Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil yang Mudah dan Efektif

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil – Saat ini ikan gurame di pasar sekarang makin hari makin bertambah. Hal Ini mengakibatkan harga ikan gurame semakin naik sehingga tidak semua orang sanggup membelinya. Akan tetapi ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini, terlebih bagi Anda yang mempunyai modal kecil.

Cukup dengna memanfaatkan tempat atau ruang yang sempit dan Andapun bisa menikmati daging ikan gurame yang renyah dan nikmat. Triknya adalah dengan membuat budidaya ikan gurame di kolam kecil, misalkan saja di area pekarangan rumah Anda.

Manfaatkan Pekarangan Rumah, Langkah Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Selain dapat digunakan sebagai lauk untuk keluarga, Anda juga bisa menjual ikan gurame ke tetangga, pasar atau warung makanan yang ada di dekat rumah Anda. Pada artikel ini kita akan mengulas tentang cara gampang dalam membudidayakan ikan gurame di kolam kecil, dan berikut caranya:

Tentukan Tipe Kolam Budidaya Ikan Gurame

Hal pertama kali yang harus Anda kerjakan ialah menentukan tipe atau sistem kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan gurame. Untuk pengerjaan kolam kecil ini Anda dapat memakai sistem kolam terpal, kolam tembok atau akuarium sebagai media budidaya ikan gurame.

Baca Juga :

Tentukan tipe kolam yang sesuai situasi dan kondisi disekeliling area pengerjaan kolam. Jangan lupa perhitungkan juga anggaran yang Anda butuhkan dan yang Anda miliki.

Pilih Posisi atau Tempat Budidaya yang Pas

Budidaya ikan gurame di kolam kecil memang mungkin untuk dilakuakn akan tetapi seharusnya diperhatikan posisi dan tempat budidaya yang tepat. Bagian ini benar-benar perlu diperhatikan supaya proses perkembangan ikan gurame bisa lebih cepat. Masalahnya ada persyaratan terkait tempat kolam ikan yang baik untuk budidaya ikan gurame.

Misalkan, kolam ikan gurame harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup supaya ikan gurame dapat tumbuh dengan maksimal. Selanjutnya, adalah soal temperatur (suhu) kolam yang harus juga konstan, yakni seputar 25 derajat sampai 28 derajat celcius.

Biasanya kolam kecil mempunyai temperatur yang panas bila terserang cahaya matahari langsung. Jika temperatur kolam sangat tinggi dan tidak ada tempat lain selain itu, sebaiknya tanamlah pohon-pohon supaya cahaya matahari tidak langsung masuk di kolam.

Atau, bisa juga masukkan eceng gondok ke kolam. Alternatif lain, menempatkan jala hitam untuk menepis/mengurangi cahaya matahari supaya tidak langsung masuk di kolam.

Ke-3 cara diatas dapat diterapkan supaya kolam budidaya ikan gurame Anda mempunyai temperatur yang ideal.

Kualitas air juga penting ketika Anda ingin budidaya ikan gurame di kolam kecil. Kualitas air harus bersih, sesuai pH yang disarankan yaitu 6.5-8, dan harus bebas dari sampah apa saja. Dengan demikian, hindari pengerjaan kolam yang berdekatan dengan sumber pencemaran yang merusak kualitas air, seperti tempat sampah atau kandang hewan.

Proses Pengerjaan Kolam

Setelah menentukan kolam, tahap berikutnya adalah membuat jalan untuk masuknya air bersih dan membuat aliran pembuangan air kotor. Bila Anda memakai media terpal, tempatkan pemberat seperti batu bata pada bagian tepi kolam supaya tidak gampang berubah.

Disamping itu, Anda harus menggemburkan tanah lebih dulu jika Anda tidak mau memakai material seperti beton. Sesudah menggemburkan tanah, lapisi tanah dengan terpal, dan memupuknya.

Ukuran terpal harus disesuaikan dengan tempat yang Anda miliki. Misalkan, yakni ukuran 6×10 m. dengan kedalaman 1 m.

Kolam kecil yang telah Anda buat harus dijemur lebih dulu saat sebelum diisi air. Janganlah lupa untuk menaburkan garam grasak untuk menahan munculnya jamur pada kolam.

Siapkan Benih Ikan Gurame

Saat kolam telah diisi air dan siap untuk dipakai, cara selanjutnya ialah mempersiapkan benih ikan gurame.

Untuk benih ikan gurame sendiri, Anda dapat membeli pada peternak ikan atau beberapa pedagang yang khusus menjual bibit ikan. Pastikan benih ikan gurame yang Anda membeli ialah benih ikan gurame dari bibit unggul dan pada keadaan sehat.

