7 Bisnis Sampingan Karyawan yang Potensial

Tak hanya pengusaha saja, tetapi karyawan juga bisa memiliki usaha/bisnis dan menjadikannya sebagai sampingan. Banyak ide bisnis sampingan karyawan yang menjanjikan dan menguntungkan. Usaha sampingan tak terbatas hanya dipunyai karyawan saja tapi bisa juga mahasiswa.

Usaha sampingan dilakukan di sela pekerjaan, tetapi pekerjaan utama tetap bisa dikerjakan. Jika kamu adalah seorang karyawan yang bekerja di suatu perusahaan dan ingin mendapat penghasilan tambahan, usaha sampingan akan menjadi solusi yang tepat.

Ide untuk Bisnis Sampingan Karyawan yang Potensial

Bisnis Sampingan Karyawan yang Potensial

Dalam memulai usaha sampingan tersebut, usahakan kamu memilih jenis usaha yang modalnya kecil atau setidaknya tidak harus besar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, usaha tersebut bisa terus berkembang dengan keuntungan yang juga besar.

Berikut ini beberapa pilihan ide bisnis sampingan karyawan yang juga direkomendasikan untuk kamu:

1. Berjualan Makanan untuk Sarapan

Biasanya, karyawan yang bekerja kantoran akan sarapan di luar karena tidak ada waktu untuk memasak. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha, yaitu berjualan makanan untuk sarapan dengan target pasar karyawan, anak mahasiswa, dan sebagainya.

Kamu bisa mengawalinya dengan berjualan beraneka ragam menu sarapan untuk rekan kerja di kantor. Caranya yaitu dengan membuka PO sehari sebelumnya, untuk kemudian esok paginya dibuatkan dan dibawa ke kantor.

Pilih jenis makanan yang mudah dikemas, dan memasaknya pun mudah agar tidak menyita waktu. Kamu bisa memasak makanannya pagi hari sebelum berangkat kerja.

2. Berjualan Foto Melalui Internet

Ide untuk pekerjaan atau bisnis sampingan lainnya yang juga bisa dilakukan oleh karyawan adalah berjualan foto di internet. Ide bisnis ini cocok untuk kamu yang menekuni bidang fotografi, atau memang punya latar belakang pendidikan fotografi.

Jadi, kamu tinggal membidik objek-objek yang menarik kemudian mempostingnya di situs khusus untuk berjualan foto tersebut. Kamu bisa mendapatkan uang dari sana, apalagi jika hasil foto kamu termasuk yang bagus dan unik.

Misalnya posting foto yang akan dijual tersebut melalui Shutterstock atau bisa juga di Istockphoto. Penghasilan yang bisa kamu terima dari situs tersebut berupa mata uang dollar.

Selama foto yang kamu kirim ke sana memenuhi syarat maka fotonya bisa dipajang di situs tersebut.

3. Membuka Online Shop

Online shop sedang menjadi jenis bisnis yang menjamur dan banyak peminatnya. Peluang usaha ini juga bisa menjadi salah satu ide terbaik bagi para karyawan yang ingin memiliki usaha sampingan.

Tentukan dahulu produk apa yang akan kamu jual secara online, kemudian buka shop online di marketplace terpercaya. Pilih jenis produk yang paling banyak peminatnya atau paling banyak dicari orang.

Jika ingin sistem berjualan online yang lebih mudah untuk starting, bisa juga dengan menggunakan sistem dropship terlebih dulu. Jadi, kamu berjualan suatu produk secara online, dengan mengambil barangnya di supplier lain.

Sehingga kamu tak usah repot menyetok barang dan melakukan pengiriman karena semuanya sudah diatur oleh supplier.

4. Jasa Jual Beli Motor Bekas

Kendaraan seperti sepeda motor memiliki nilai jual yang lumayan. Jika kamu mahir dalam memasarkan sesuatu, maka kamu bisa mencoba membuka jasa jual beli motor bekas dan menjadikannya sebagai usaha sampingan.

Berbisnis usaha jual beli motor ini memiliki prospek yang cukup baik, dan sebagai permulaan kamu bisa menyediakan stok motor beberapa unit saja. Supaya kamu bisa fokus memasarkan motor tersebut pada orang banyak.

Jika usahanya sudah terus mengalami perkembangan, maka kamu bisa menambah beberapa unit lagi sampai menjadi banyak. Pasang juga iklan di media sosial atau bisa juga di marketplace untuk meluaskan jaringan penjualan.

5. Membuka Warkop Sederhana

Anak-anak muda biasanya senang dengan kegiatan nongkrong. Tak harus nongkrong di café, mereka juga senang nongkrong di warkop yang sederhana saja. Hal itu bisa dijadikan ide dan peluang bisnis sampingan untuk karyawan.

Kamu bisa pilih lokasi yang strategis, ramai, dan sederhana saja. Mulailah dengan usaha warung kopi kecil-kecilan terlebih dulu. Pilih waktu berjualan di malam hari, supaya kamu bisa menjalankan usahanya setelah pulang bekerja.

Pilih lokasi industri yang banyak terdapat karyawan bekerja di malam hari, atau daerah pemukiman yang masih ramai hingga malam hari. Ada banyak makanan/minuman yang dijual di warung kopi tersebut supaya pelanggan bebas memilih.

6. Berjualan Kue

Usaha di bidang kuliner juga bisa menjadi bisnis sampingan untuk karyawan yang berpotensial. Misalnya kamu punya keahlian dalam membuat kue-kue kering, maka kamu bisa menjadikannya sebagai ide usaha sampingan tersebut.

Jika tak punya keahlian di bidang itu, kamu bisa memanfaatkan orang lain yang membuatnya lalu kamu yang menjualnya baik secara online, menawarkannya pada rekan kerja, atau dititipkan ke warung-warung.

Sebagai penghasilan tambahan, bisa juga dengan menerima pesanan untuk acara tertentu misalnya acara di kantor atau apapun. Pesanan akan meningkat menjelang hari raya, maka manfaatkan juga momen tersebut untuk membuat stok yang banyak.

7. Membuka Jasa Digital Advertising

Bidang digital advertising juga sedang banyak peminatnya saat ini, sehingga membuka usaha jasa di bidang tersebut juga berpotensial dan menguntungkan. Media digital merupakan pergeseran dari media konvensional seperti misalnya iklan yang berupa spanduk.

Iklan digital lebih murah jika dilihat dari segi biaya, tetapi keuntungannya cukup besar. Untuk itu, bukalah jasa di bidang digital advertising untuk membantu para pengusaha/pebisnis lainnya dalam mempromosikan produknya. Dari sekian banyak jenis dan ide bisnis sampingan karyawan tersebut maka kamu bisa memilih ide apa yang paling cocok dengan keahlian, atau yang paling banyak diminati dan keuntungannya besar.

About Wicaksono

Penulis Rubrik Teknologi, Upgrade Diri dan Bisnis

View all posts by Wicaksono

Leave a Comment