Tips Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Belajar bahasa inggris bisa dibilang susah-susah gampang, gampang karena bahasa merupakan sebuah kebiasan, seperti halnya kita bisa bicara saat ini karena kita biasa menggunakannya. Jadi Asalkan kita menggunakan bahasa inggris setiap hari lama kelamaan kita kan bisa dengan sendirinya.

Namun Susahnya dari bahasa inggris adalah tidak setiap orang yang ada dilingkungan kita bisa bahasa inggris. Sehingga mau dipraktikan setiap hari juga sulit, mungkin kita bisa ngomong, tapi tidak ada yang mengoreksi ketika ada salah.

Nah ditulisan ini terdapat beberapa tips yang bisa kita pakai untuk mengasah kemampuan berbahas inggris agar proses belajar menjadi lebih cepat.

Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Berikut ini adalah tips yang bisa kita lakukan untuk mempercepat proses belajar bahasa inggris.

1. Pelajari Materi Dasar Untuk Belajar Bahasa Inggris

Sebelum melangkah lebih jauh untuk belajar bahasa inggris, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari materi dasar untuk belajar bahasa inggris. Sehingga kita tau tahapan apa saja yang harus kita lalui agar kita bisa belajar bahasa inggris dengan mudah.

Baca Juga: Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

2. Belajar Bahasa Inggris dengan Menonton Film

Belajarlah bahasa inggris melalui film sangatlah bagus, selain bisa melihat ekspresi, intonasi, pelafalan kita juga bisa menebak-nebak apasih maksud perkataan yang diucapkan difilm tersebut.

Ditambah lagi mencari film yang bagus tidaklah sulit sudah ada youtube, facebook video, dan aplikasi-aplikasi film seperti disney dan netflix yang sangat mudah kita akses, tinggal dicoba saja.

3. Membuat Kamus/Catatan Berisi Kosakata

Rajinlah membuat sebuah catatan berisi Kosakata dalam bahasa inggris berikut terjemahannya dalam bahasa indonesia. Catatan tersebut bisa kita bawa kemana-mana untuk kita hafalkan jika perlu catatan tersebut kita tempel ditempat-tempat yang sering kita kunjungi agar kita mudah menghafalnya.

Kenapa harus dihafal? Kosakata merupakan bagian paling dasar dari sebuah bahasa. Tanpa kosakata kita tidak akan bisa berkata-kata, karena kita tau mau berkata apa. Makanya di tahapan awal kita wajib belajar vocabolary dimana kita akan diminta untuk menghafal banyaklah dalam bahasa inggris.

4. Tambahkan Kosakata Baru Setiap Hari

Tips yang keempat adalah terus menambah kosakata baru setiap harinya. Kosakata sangatlah banyak. Misalkan saja, Angka, nomor, jam, waktu, nama hewan, anggota tubuh, nama perabotan rumah dan sebagainya. Jika kita lahap dalam sehari pasti tidak akan mungkin.

Jadi cara terbaik adalah menambahkannya setiap hari, misalkan saja sehari menghapal 10 kata dalam bahasa inggris beserta artinya. Maka dalam satu tahun kita sudah menghafal 30 ribu kata.

5. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris dan Menulis Liriknya

Selain menonton film, belajar bahasa inggris bisa melalui sebuah lagi, carilah lagi-lagi berbahasa inggris yang popular dan enak didengar. Hafalkan liriknya, kemudian tulis liriknya dari apa yang didengar, kemudian cocok lirik aslinya.

Jika sudah cocok atau benar, selanjutnya bisa kita artikan kedalam bahasa indonesia. Meski beberapa lagu kalau diterjemahkan dalam bahasa indonesia kadang aneh tapi tidak masalah, setidaknya Vocabulary kita bertambah dan kita tau maksud lagu tersebut.

6. Rajin-Rajin Berbicara dengan Orang Asing

Tips ke 6 ini mungkin terdengar sulit karena harus mencari orang Asing dan harus orang yang berbahasa inggris. Tapi sebenearnya tidak. Dalam postingan 5 Aplikasi belajar bahasa inggris terdapat satu aplikasi bernama HelloTalk yang memungkinkan kita untuk berbicara dengan orang Asing.

7. Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Gunakan aplikasi-aplikasi pendukung yang bisa kita unduh secara gratis di playstore maupun di Appstore. Sekarang teknologi sudah canggih jadi jangan disia-siakan. Kita bisa menggunakan Aplikasi seperti Duolinggo, Cake dan sebagainya.

8. Bentuk atau Cari Komunitas Yang Aktif Menggunakan Bahasa Inggris

Tips ke 8 adalah berkumpul dengan orang-orang yang sedang belajar bahasa inggris, konsep dasarnya adalah belajar bersama, dengan berada dikomunitas kita dapat belajar bahasa inggris setiap hari selain itu ketika ada kalimat yang salah ada yang mengkoreksi sehingga tidak terlarut dalam kesalahan.

Disana kita juga akan terus belajar dan mendapatkan hal-hal baru tentang belajar bahasa inggris secara simultan dan terarah.

9. Jangan Takut Salah Saat Belajar Bahasa Inggris

Tips yang terakhir adalah jangan takut salah, mau salah ucap, salah ngomong, salah tata bahasa mau bahasanya campur-campur udah cuek aja, karena itu adalah proses yang perlu kita lewati saat belajar bahasa inggris, itu wajar dan proses tersebut pasti dilalui oleh orang-orang yang belajar bahasa inggris, bahkan juga dialami oleh orang Asing yang belajar bahasa indonesia.

About Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

View all posts by Shunt Magetan

Leave a Comment