Selanjutnya, pastikan ukuran benih ikan gurame berkisar 5 cm supaya memiliki ketahanan hidup yang lebih bagus. Masalahnya benih ikan gurame yang ukuran terlampau kecil biasanya lebih peka atau rawan mati, sehingga cukup susah untuk dibudidayakan, ditambah lagi ini di kolam kecil.

Tebar Benih Ikan Gurame

Setelah itu sebar benih. Ada langkah tertentu untuk masukkan benih ikan gurame yang aman pada kolam pembibitan yang siap. Yaitu, persiapkan bejana atau wadah berisi air bersih dan masukan benih ikan pada bejana itu lebih dulu lebih kurang 15 menit sebelum dimasukan ke kolam.

Selanjutnya masukan benih itu ke kolam bersama sama air dalam bejana. Tujukan adalah supaya benih ikan dapat menyesuaikan diri dengan temperatur air yang ada di kolam kecil yang Anda buat.

Berikan Pakan Berkualitas Secara Teratur

Sesudah proses perpindahan usai, yang perlu Anda cari ialah tipe pakan yang akan diberi ke benih ikan gurame. Anda dapat memberi pelet atau pakan alami yang tambah murah.

Misalkan saja daun kangkung, tauge dan daun keladi. Pemberian pakan yang bagus ialah 2x dalam satu hari tiap sore dan pagi hari. Untuk banyaknya pakan yang diberi ialah berkisar 10% dari keseluruhan berat badan benih ikan gurame.

Selanjutnya, bila ikan gurame mulai besar, dapat diberi daun talas, daun singkong, daun pepaya, dan lain-lain.

Disamping itu, Anda juga bisa memberikan pakan selingan yang bagus dan bergizi untuk perkembangan ikan gurame, seperti bungkil kedelai, ampas tahu, dan dedek. Tetapi, tetap peletlah paling dianjurkan karena sanggup penuhi kebutuhan nutrisi ikan gurame.

Perawatan Kolam

Tahap selanjutnya yang perlu Anda kerjakan ialah menjaga kolam itu dengan baik. Caranya dengan pemberian pakan dengan teratur, jaga kebersihan air kolam, memeriksa temperatur air, memberi gizi tambahan dan menukar air kolam dengan teratur.

Biasakan mengganti air kolam dengan teratur, ini bermanfaat supaya ikan gurame tidak mengalami keracunan. Bila anda memakai terpal, jangan sampai lupa untuk membersihkannya dengan teratur supaya tidak ada endapan bahan organik yang bisa memengaruhi kualitas air kolam entah itu sisa pakan ataupun kotoran ikan gurame itu sendiri.

Selanjutnya, bila memakai kolam tembok atau beton kecil, Anda harus mengganti air kolam sekitar satu atau 2x dalam seminggu. Penggantian air kolam akan efisien jika Anda mengganti air sekitar 30% dari air yang berada di kolam. Selanjutnya, jangan sampai lupa untuk selalu mengecek pH air kolam supaya gurame dapat tumbuh dengan maksimal.

Jika memakai kolam tanah untuk budidaya ikan gurame, lihat volume air pada kolam. Masalahnya jika di kolam tanah air bisa rembes pada tanah hingga kolam bisa saja kekurangan air. Selanjutnya, cek warna kolam, bila airnya terlihat kotor sebaiknya segera diganti dengan air yang baru.

Memanen Hasil Budidaya Ikan Gurame di Kolam Kecil

Di Indonesia, ikan gurame terhitung ikan dengan komoditas paling tinggi, yakni seputar 68.15%, melewati lele, patin, dan nila. Karena itu tidaklah aneh bila beberapa orang ikut serta membudidayakan ikan gurame. Tetapi, bila Anda ingin budidaya ikan gurame di kolam kecil hanya untuk keluarga saja juga tidak masalah alias tidak menjualnya.

Yang perlu Anda ketahui adalah Periode panen ikan gurame itu sendiri, periode panen umumnya ialah delapan bulan dan pastikan ukuran ikan gurame siap panen sebesar telapak tangan. Namun, untuk konsumsi individu, Anda dapat memanen ikan gurame kapan pun Anda mau. Yang penting ialah cara memanennya.

Cara memanen ikan gurame sebaiknya memakai jala lembut supaya tidak menghancurkan sirip ikan. Ini sangat perlu diperhatikan sebab ikan gurame yang ada dipasar selalu segar dan dengan cara tersebut kwalitas ikan gurame tidak turun. Meskipun, untuk memanen ikan gurame bisa juga dilakukan dengan menggunakan tangan dengan cara mengusungnya secara perlahan-lahan dan berhati-hati.

Baca Juga :

Dengan memakai cara budidaya ikan gurame di kolam kecil, Anda dapat manfaatkan tempat sempit yang Anda punyai. Dengan ini juga Anda bisa nikmati sedapnya daging ikan gurame saat periode panen datang.

Leave a Comment

Baca Al Qur'an Online