Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton Untuk Pemula

Budidaya ikan mas di kolam beton, Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) masuk dalam kategori ikan air tawar yang telah lama dibudidayakan di Indonesia sejak tahun 1920an. Ikan mas merupakan jenis ikan konsumsi yang banyak dicintai oleh orang karena tekstur dagingnya yang halus dan sedap, Pengolahannya pun terbilang mudah, karena memiliki berbagai macam olahan ikan mas.

Karena hal itu, Ikan mas memiliki harga ekonomis yang tinggi, hingga ikan mas sekarang banyak dibudidayakan, baik itu di kolam terpal, kolam tanah atau kolam beton/kolam yang lain atau semen.

Dan khusus pada artikel ini, kita akan membahas budidaya ikan mas di kolam beton. Tapi sebelum itu mari simak kenapa budidaya ikan mas itu menguntungkan?

Mengapa budidaya Ikan Mas dapat memberikan keuntungan?

Ikan Omnivora

Ikan Mas sebagai ikan pemakan semua, atau omnivora. Ikan omnivora bisa tumbuh besar dengan protein nabati yang dapat anda dapatkan dari sayur afkir atau beberapa tumbuhan di sekitar rumah anda hingga bisa mengirit ongkos pakan daripada anda mempelihara ikan yang pada intinya ialah ikan karnivora yang cuman bisa tumbuh dengan pelet atau pakan pabrikasi yang mahal.

Pangsa Pasar yang Besar

Ikan Mas mempunyai banyak pecinta, baik dipakai untuk konsumsi atau sebagai ikan hias. Beberapa rumah makan yang menyuguhkan menu makanan dengan bahan dasar Ikan Mas seumpama untuk dibikin pepes, ikan bakar, ikan goreng, ganas asem, gulai Ikan Mas, dan banyak resep lain memiliki bahan dasar Ikan Mas, disamping itu banyak tipe Ikan Mas yang dipakai sebagai ikan hias, seumpama Ikan Mas Koi, Ikan Mas Koki, Kumpay, F beberapaya, dan ancy.

Mudah dibudidayakan

Ikan Mas bisa dipijahkan dengan alamiah tanpa kontribusi manusia selama setahun, ini membuat Mudah dibudidayakan karena kita tidak membutuhkan kekuatan khusus untuk membiakkan ikan ini.

Ikan Mas mempunyai kekuatan penyesuaian yang lumayan tinggi hingga bisa hidup di semua jenis lingkungan seperti keramba, kolam tanah, kolam semen, dan lain-lain.

Ikan Mas sebagai tipe ikan air tawar yang bisa capai ukuran yang besar sekali sampai 25 kg dalam waktu yang cepat.

Sedang untuk ukuran konsumsi umumnya ikan ini dipanen saat capai berat 300-400 gr/ekor. Ukuran itu bisa diraih dalam waktu yang paling singkat yakni cuman seputar 6-8 bulan sesudah sebar benih seperti Budidaya Ikan Gabus

Harga Jual yang Tinggi

Perlu anda kenali, jika nilai jual Ikan Mas dipasaran dapat capai tiga puluh sampai lima puluh ribu rupiah karena memang tipe ikan ini sebagai ikan premium untuk dimakan. Kecuali kepentingan konsumsi, tipe ikan mas hias mempunyai harga yang tinggi sekali dipasaran dengan keinginan yang tinggi sekali dan tidak mengenali musim.

Tipe Ikan Mas Hias bermacam-macam seperti Ikan Koi, Ikan Mas Koki, yang mempunyai harga fenomenal sampai beberapa puluh juta perekornya, persyaratan yang dipandang dari ikan ini ialah wujud badan, warna, sampai langkah berenangnya. Ikan Mas Hias bisa bernilai tinggi karena bisa dipakai sebagai indukan dan diikutkan dalam kontes ikan hias, ikan hias yang menang kontes bisa capai harga yang tinggi bila anda ingin menyuntingnya.

Penghilang stress

Memiara ikan baik ikan hias atau konsumsi bisa jadi obat yang manjur untuk hilangkan stress sesudah sepanjang hari bekerja, dengan menyaksikan ikan berenang dan makan dengan lahap dan dengar recikan air bisa memberi ketenangan dalam diri kita hingga sesudah depresi yang dialami raib akan membuat kita lebih produktif dalam bekerja dan terbebas dari bermacam penyakit seperti stroke, jantung, penuaan awal dan pnyakit yang lain disebabkan oleh stress

Jenis Ikan Mas Untuk di Konsumsi

Menurut perannya Ikan Mas dipisah jadi dua tipe, Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias. Berikut contoh dari tipe Ikan Mas Konsumsi:

  • Ikan Mas Punten
  • Ikan Mas Putri Yogya/Sinyonya
  • Ikan Mas Majalaya
  • Ikan Mas Merah
  • Ikan Mas Taiwan
  • Ikan Mas Lokal
  • Ikan Mas Yamato

Langkah Budidaya Ikan Mas di Kolam Beton

Penyiapan Kolam

Kolam yang bakal dipakai untuk budidaya ikan mas di kolam beton, perlu diiapkan. Kolam itu tidak keseluruhnya dibuat dari beton, cuman sisi dindingnya saja sedang sisi dasar dibuat dari tanah. Kolam dibikin dengan kuran 8 m x 5 m x 1 m. Seterusnya kerjakan pengeringan kolam dengan arah untuk hilangkan hama dan bibit penyakitdi dasar kolam atau tanah. Pengeringan dilakukan sepanjang tiga hari sampai dasar kolam betul-betul kering yang umumnya diikuti dengan tanah retak-retak.

Pengerjaan Kakaban

Penempatan kakaban dalam kolam dilaksanakan untuk melekat telur ikan mas karena karakter telur ikan mas yang mengapung. Jarak penempatan kakaban ini dari permukaan air yakni seputar 5 cm dan jarak antar kakaban yakni 35 cm. Kakaban dibikin dengan panjang ukuran seputar 150 cm, lebar 30 cm dan tinggi seputar 48 cm.

Pengisian Air Kolam

Sesudah kakaban telah terpasang, seterusnya kerjakan pengisian air ke kolam, air yang dipakai yakni air irigasi. Air diisi sampai ketinggian 5 cm dari kakaban yang sudah dibuat.

Penyebaran Benih ikan Mas Dalam Kolam

Ikan yang bakal dibudidaya tidak langsung disebar langsung dalam kolam tapi lebih dulu ditempatkan dalam bak atau ember yang sudah diisi air kolam seputar 1 jam agar menesuaikan dengan lingkungan. Seterusnya baru benih ikan bisa disebar dalam kolam budidaya. Penyebaran benih dalam kolam seharusnya dilaksanakan saat pagi sore hari atau hari.

Pemberian Pakan Ikan Mas

Pada hari awal dan ke-2 sesudah penyebaran ikan masih mengonsumsi organisme alami yang ada pada kolam, sesudah hari ke-3 baru berikan makan pelet yang memiliki kandungan 15% karbohidrat, 20% protein, dan 20% lemak. Pemberian pakan ini dilaksanakan sekitar 3x dalam satu hari yakni saat pagi hari, sore hari, malam hari agar ikan cepat besar.

Demikian cara budidaya ikan mas di kolam beton, tentu saja ini cukup mudah dibanding budidaya ikan air tawar lain seperti ikan patin, ikan lele atau ikan gurame, meski begitu dari tiap-tiap ikan air tawar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah jenis atau tipe ikan mana yang menurut Anda cocok untuk lingkungan tempat Anda tinggal.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment