Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lengkap Dengan Perhitungan Modal dan Keuntungannya

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lengkap Dengan Perhitungan Modal dan Keuntungannya

Budidaya Ikan Lele– Ikan kaya akan nutrisi sepertiomega-3, serat protein, asam amino, zat besi dan yodium. Disamping itu ikan juga kaya vitamin seperti vitamin A, D, B6 dan B12. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan selalu dianjurkan kepada masyarakat Indonesia. Sebab ikan mempunyai banyak kandungan manfaat yang bagus untuk tubuh.

Lele adalah tipe ikan yang terbanyak dimakan oleh warga Indonesia. Selain rasanya renyah ikan lelepun mudah didapatkan di berbagai pasar tradisional, harga ikan lelepup terbilang sangat murah.

Budidaya ikan lele adalah usaha yang lumayan menjanjikan karena pada intinya benar-benar sangat memberikan keuntungan. Ini dilihat dari kebutuhan pasar pada ikan lele yang makin bertambah dari tahun ke tahun. Tipe ikan lele yang terbanyak diperbudidayakan ialah ikan lele dumbo. Berikut langkah budidaya ikan lele memakai media terpal yang dapat Anda aplikasikan.

Segmen Usaha Budidaya Ikan Lele

Ada dua fragmen dalam usaha dan langkah budidaya ikan lele, yakni fragmen pembenihan dan fragmen pembesaran. Fragmen pembenihan mempunyai tujuan untuk hasilkan benih ikan lele, sedang fragmen pembesaran mempunyai tujuan untuk hasilkan ikan lele siap konsumsi.

Budidaya ikan lele biasanya dilakukan di kolam kolam galian konvesional. Tetapi, masalah yang kerap ditemui ialah saat kolam ikan dirundung banjir. Oleh karena itu, pengerjaan kolam ikan berbahan terpal bisa menghindar peluang itu. Karena, kolam ikan dari terpal bisa dibikin dengan status ada dalam atas tanah, dengan dinding dari kayu dan dilapis terpal.

Modal dan Keuntungan Ternak Lele Per 1000 Ekor

Sebagai kisah awalnya saat sebelum Anda mengawali jalankan bisnis ternak ini, Anda dapat memerhatikan lebih dulu berkenaan analisis modal dan keuntungan ternak lele per 1000 ekor di bawah ini.

Dalam hitung berapakah untung yang didapat, karena itu harus dipahami lebih dulu berkenaan modal yang diperlukan. Berdasar survey harga tahun 2017, benih lele condong benar-benar murah yakni Rp 100 per seekor.

Hingga untuk 1000 ekor kita memerlukan modal sejumlah Rp 100.000. Kecuali benih kita harus juga sediakan pakan lele. Tiap 1000 ekorlele memerlukan kira-kira 50 kg pakan ternak pada harga Rp 10.000/kg. Hingga keseluruhan untuk pakan ternak dengan harga Rp 500.000. Sesudah dikalkulasi , keseluruhan modal yang diperlukan sejumlah Rp 600.000.

Selanjutnya kalkulasi penghasilan yang bakal didapat. Asumsikan kesuksesan ternak sebesar 90%. Hingga , keseluruhan yang bisa dipasarkan dari 1000 ekor ialah 900 ekor lele.

Nilai jual lele dari peternak berbentuk kg berat. Karena itu, kita perlu mengkonversikan jumlah lele di dalam berat. Seekor lele siap jual rerata memiliki berat 0,2 kg, hingga keseluruhan berat keseluruhnya ialah 180 kg.

Nilai jual lele di tahun 2017 sejumlah Rp 17.000/kg. Dengan begitu keseluruhan penghasilan yang didapat sejumlah Rp 3.060.000.

Keuntungan ternak lele per 1000, berdasar data modal dan penghasilan karena itu, keuntungan kotor yang didapat sejumlah Rp 2.060.000. Harus dipahami, jika ternak dengan volume 1000 ekor terhitung dalam volume yang kecil.

Mempersiapkan Kolam Ikan Lele

Dalam langkah budidaya ikan lele, penyiapan kolam berperanan penting untuk kesuksesan usaha budidaya lele. Salah satunya pemicu munculnya penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele ialah karena keadaan air yang tidak penuhi persyaratan.

Misalkan, pH air tidak sesuai situasi keadaan yang diperlukan oleh ikan lele. Karena itu, dianjurkan untuk tidak boleh menyebar benih ikan lele dengan keadaan pH yang masih belum penuhi persyaratan. Seharusnya pakai alat pengukuran pH supaya tepat. Air yang dipakai dapat dari sumber mana saja, dengan persyaratan kandungan besinya rendah.

Membuat Kolam Terpal

Langkah budidaya ikan lele yang seterusnya dengan menyiapkan pengerjaan kolam terpal. Tehnologi kolam terpal sebagai salah satunya alternative tehnologi budidaya ikan yang diaplikasikan pada tempat sempit, tersedianya suplai air terbatas, dan tempat yang tanahnya porous khususnya tanah berpasir.

Posisi yang bagus untuk budidaya lele di kolam terpal ialah tempat kolam yang bebas banjir, sedang jumlah dan kualitas air tidak jadi factor pemisah atau air ada seperti keperluan. Untuk 100 ekor ikan lele, karena itu kolam yang perlu disiapkan dengan ukuran 2 x 1x 0.6 mtr.

