10 Aplikasi Wajib untuk Online Shop

Aplikasi Wajib untuk Online Shop – Bisnis online shop semakin hari memang berkembang dengan pesat, dimana sekarang siapapun bisa memulai bisnis yang satu ini dengan sangat mudah. Tentunya bila kita ingin memulai bisnis ini, maka kita harus tahu terlebih dahulu aplikasi wajib untuk online shop yang bisa kita instal.

Dengan adanya aplikasi semuanya akan serba mudah, baik saatmendesain produk, melakukan pencatatan, promosi, hingga proses pembayaran. Adanya aplikasi juga akan membuat kita bisa menjual produk dengan lebih efektif dan juga efisien.

10 Aplikasi Wajib untuk Online Shop

Microsoft OneNote

Microsoft OneNote menjadi aplikasi yang patut kita instal pertama kali, hal ini karena aplikasi tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan segala pencacatan. Baik mencatat ide bisnis kita, daftar produk, ataupun proses pencatatan lain saat bisnis sudah mulai berjalan.

Selain memiliki banyak manfaat, Microsoft OneNote juga dapat digunakan secara mudah. Sehingga bila kita membutuhkannya, kita bisa segera membuka, menulis, ataupun mencari catatan penting dengan sangat cepat.

Baca Juga :

Apalagi OneNote terhubung secara langsung ke Google Drive milik kita, tentunya hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari aplikasi tersebut. Kita tidak perlu lagi memikirkan keamanan ataupun data yang tersimpan saat aplikasi terhapus ataupun saat kita mengganti ponsel.

Microsoft OneNote : Download

Canva

Membuat iklan ataupun mengedit foto produk, pastinya sangat penting saat kita membuka toko online shop. Untuk mengatasi soal iklan dan poster produk, kita bisa mempercayakannya pada aplikasi yang bernama Canva.

Aplikasi ini memang sedang naik daun akhir-akhir ini, hal tersebut bukan tanpa alasan melainkan ia memiliki banyak sekali kelebihan. Mulai dari berbagai template menarik, pilihan bentuk dan ukuran yang beragam, hingga dapat kita gunakan secara gratis.

Canva : Download

Thrello

Untuk beberapa bisnis online yang mengharuskan kita menghandel pekerjaan atau karyawan dalam jumlah banyak sekaligus. Aplikasi Thrello dapat kita instal untuk mempermudah pengelompokan pekerjaan ataupun pesanan tersebut.

Thrello memungkinkan kita untuk membuat pekerjaan semakin rapi, dimana kita bisa mengatur berbagai hal di aplikasi yang satu ini. Mulai dari nama pesanan, tanggal, batas pengiriman, pembayaran, dan masih banyak lainnya.

Uniknya Thrello terhubung secara online, sehingga tidak kita saja yang bisa mengelolanya. Namun karyawan juga bisa ikut membantu untuk menghandel pekerjaan, karena satu akun Thrello dapat digunakan di beberapa HP sekaligus.

Thrello : Download

WhatsApp

Aplikasi WhatsApp tentunya wajib kita instal saat memiliki online shop, hal ini karena ia menjadi aplikasi chatting terbaik saat ini. Disini kita bisa berkomunikasi dengan partner ataupun customer online shop kita dengan lebih leluasa.

Kita juga bisa mencantumkan nomor WhatsApp agar konsumen bisa menghubungi saat terjadi kendala. Misalnya saja tidak sesuainya produk, pembayaran belum terkonfirmasi, atau keluhan lainnya yang dialami konsumen.

Kita juga harus fast respon dalam menanggapinya agar konsumen bisa lebih percaya dan kembali membeli produk online shop kita di kemudian hari. Aplikasi ini pastinya akan sangat membantu saat kita menjalankan bisnis online shop tersebut.

WhatsApp : Download

BukuKas

Bila kita tidak memiliki waktu untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, maka gunakanlah aplikasi manajemen keuangan seperti BukuKas. Dimana aplikasi ini memungkinkan kita untuk mencatat daftar produk, pemasukan, pengeluaran, hingga keuntungan yang didapatkan.

Dengan mengetahui alur keuangan yang kita miliki, kita bisa merencanakan strategi atau langkah selanjutnya yang bisa kita ambil untuk membuat online shop semakin berkembang. Aplikasi ini juga dapat mencegah kita supaya tidak lalai dan malah membuat rugi toko online yang dijalankan.

BukuKas : Download

Dana

Siapkan pula aplikasi pembayaran yang lengkap, misalnya aplikasi dompet digital seperti Dana harus ada di dalam ponsel yang kita miliki. Pembayaran online seperti inilah yang akan mempermudah konsumen untuk melakukan pembayaran.

Selain itu fee atau biaya admin di aplikasi Dana juga sangat rendah, sehingga cocok untuk menjadi alternatif alat pembayaran untuk sebuah online shop. Apalagi kita bisa mengecek dengan mudah status pembayaran pelanggan hanya dengan sekali klik saja.

Jangan khawatir soal keamanan dari dompet digital yang satu ini, dimana ia sudah diawasi oleh PCI-DSS sehingga terjamin keamanannya. Kita tidak perlu takut lagi dengan masalah seperti uang hilang, transaksi gagal, ataupun problem lainnya. Cukup ajukan keluhan ke admin dan semua akan teratasi.

Dana : Download

BCA Mobile

Jangan lupa instal pula aplikasi perbankan, seperti BRI Mobile, BCA Mobile, Mandiri Mobile, dan masih banyak lainnya. Aplikasi seperti inilah yang bisa kita gunakan bila kita lebih sering menggunakan bank sebagai media transaksi.

Hal ini dikarenakan bisnis online shop pastinya mempunyai alur uang yang sangat cepat, sehingga daripada kita bulak balik ke mesin ATM. Maka menggunakan mobile banking menjadi pilihan yang sangat tepat.

BCA Mobile : Download

Facebook

Aplikasi sosial media juga wajib kita instal, salah satunya aplikasi sosial media seperti Facebook. Media inilah yang seringkali jadi favorit untuk memasarkan produk yang kita miliki, tentu dengan menginstal langsung aplikasinya semuanya akan semakin mudah.

Baik saat kita menawarkan produk, membagikan di grub Facebook, ataupun menjawab pertanyaan yang masuk. Dimana aplikasi ini akan memberikan notifikasi langsung ke HP saat ada pesan yang masuk ke akun Facebook, tentunya kita tidak perlu mengeceknya berkali-kali untuk melihat pesan.

Facebook : Download

Tokopedia Seller

Bagi kita yang menjual produk online shop di marketplace, aplikasi Tokopedia Seller sangat bagus untuk kita instal. Terutama untuk kita yang memang sudah memiliki toko online di marketplace yang satu ini.

Tokopedia Seller menjadi aplikasi baru yang dikeluarkan oleh Tokopedia, dimana ia dibuat khusus untuk para penjual seperti kita yang menggunakan Tokopedia. Di aplikasi ini sendiri kita bisa mengelola toko kita dengan lebih efektif dan efisien.

Misalnya saja untuk menjual produk, melakukan transaksi, melihat perkembangan toko, menghitung keuntungan, dan masih banyak lainnya. Hal inilah yang membuat aplikasi baru dari Tokopedia tersebut sangat disukai oleh banyak penjual online.

Tokopedia Seller : Download

Raja Ongkir

Bicara seputar bisnis online, pastinya penjualannya secara jarak jauh dan membutuhkan kirim barang. Tentunya kita sebagai penjual harus memperhitungkan ongkos kirim saat menggunakan jasa pengiriman barang.

Kini kita tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada aplikasi yang namanya Raja Ongkir, seperti namanya aplikasi ini sendiri menyediakan informasi lengkap seputar ongkir. Kita cukup memilih jasa pengiriman, lalu menentukan alamat tujuan maka otomatis akan keluar biaya ongkir yang dibutuhkan.

Meskipun terlihat simpel, namun aplikasi ini akan sangat membantu bagi kita yang sering rugi karena salah dalam menentukan ongkir. Sehingga bukannya untung, kita bahkan sering menjual barang namun malah rugi karena ongkir yang terlalu tinggi.

Raja Ongkir : Download

Baca Juga :

Banyak sekali aplikasi wajib untuk online shop yang harus kita instal, namun adanya aplikasi inilah yang akan membuat semuanya semakin mudah. Dimana online shop yang kita miliki juga bisa untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Leave a Comment

Baca Al Qur'an Online