Bagaimana Cara Cek VGA Komputer dengan Mudah? Berikut Penjelasannya!

Cara cek VGA Komputer merupakan salah satu cara untuk mengetahui spesifikasi dari sebuah computer.

Ya, pada beberapa situasi tertentu kamu memang perlu mengetahui spesifikasi dari computer yang kamu miliki. Sebagai contoh, ketika kamu akan menjalankan berbagai aplikasi berat seperti game, editor video, atau yang lainnya. Untuk hal ini kamu perlu mengetahui spesifikasi komputermu untuk menentukan kemampuan dari computer itu sendiri.

Sebelum membahas bagaimana mengecek VGA computer, sebaiknya kita bahas dulu apa sih VGA itu. VGA atau video Graphy Array merupakan sebuah hardware yang berperan dalam pemrosesan informasi grafis pada computer.

Untuk kamu yang belum tahu, VGA memiliki beberapa fungsi untuk perangkat seperti computer ataupun laptop. Fungsi dari VGA yaitu untuk memperhalus serta mempertajam tampilan, menampilkan game yang berkualitas, menampilkan kombinasi warna yang lebih tajam, menampilkan gambar ataupun video yang terang dan tajam, dan sebagainya.

Baiklah, setelah mengetahui sekilas mengenai VGA, yuk langsung saja kita bahas mengenai cara mengecek VGA computer yang kamu punya.

Cara Cek VGA Komputer Dengan Mudah

Image Attachment

Cara cek VGA computer biasanya sama saja untuk setiap komputernya. Untuk mengetahui jenis VGA pada suatu computer, kamu tidak bisa melihatnya secara fisik, kecuali apabila membongkar dan melihat komponennya satu persatu.

Cara cek VGA computer dengan membongkar tentu akan sangat repot. Karena itulah kami akan berbagi beberapa cara untuk mengetahui jenis VGA yang digunakan computer tanpa harus membongkarnya. Mau tahu kan bagaimana caranya? Jangan skip pembahasan berikut ya.

1. Cara Cek VGA Komputer Melalui settings

Cara cek VGA Komputer yang pertama adalah cara cek VGA yang paling mudah dan simple. Hal itu karena cara pertama ini tidak memerlukan aplikasi tambahan dan tidak memakan banyak waktu. Baiklah ini dia caranya:

  • Buka “Settings” pada computer dengan cara mengklik tombol Windows + I.
  • Setelah itu, klik “System’.
  • Sekarang kamu berada pada bagian Display secara default.
  • Klik “Pengaturan Lanjutan”.
  • Disanalah kamu akan melihat beberapa informasi, termasuk jenis VGA nya.

2. Cara Cek VGA Komputer Melalui Task Manager

Selain melalui Settings, cara cek VGA Komputer yang mudah juga dapat dilakukan melalui task manager. Cara ini juga tidak kalah simple dari cara melalui Settings. Okelah, ini dia step by stepnya:

  • Klik kanan pada taskbar di computer kamu.
  • Selanjutnya silakan klik “Task Manager”.
  • Apabila diperlukan, silakan pilih opsi “more details”.
  • Setelah itu, kamu perlu beralih ke tab “performance”.
  • Pada bagian tersebutlah akan ditampilkan sejumlah informasi spesifikasi komputermu. Untuk melihat jenis VGA, kamu bisa melihatnya di bagian kanan atas.

3. Cara Cek VGA Melalui DXDIAG Windows

Dxdiag merupakan tempat dimana kamu bisa melihat sebagian dari spesifikasi komputermu. Disana kamu bisa melihat jumlah RAM, jenis processor, dan hal lainnya termasuk VGA. Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara cek VGA computer adalah sebagai berikut.

  • Pertama, silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard mu.
  • Setelah muncul tampilan “run”, silakan ketikan “dxdiag” dan tunggu hingga muncul DirectX Diagonistic Tool.
  • Setelah muncul, kamu bisa masuk ke menu “Display”. Disana kamu sudah bisa melihat jenis VGA yang digunakan pada komputermu, yaitu pada bagian “Name” yang tertera di urutan paling atas.

4. Cara Cek VGA Komputer Melalui GPU-Z

Cara cek VGA Komputer selanjutnya yaitu melalui GPU-Z. GPU-Z merupakan sebuah software yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi computer, termasuk melihat jenis VGA nya.

Untuk menggunakan GPU-Z ini, kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu dan melakukan instalasi pada komputermu. Baiklah, ini dia langkah-langkah untuk mengecek jenis VGA melalui GPU-Z.

  • Yang harus dilakukan pertama kali yaitu mengunduh GPU-Z nya terlebih dahulu. Untuk proses pengunduhannya, kamu bisa gunakan link download yang ada di browser.
  • Setelah GPU-Z terunduh, silakan lakukan instalasi GPU-Z terlebih dahulu.
  • Disana kamu akan diberikan dua pilihan, yakni menginstall GPU-Z atau langsung membukanya. Silakan klik dua kali pada file yang kamu unduh, dan pilih Yes apabila ingin melakukan instalasi pada file yang diunduh, dan pilih Close apabila ingin membuka tanpa menginstall.
  • Setelah GPU-Z terbuka, kamu akan ditampilkan spesifikasi VGA komputermu. Disana akan diberikan spesifikasi lengkap tentang computer dan VGA yang digunakannya. Untuk jenis VGA nya, bisa kamu lihat pada bagian “Name” di urutan teratas.

5. Cara Cek VGA Komputer Menggunakan Speecy

Aplikasi lain yang busa kamu gunakan untuk mengetahui jenis VGA yang digunakan pada komputermu adalah aplikasi Speecy. Apabila dibandingkan dengan Dxdiag ataupun GPU-Z, aplikasi speecy ini adalah aplikasi yang paling lengkap.

Cara cek VGA Komputer menggunakan Speecy juga tidak terlalu sulit karena desain aplikasi Speecy yang mudah digunakan. Oke, ini di cara atau langkah-langkah yang mesti kamu lakukan untuk mengecek VGA computer melalui Speecy.

  • Sama seperti GPU-Z, yang pertama kamu lakukan adalah mendownload dan menginstall aplikasi Speecy terlebih dahulu.
  • Setelah itu, ketikan “speecy” pada kolom pencarian Komputer lalu klik “Enter”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses analyzyng selesai.
  • Apabila prosesnya sudah selesai, kamu akan ditampilkan berbagai informasi seperti RAM, Processor, sistem operasi, VGA, dan hal lainnya melalui jendela Speecy.
  • Disana kamu akan melihat opsi “Graphics” di bagian kiri. Pilih opsi tersebut untuk melihat info mengenai VGA.
Tags:

Baca Juga

20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
20+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik, Baik dan Benar [WORD] 2022
permainan kelompok, game kelompok, games kelompok, permainan outbound, outbound games, permainan team building dalam ruangan, permainan kelompok dalam ruangan, permainan indoor team building, games teamwork, team building activities, team building games indoor
10 Permainan Outbound untuk membentuk Kerjasama Kelompok
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Empek-Empek Ikan Tenggiri, Camilan yang Mengenyangkan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Resep Oseng Cumi Tomat Pete, Masakkan Mudah Penggugah Selera Makan
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo, Cocok Untuk Melengkapi Nasi Gudeg
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga
Resep Camilan Kentang Keju Kopong, Camilan Sederhana yang Cocok untuk Kumpul Bersama Keluarga