Cara Cek VGA Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan, Gak Pake Ribet!

Cara cek vga laptop ternyata mudah dilakukan. Caranya tidak jauh berbeda jika mengecek di komputer. Bahkan, kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Mengecek komponen-komponen dalam laptop sebaiknya sering dilakukan. Apalagi jika kamu berniat untuk memasang aplikasi atau program yang memakan space besar.

Hal ini dilakukan agar komponen di dalamnya awet. Jangan sampai, laptop yang kamu punya rusak atau terganggu performanya akibat terlanjur menjalankan aplikasi dan program di luar batas kemampuannya.

Seperti yang kita tahu, aplikasi yang diinstall tentu memiliki spesifikasi minimal yang harus dipenuhi laptop atau komputer. Disarankan untuk tidak memaksakan diri memasang aplikasi dan menjalankan program yang terlalu berat.

Pengecekan yang perlu dilakukan biasanya pada kapasitas ram yang tersisa, tipe prosesor, jenis kartu grafis atau VGA (Video Graphics Array), dan versi windows yang terpasang.

Cara Cek VGA Laptop

Image Attachment

1. Melalui Menu Settings

Cara cek vga laptop paling mudah dilakukan adalah dengan membuka menu settings atau pengaturan pada laptop. Kamu bisa pilih menu system dan cari display. Pada halaman bagian bawah display, klik menu advanced display settings. Keterangan VGA laptop ada pada kolom display 1.

2. Menggunakan Menu Dxdiag

Cara cek vga laptop kedua dengan menggunakan menu dxdiag yang sangat mudah dilakukan. Caranya adalah:

  1. Cari menu windows baik melalui keyboard atau layar. Pada search bar, ketikan Run lalu tekan tombol Enter
  2. Jika kamu bingung, bisa gunakan shortcut dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan.
  3. Lalu, akan muncul menu pencarian, kamu bisa ketikan dxdiag kemudian tekan tombol enter atau ok.
  4. Setelah menu Windows DirectX Diagnostic Tools terlihat, pilih tab Display guna mengetahui spesifikasi teknis dari kartu grafis VGA atau GPU (Graphic Processing Unit) yang digunakan pada laptop atau komputer.

3. Melalui Task Manager

Langsung saja, cara mengetahui vga laptop melalui task manager dengan mengeklik kanan di bagian kosong taskbar bawah. Lanjut pilih “task manager”. Lalu, klik bagian performance dan pilih GPU. Keterangan model VGA laptop ada di sebelah kanan tulisan “GPU”.

4. Melalui Device Manager

Cara cek vga laptop keempat tak kalah gampangnya. Kamu masuk ke menu start lalu isi search bar dengan mengetikan kata “display manager” lalu pilih “display adapters”. Di bawah tulisan “display adapters” kamu akan menemukan keterangan model VGA pada laptopmu.

5. Menggunakan Aplikasi Speccy

Cara berikutnya, kamu dapat menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi Speccy dapat digunakan untuk mengecek VGA laptop. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis dan tersedia pilihan untuk profesional, bisnis, dan teknisi.

Bukan cuma mengecek kartu grafis laptop, tetapi juga bisa digunakan untuk mengecek prosesor, sistem operasi, RAM penyimpanan, hingga hard drive laptop.

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan Speccy, jangan khawatir tidak bisa menggunakannya. Aplikasi Speccy tergolong user friendly sehingga mudah menggunakannya. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah ringan, kamu hanya perlu menyediakan storage penyimpanan 5 mb.

Langsung saja, cara cek VGA laptop menggunakan Speccy sebagai berikut:

  1. Setelah berhasil menginstall Speccy, kamu bisa langsung buka aplikasi tersebut.
  2. Saat kamu buka pertama kali, kamu langsung dihadapkan pada informasi spesifikasi laptop yang kamu pakai seperti Grafik, CPU, sistem operasi, dan RAM.

6. Menggunakan GPU-Z

Cara cek vga laptop berikutnya adalah dengan menggunakan GPU-Z. Sama dengan aplikasi sebelumnya, GPU-Z dapat didownload gratis dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Kelebihan dari GPU-Z antara lain dapat digunakan untuk mengecek ukuran chipset, nama VGA atau kartu grafis, tipe dan jenis memori, ukuran chipset, dan nama GPU yang tertanam.

  • Seperti biasa, yang perlu kamu lakukan pertama adalah menginstall aplikasi GPU-Z
  • Langkah kedua, kamu bisa langsung membuka aplikasi GPU-Z.
  • Tak perlu bingung karena kamu akan langsung diperlihatkan dengan informasi spesifikasi laptop seperti tipe dan ukuran memori, nama VGA, tanggal rilis, dan nama GPU.

Tips Merawat VGA Laptop dan Komputer

VGA merupakan komponen yang penting dalam sebuah laptop maupun PC. Harga VGA pun tergolong mahal. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat kartu VGA agar tidak rusak.

1. Jaga Suhu VGA

Kartu VGA perlu dijaga salah satunya dalam hal suhu. Jangan biarkan VGA mu rusak karena kepanasan.

Caranya, kamu bisa membeli fan eksternal untuk diletakkan di bawah laptop. Jangan lupa untuk sering membersihkan debu yang menempel pada fan eksternal. Hal ini dimaksudkan agar debu yang menempel tidak beterbangan dan masuk ke dalam laptop. 

Selain itu, untuk menjaga suhu VGA, jangan memaksa laptop untuk menjalankan tugas berat secara bersamaan. Apalagi dalam jangka waktu lama dan terus menerus.

2. Update Driver VGA

Cara kedua untuk menjaga kualitas VGA adalah dengan mengupdate driver VGA dengan versi terbaru. Ini dilakukan agar sistem tetap stabil dan optimal.

3. Jangan Sering Lepas Pasang Kartu VGA

Kamu disarankan untuk tidak sering melepas pasang kartu VGA. Tujuannya, untuk menghindari hal buruk seperti VGA rusak atau patah.

4. Pakai Thermal Paste (Pasta Pendingin)

Selain menggunakan fan eksternal, kamu juga bisa menggunakan pasta pendingin untuk menjaga suhu VGA. Perlu kamu perhatikan, untuk memasang thermal paste tidak bisa sembarangan waktunya.

Pakai pasta pendingin saat masa garansi VGA sudah habis. Pasalnya, klaim garansi akan hangus jika kamu membongkar VGA untuk memakai pasta pendingin.

Tags:

Baca Juga

Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
Cara Menyelesaikan Pertanyaan Akar Kuadrat Kompleks Pada ASVAB:
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
5 kompresor PDF terbaik untuk mengurangi ukuran pdf pada tahun 2022
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDORANSEL: Produsen Tas Ransel Pilihan Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
INDOBLACU: Produsen Tas Souvenir Terbaik Masa Kini
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya
Pameran Seni Rupa: Pengertian, Fungsi, Tujuan & Istilah-istilahnya