Nih 10 Cara Foto Produk Baju Yang Bikin Jaulanmu Laris Manis

Foto produk yang dipasang melalui toko online berperan penting untuk menunjang bisnis online yang kita miliki. Misalnya, foto produk baju. Untuk memberikan suguhan visual yang membuat banyak pengunjung tertarik dan berminat membeli, tentu kita perlu tahu bagaimana cara foto produk baju.

Foto produk baju yang bagus ternyata juga banyak memberikan dampak positif bagi bisnis yang kita jalani. Selain mampu menarik banyak pengunjung untuk membeli produk tersebut, foto produk juga bagus untuk membangun identitas brand. Kita juga bisa menjaga loyalitas dari para customer.

10 Cara Foto Produk Baju yang Bagus

Demi bisa mendapatkan foto produk baju yang bagus, kita harus menggunakan cara yang tepat. Dengan foto yang bagus tentu akan mampu menarik banyak konsumen untuk membeli produk baju tersebut. Yuk, terapkan beberapa cara berikut.

1. Perhatikan Kerapihan Baju

Impresi pertama untuk membeli baju ada pada penampilannya. Baju yang rapih dan sedap dipandang tentu lebih banyak disukai ketimbang yang kusut. Untuk itu, kita perlu benar-benar memperhatikan detail hal ini. Bila perlu kita bisa menyetrika baju tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga :

Baju yang rapih tentu tidak membuat kita kembali repot untuk melakukan editan menggunakan photoshop. Untuk menjaga baju tetap terus rapih selama proses pemotretan, maka kita dapat memanfaatkan lift roller.

2. Gunakan Bantuan Manekin 

Manekin bisa kita gunakan untuk menghasilkan foto produk baju yang bagus. Kita bisa menggunakannya setengah maupun full badan bergantung dengan kebutuhan. Manekin begitu dianjurkan untuk dipakai karena untuk menunjukkan kesesuaian bentuk baju tersebut kepada calon pembeli sebaik-baiknya.

Di samping itu, penggunaan manekin juga baik untuk menjadikan calon pembeli agar bisa membayangkan bahwa dirinyalah yang sedang memakai baju tersebut. Penggunaan manekin juga bisa membuat hasil foto nantinya terlihat semakin profesional.

3. Gunakan Model

Selain menggunakan manekin, kita juga bisa memanfaatkan model untuk mengenakan produk baju tersebut. Gunakan model yang cocok dengan bajunya. Produk yang terlihat pas untuk model akan membuat produk baju tersebut semakin terlihat baik di mata calon pembeli.

Penggunaan model yang memudahkan kita untuk memberikan arahan pose. Model bisa melakukan banyak pose sementara kita melakukan pengambilan gambar dengan menggunakan berbagai macam angle terbaik.

4. Pilih Kamera Terbaik

Untuk menghasilkan foto produk baju yang bagus, kita tentu perlu memilih kamera terbaik. Setidaknya carilah kamera dengan sensor gambar yang baik, memiliki ISO tinggi serta autofocus begitu cepat. Tentu resolusi tinggi dalam pembuatan foto produk sangatlah penting dilakukan.

Kita bisa menggunakan kamera DSLR untuk bisa menciptakan foto produk yang memuaskan. Misalnya, Nikon D800, Nikon D600, Nikon D7100, Canon EOS 5D Mark III, Canon EOS 6D, Canon EOS 70D, Sony Alpha A99 dan sebagainya.

5. Siapkan Set Pencahayaan

Pencahayaan dalam foto produk sangat penting dilakukan. Akan tetapi, mengatur pencahayaan untuk kegiatan fotografi tersebut juga membutuhkan skill tersendiri. Kita bisa memanfaatkan pencahayaan alami demi hasil foto yang bagus. Selain itu, kita juga dapat menggunakan bantuan ring light.

Hal tersebut bisa dilakukan apabila pencahayaan alami tidak bisa masuk ke ruangan tempat mengambil foto. Bila perlu pakai juga tripod untuk mendapatkan foto terbaik, sempurna dan tentunya profesional. Kita juga bisa mengambil foto produk pada malam hari asalkan menggunakan mini studio memadai.