Biaya Ternak Lele Kolam Terpal

Mengawali usaha ternak lele tidak memerlukan modal terlampau besar, sementara keuntungan yang didapatkan nanti besar sekali. Berikut penghitungan usaha lele, baik ongkos budidaya lele di kolam terpal bulat atau sisi empat;

Modal awalnya sekitar Rp. 700 ribu rupiah dengan perincian sebagai berikut;

  • Terpal Rp. 600 ribu
  • Selang Rp. 50 ribu
  • Gayung Rp. 20 ribu
  • Ember karet Rp. 30 ribu

Ongkos produksi sejumlah Rp 5,8 juta rupiah dengan perincian sebagai berikut;

  • Bibit lele (6000 ekor) Rp. 1,2 juta rupiah
  • Minggu sepanjang produksi (tiga bulan) Rp. 3,5 juta rupiah
  • Ongkos tenaga kerja Rp. 850 ribu ripiah
  • Vitamin Rp. 100 ribu rupiah
  • Ongkos tambahan sebesar Rp. 150 ribu rupiah

Jumlah keseluruhan ongkos awalnya dan produksi sebesar Rp 6,5 juta rupiah

Perkiraan penghasilan:

Anggapan, lele capai periode panen sekitar 80% dari 6000, yakni sekitar 4800 ekor, rerata 1 kg lele terdiri dari 6 ekor, maka dibuat sekitar 800 kg lele. Harga rerata paling rendah lele Rp 10 ribu/kg, maka didapat hasil keseluruhnya Rp 8 juta rupiah, selanjutnya dikurangkan ongkos produksi Rp 6,5 juta rupiah, keuntungan bersih yang bakal kamu peroleh sejumlah Rp 1,5 juta rupiah.

Langkah Pengerjaan Kolam Terpal

Beberapa langkah pengerjaan kolam terpal sebagai langkah budidaya ikan lele sebagai berikut ini:

  1. Keduk tanah sedalam minimum 50 cm.
  2. Buat kerangka untuk terpal kolam memakai bambu atau kayu.
  3. Pastikan tempatnya dengan galian tanah.
  4. Masukan terpal di dalam kerukan kolam ikan lele.
  5. Pasang terpal secara berhati-hati dan yakinkan agar terpal tidak bocor.
  6. Pastikan terpal dipasang secara baik di kolam yang telah dikeruk.
  7. Tambahkan air ke kolam, pemakaian air PAM harus diendapkan dahulu 1-3 hari, agar kaporit menguap.

Ikan lele dumbo bisa dibuktikan bisa bertahan hidup dan berkembang biak secara baik walau keadaan air tempat perawatan tidak begitu bersih. Salah satunya keuntungan membudidayakan ikan lele dalam kolam terpal ialah gampang dilaksanakan dan tidak membutuhkan modal yang terlampau besar. Budidaya ikan lele di kolam terpal bisa ditempuh dengan 2 arah, yakni sebagai pembibitan dan sebagai konsumsi.

Syarat Hidup Ikan Lele

  • Ikan lele bisa hidup pada temperatur 20 derajad Celcius dengan temperatur maksimal di antara 25 sampai 28 C. Adapun untuk perkembangan larva dibutuhkan range temperatur di antara 26 sampai 30C dan untuk pemijahan 24-28C.
  • Perairan jangan terkontaminasi oleh bahan kimia sampah industri, merkuri, atau memiliki kandungan kandungan minyak dan bahan yang lain yang bisa mematikan ikan lele.
  • Ikan lele bisa hidup dalam perairan cukup tenang dan kedalamannya cukup meskipun keadaan airnya jelek, kotor, kotor dan cuman memiliki kandungan sedikit zat O2 (oksigen).
  • Perairan yang bagus ialah banyak terkandung beberapa zat yang diperlukan ikan dan bahan makanan alami perairan itu bukan perairan yang riskan banjir.
  • Permukaan perairan jangan tertutup rapat oleh sampah atau daun-daunan hidup (tidak boleh menanam kebanyakan enceng gongok).
  • Memiliki tingkat pH 6.5-9 kesadahan (derajat butiran kasar) optimal 100ppm dan maksimal 50 ppm, turbidity (kekeruhan) bukan lumpur di antara 30-60 cm, keperluan o2 maksimal pada kisaran yang lumayan lebar dari 0.3 ppm yang dewasa sampai jemu untuk burayak, dan kandungan CO2 kurang dari 12,8 mg/liter, amonium terlilit 147,29-157.56 mg/liter.

Pakan Untuk Ikan Lele

Dalam memberikan makan ikan lele, ada tata langkah khusus yang perlu dituruti. Ini mempunyai tujuan supaya peternak tidak boros dan lele tidak mati karena kekurangan atau kelebihan makanan. Pakan ikan lele dumbo yang diberi ialah pakan pabrikasi dan harus disamakan dengan besaran mulut ikan. Untuk aktivitas pembesaran ikan, karena itu pemberian pakan awalnya ialah F999 (bibit yang yang bisa mengonsumsi palet butiran) sampai usia ikan dua minggu, selanjutnya 781-2 sampai usia ikan dua bulan dan 781 sampai usia ikan lele siap di panen yakni tiga bulan.

Pemberian pakan pelet pada ikan lele bisa dilaksanakan 2x satu hari. Bila ada pakan alami seperti bekicot, kerang, keong emas, rayap dan sebagainya, bisa diberi untuk makanan tambahan.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment