Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal Berikut Modalnya

Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal, Siapakah yang tidak mengenal ikan mas? Ikan yang ini bila diperbudidayakan  dapat datangkan keuntungan yang banyak.

Masyarakat Indonesia telah mengenal jenis ikan air tawar ini. Ada yang orang yang secara sengaja mempelihara ikan ini sebagai ikan hias, akan tetapi ada pula yang mengkonsumsinya sebagai makanan alias ikan konsumsi.

Ikan Mas ini mempunyai nama ilmiah Cyprinus carpio, Ikan ini memiliki penyebar di beberapa negara di dunia diantaranya Cina, dataran Eropa, sampai Jepang.

Di Indonesia ikan ini mempunyai banyak panggilan, seperti ikan kancra, ikan tikeu, ikan tombro, ikan raja, ikan ikan ameh, dan rayo.

Baca Juga :

Tetapi, tahukah anda jika membudidayakan ikan mas tidak susah. Asal tahu tata penghitungan anggarannya dan caranya.

Dalam kesempatan ini, kita akan memberi info selengkapnya berkenaan dengan budidaya ikan mas dari pembuatan kolam hingga ke penghitungan prediksi modalnya.

Keuntungan budidaya ikan mas

Saat sebelum mengawali budidaya, anda harus kenali dahulu keuntungan-keuntungan dari ikan mas ini. Jika tidak ada keuntungannya, tidak mungkin ada yang ingin membudidayakan ikan mas ini?

Salah satunya keuntungan yang akan anda peroleh ialah kebutuhan pasar yang luas. Anda mengerti kan jika ikan mas adalah ikan favorite masyarakat Indonesia.

Kandungan nutrisi didalamnya komplet, ada protein, kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1. Tidaklah aneh jika banyak makanan ciri khas memiliki bahan dasar ikan mas.

Variasi pengolahan ikan mas ini juga bermacam-macam, dapat disup, dibakar, dimasak, sampai dipepes. Banyak restaurant Sunda atau warung makan pinggir jalan yang menawarkannya.

Maka dari itu anda tenang saja, karena anda akan sangan gampang mendapati konsumen dan sasaran pasar jika memperdalam budidaya ikan satu ini.

Cara budidaya ikan mas

Budidaya ikan mas sesungguhnya gampang. Seandainya kita ketahui bagaimana triknya dan cara-caranya.

1. Persiapkan kolam

Hal pertama kali yang perlu disiapkan pasti media budidayanya, yakni kolam. Opsi kolamnya juga dapat memakai kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, sampai keramba.

Tetapi, saat sebelum pilih kolam pastikanlah anda sudah pilih sistem budidaya, entahlah itu sistem budidaya air deras, air tumpang sari, atau tenang.

Sejumlah besar pebudidaya memakai sistem air tenang.

Media yang dipakai untuk air tenang dapat memakai kolam tanah atau kolam terpal yang lebih murah.

Maka tidak hanya budidaya lele saja yang dilaksanakan di terpal, budidaya ikan mas bisa.

Kemampuan kolam sendiri harus disamakan dalam jumlah benih yang ditabur. Umumnya 20 ekor benih memerlukan ruangan 1 m2.

2. Pemberian pupuk organik ke kolam

Sesudah kolam terpal atau tanah siap, anda harus bersihkan kolam lebih dulu selanjutnya dikeringkan.

Kemudian, taburi pupuk organik supaya plankton yang disebut makanan alami ikan dapat hidup di dalamnya.

Lalu, tuang sama air seputar kedalaman 120 cm.

3. Taburi benih

Seterusnya, anda mulai bisa menabur benih ikan mas. Benih yang bagus umumnya pergerakannya tidak berjamur dan lincah.

4. Beri pakan

Pakan terbaik untuk ikan ialah pelet dengan kandungan protein seputar 25%. Jumlahnya beri pakan dengan jumlah 3% dari berat ikan itu sendiri.

Pemberian pakan dilaksanakan dengan frekwensi 3x sehari. Maknanya, anda dapat memberi pakan saat pagi hari, siang sore hari, dan hari.

5. Periode panen

Selalu teratur check berat ikan yang berada di kolam sepanjang dua minggu sekali. Ini untuk mengatur apa ikan berkembang dengan tidak atau baik.

Bila ikan berkembang tidak bagus, anda perlu check bisa saja karena ada hama yang bersarang di kolam ikanmu.

Penangkalannya dapat dilaksanakan dengan menambah dengan gizi tambahan berbentuk obat bakteri premium yang dapat menahan hama berkembang.

Sesudah 3 bulan, umumnya mulai periode panen dengan berat ikan semestinya 3x lipat semakin besar dari berat awal. Ikan yang siap panen berbobot 300-400 gr per ekor.

Jenis-jenis ikan mas yang dapat dibudidaya

Ikan air tawar ini terbagi dalam bermacam tipe. Setiap tipe itu mempunyai keunikan tertentu dan semua pantas untuk diperbudidayakan.

Salah satunya tipe yang paling akrab dan kerap jadi ikan hias ialah koi yang banyak ditemui di Jepang, Cina, Korea, dan Indonesia.

Disamping itu, tipe apa lagi yang pantas untuk jadi komoditas budidaya?

1. Merah

Sesuai namanya, ikan ini mempunyai ciri-ciri fisik kemerahan atau beberapa ada yang keemasan.

Ikan tipe ini biasanya jadi sebagai ikan hias, tetapi juga bisa dibikin kudapan sedap.

2. Punten

Ikan ini ditingkatkan langsung di Dusun Punten Kota Batu. Beberapa ciri fisiknya lebih pendek jika diperbandingkan tipe yang lain serta lebih berupa bulat.

Warna sisiknya warna hijau gelap dan mempunyai mata yang cukup menonjol.

3. Taiwan

Sesuai namanya, tipe yang ini berawal dari negara Taiwan. Tubuhnya sedikit membulat seperti Punten, tetapi lebih panjang.

Warna sisiknya biasanya memiliki warna hijau kekuning-kuningan.

4. Sinyonya

Mempunyai panggilan lain Putri Yogya, ikan ini mempunyai ciri-ciri fisik warna kuning seperti kulit jeruk. Mata ikan kelihatan mencolok saat umurnya masih terbilang muda, tetapi beralih menjadi sipit ketika telah tua.

Salah satunya argumen mengapa ikan ini dipanggil Sinyonya konon karena ikan ini benar-benar gampang bertelur. Tingkat keproduktifannya satu betina dapat bertelur di antara 85.000-125.000 telur.

5. Majalaya

Ikan Majalaya pertama ditingkatkan di wilayah Majalaya Bandung. Ikan ini mempunyai keserupaan dengan Sinyonya hingga kerap dikawinkan untuk hasilkan turunan yang unggul.

Ikan Majalaya ialah tipe ikan mas yang terbanyak jadi bahan makanan, terutamanya di wilayah Sunda.

6. Ikan mas lokal

Ikan berikut yang terbanyak ditemui di Indonesia. Walau banyak yang ngomong ikan ini bukan terhitung ras ikan mas, tetapi mempunyai wujud warna dan wujud badan yang mirip.

Biasanya ikan ini mempunyai warna hijau keemasan, wujud badan yang memanjang, dan mata yang tidak sipit.

7. Yamato

Dari namanya anda sudah mengetahui donk darimanakah asal ikan ini? Ya, ikan ini terbanyak diperbudidayakan di Jepang.

Tetapi, di Indonesia ada. Beberapa ciri fisiknya memanjang, bersisik warna hijau kecoklatan. Salah satunya kelebihannya dapat hidup di wilayah dingin atau hangat.

Perhitungan modal yang dibutuhkan untuk budidaya ikan mas

Lalu, kurang lebih berapakah sich modal yang dibutuhkan untuk mengawali budidaya. Coba kita asumsikan anda seorang pemula yang ingin budidaya di kolam terpal dan dilaksanakan di tempat sendiri.

Maknanya, anda tidak membutuhkan sewa tempat dan membutuhkan pengerjaan kolam dengan bahan dasar terpal.

Jumlah benih yang ingin diperbudidayakan juga banyaknya 100 ekor. Memiliki arti bila 20 ekor memerlukan tempat 1 m2. Itu memiliki arti anda memerlukan kandang selebar 5 m2.

PeralatanPerkiraan harga
Terpal 5 meter @Rp50 ribuRp250.000
Bibit @Rp1.000Rp100.000
Pompa airRp500.000
JaringRp135.000
Peralatan pembersih kolamRp75.000
Pakan dan vitamin tambahan per bulanRp1.500.000 
TotalRp2.560.000
perkiraan modal budidaya ikan mas di kolam terpal

Penghitungan di atas sebagai ongkos prediksi untuk mengawali budidaya 100 ekor benih di tempat sendiri.

Pasti besarannya dapat semakin mahal kembali karena anda perlu keluarkan uang untuk kepentingan yang lain seperti air dan listrik dan bayar orang bila anda memerlukan kontribusi pegawai.

Cara pasarkan hasil budidaya ikan mas

Sama seperti yang sudah diterangkan awalnya, keuntungan budidaya ikan mas ialah market share yang luas dan besar. Maka anda tidak perlu takut kembali masalah langkah pasarkan hasil panennya.

Ikan mas sebagai hewan terpopuler di Indonesia dengan alokasi sebagai hewan hias atau bahan konsumsi.

Tentu saja anda mulai bisa memasarkannya lewat cara online lewat basis e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, atau OLX.

Lewat basis itu anda dapat pasarkan hasil panennya secara luas, bukan hanya di wilayah asal anda.

Kecuali lewat basis itu, juga bisa anda segera dekati beberapa pebisnis kulineran, seperti warung kaki lima atau restaurant sekalinya untuk ingin beli bahan baku ikan mas di anda.

Kan cukup bila mereka sampai jadi konsumen setia masih anda dan anda jadi vendor masih mereka.

Apa lagi nilai jual ikan air tawar satu ini termasuk mahal lho. Misalkan satu bibit saja harga sekitar Rp1.000, nilai jualnya sesudah panen satu ekornya dapat Rp10.000.

Harga itu untuk ikan yang konsumsi ya, pasti untuk ikan hias harga dapat semakin mahal lagi. Umumnya untuk harga ikan yang hias dapat capai Rp25 ribu per ekor.

Harga ikan hias bergantung dari ukuran dan warna dari ikan itu sendiri. Makin besar dan warna berkilau pasti harga makin mahal.

Baca Juga :

sumber : https://lifepal.co.id/media/cara-budidaya-ikan-mas-di-kolam-terpal/

Leave a Comment

Baca Al Qur'an Online