6. Perhatikan Gambar Latar Belakang

Memilih gambar latar belakang sangat penting dilakukan. Hal ini bukan hanya dianjurkan untuk foto produk yang diunggah ke halaman sosial media saja, melainkan juga untuk keperluan promosi lain. Contohnya, promosi pamflet, website, banner, katalog dan sebagainya.

Jika kita memilih bambar latar belakang yang netral atau polos, maka hal tersebut akan membuat hasil foto nampak semakin elegan dan profesional. Selain itu, konsumen juga akan lebih berfokus kepada produk. Kita juga bisa menempatkan gambar latar belakang dengan aksen yang senada dengan produk.

7. Atur Posisi Kamera dan Berkenalan dengan Tren

Setelah mempersiapkan produk, kamera, model maupun background berikutnya kita bisa langsung mulai mengatur posisi kamera. Aturlah posisi kamera dengan baik untuk menghasilkan foto produk yang bagus. Pakai juga tripod yang kita miliki untuk lebih bisa memaksimalkan hasil akhir.

Kenali juga tren foto yang sedang berkembang saat ini. Kita dapat mengetahui referensi foto produk yang baik dengan menjelajah ke berbagai platform sosial media keren saat ini. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan sebagainya.

8. Perhatikan Pengambilan Foto dari Banyak Sudut

Berikutnya kita perlu benar-benar memperhatikan pengambilan foto dari berbagai sudut. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memperoleh dimensi yang begitu sempurna. Jangan takut untuk terus melakukan eksperimen demi bisa mendapatkan angle yang cocok dan sesuai dengan produk baju tersebut.

Sebagai saran, cobalah terapkan teknik flat lay untuk menghasilkan foto produk baju terbaik. Teknik ini bersifat timeless serta sangat mudah diterapkan. Hanya perlu sedikit saja kreativitas sehingga bisa memberikan hasil foto terbaik. Lalu, seperti apa caranya?

  • Gunakan latar belakang menggunakan warna netral untuk lebih menonjolkan produk baju tersebut. Hal ini juga akan membuat produk baju kian terlihat outstanding sehingga tidak menjadikan pembeli merasa pusing.
  • Pakai aksesori sekaligus elemen tambahan yang relevan dengan produk tersebut. Misalnya, kita sedang mengambil gambar produk kemeja. Kita bisa menambahkan unsur kacamata, atau jam tangan untuk hasil foto yang lebih menarik.
  • Pastikan pencahayaan cukup memadai untuk melakukan sesi fotografi.
  • Usahakan terus menonjolkan produk utama. Maka dari itu, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan.

9. Perhatikan Detail Ukuran Produk

Ketika kita melakukan pengambilan foto produk, maka hal lain yang tidak kalah penting ialah dengan memperhatikan detail ukuran produk tersebut. Detail produk sangat penting guna menggambarkan bagaimana mutu dari produk baju tersebut.

Misalnya, kita ingin mengambil foto produk tentang outer. Maka dari itu, kita bisa meletakkan inner di dalam outer tersebut sehingga calon pembeli bisa tahu bahwa mereka bisa melakukan mix and match dengan produk outer tersebut sesuka hati. Mainkan saja ide tanpa batas.

10. Lakukan Editing

Terakhir, jika sudah selesai melakukan foto produk maka dapat langsung melakukan proses editing. Meskipun hal ini tidak termasuk wajib, akan tetapi dengan memberikan sentuhan akhir pada proses editing tentu diharapkan akan mampu memberikan hasil foto yang lebih bagus.

Penting sekali bagi kita agar tidak berlebihan dalam melakukan proses editing foto. Editing foto yang berlebihan tentu hanya akan membuat calon pembeli merasa kecewa. Apalagi jika produk di foto tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Jangan sampai kita mendapatkan feedback buruk dari para konsumen.

Baca Juga :

Cara foto produk baju sebenarnya tidak jauh berbeda dengan produk lain. Hanya saja, kita perlu benar-benar mencermati elemen apa saja yang bisa membuat foto produk tersebut semakin terlihat menarik. Selain peran serta kerapihan baju, kamera yang bagus juga penting. Jika sudah, ambilah angle terbaik!

Leave a Comment

Baca Al Qur'an Online