untuk menghasilkan foto menarik sekaligus terlihat sangat lezat.

Leave a Comment