7 Menu Makan Tengahari Masakan Kampung, Bikin Kamu Nambah Terus!

Menu makan tengahari masakan kampung memang banyak yang menggugah selera. Rasa masakan kampung dengan bumbu-bumbu yang khas pasti membuat kamu bisa nambah porsi makan berkali-kali. Apalagi bagi kamu yang sedang merantau, tentu masakan kampung ala masakan rumahan pasti sangat dirindukan.

Untuk mengobati rasa rindu terhadap masakan kampung yang sering disantap saat makan tengahari bersama keluarga, kamu bisa membuatnya sendiri loh. Berikut ini adalah beberapa menu masakan ala kampung yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Menu Makan Tengahari Masakan Kampung Yang Menggugah Selera

Image Attachment

Masakan kampung ala rumahan memang memiliki rasa yang khas dan selalu dirindukan. Rasanya yang nikmat dapat membuat kamu tambah porsi makan berkali-kali. Bahkan, tak sadar jika sudah menghabiskan nasi satu bakul ya. Inilah beberapa menu makan tengahari masakan kampung yang menggugah selera dan bisa kamu buat sendiri di rumah:

1. Cah Kangkung Terasi

Cah kangkung terasi merupakan masakan kampung sederhana namun memiliki rasa yang lezat. Bahan-bahan sederhana dan cara pembuatannya yang mudah menjadikan menu satu ini sebagai alternatif menu makan tengahari yang simple dan enak.

Untuk membuat cah kangkung terasi, kamu perlu menyiapkan bawang merah, cabai rawit, dan bawang putih kemudian iris tipis dan tumis. Tidak lupa juga masukkan terasi bakar agar rasanya lebih mantap. Setelah itu, masukkan kangkung yang telah dipotong dan masak hingga layu. Bumbui dengan garam dan gula, tunggu sampai matang dan siap dihidangkan.

2. Sayur Lodeh Nangka

Menu makan tengahari masakan kampung yang menggugah selera selanjutnya adalah sayur lodeh nangka. Perpaduan antara santan yang gurih dan bumbu khas sayur lodeh membuat kamu bisa nambah nasi berkali-kali.

Untuk membuat sayur lodeh nangka, pertama-tama adalah rebus santan bersama daun salam, lengkuas, dan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kencur, dan kemiri sangrai. Kemudian, masukkan nangka muda, gula merah, dan garam, lalu rebus hingga nangka matang.

Untuk tambahan bahan lain, kamu bisa memasukkan labu siam, terong, kacang panjang, cabai hijau, dan daun melinjo. Masak semua bahan hingga matang dan sayur lodeh yang nikmat siap dihidangkan.

3. Gulai Daun Singkong

Menu makan tengahari masakan kampung yang satu ini biasanya tidak pernah absen dalam menu masakan Padang. Biasanya, paling nikmat jika ditambah dengan sambal ijo dan rendang. Dijamin langsung nambah berkali-kali.

Pertama-tama haluskan bumbu halus seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, ketumbar sangrai, merica, dan tambahkan kunyit bubuk. Selanjutnya, tumis semua bumbu tersebut sampai harum dan masukkan air beserta santan, daun salam, dan serai.

Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan daun singkong ke dalamnya. Masak hingga daun singkong matang dan bumbu meresap sempurna. Cicipi rasa, apabila sudah pas angkat dan hidangkan untuk menu makan siang bersama keluarga.

4. Jengkol Balado

Banyak orang yang tidak suka makan jengkol karena baunya yang kurang sedap. Padahal, bau jengkol bisa dihilangkan dengan pengolahan yang tepat. Salah satunya dengan merendam jengkol dalam waktu yang lama atau semalaman. Walaupun begitu, rasanya sulit menolak untuk makan jengkol apabila sudah diolah bersama dengan bumbu balado.

Untuk membuat menu makanan yang satu ini, kamu cukup menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, dan tomat. Kemudian, tumis bumbu halus lalu tambahkan serai, daun salam, dan lengkuas.

Kemudian, masukkan jengkol yang sudah direbus dan digeprek. Kemudian, aduk dan ungkep sesaat agar bumbu meresap. Tambahkan santan instan, gula, garam, dan penyedap. Tambahkan dua gelas air belimbing agar rasa lebih segar dan mengurangi bau. Masak hingga airnya susut dan menu makan tengahari masakan kampung satu ini siap disantap.

5. Sayur Asem

Saat tengah hari memang paling pas menyantap yang segar-segar, seperti sayur asem. Selain sehat dan nikmat, sayur asem juga mudah sekali dibuat. Pertama-tama, rebus dulu potongan daging hingga mendidih, kemudian masukkan melinjo, jagung, dan kacang tanah dan rebus sampai empuk.

Masukkan lengkuas, daun salam, cabe hijau, dan bumbu halus seperti bawang putih, terasi bakar, bawang merah, cabe merah, dan kemiri. Tambahkan gula merah, garam, dan air asam jawa. Terakhir, tambahkan kacang panjang dan labu siam. Masak hingga matang dan sayur asem siap disajikan.

6. Tongkol Cabe Hijau

Menu makan tengahari masakan kampung yang juga menggugah selera adalah ikan tongkol cabe hijau. Ikan tongkol yang dimasak bersama cabe hijau dan tomat hijau ini memiliki rasa yang gurih, asam, dan segar yang pasti bisa menambah porsi makan kamu.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama-tama tumis bawang merah dan bawang putih. Kemudian, masukkan cabe hijau, cabe rawit hijau, daun salam, lengkuas, jahe iris. Masukkan air, dan bumbui dengan garam dan kecap manis.

Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng hingga hampir kering dan irisan tomat hijau. Setelah tomat layu dan bumbu meresap, angkat dan siap disajikan. Lebih nikmat lagi menyantapnya dengan nasi hangat ya!

7. Sayur Bayam Bening

Menu segar yang cocok dimakan saat tengahari lainnya adalah sayur bayam bening. Mudah dan nikmat, apalagi disantap bersama sambal terasi atau sambal tomat. Untuk membuatnya, haluskan bawang putih, merica, dan biji pala kemudian tumis hingga harum.

Tambahkan air, kemudian masukkan oyong dan daun bayam yang sudah dipotong-potong. Tambahkan garam dan gula, kemudian tes rasa. Jika rasa sudah pas, angkat dan sajikan untuk menu masakan bersama keluarga.

Baca Juga

Mantap! Inilah 10 Menu Masakan Kampung Ala Sunda VS Jawa!
Mantap! Inilah 10 Menu Masakan Kampung Ala Sunda VS Jawa!
Sehat Segar Bugar! Inilah Menu Makanan Sehat Seminggu Yang Wajib Dicoba!
Sehat Segar Bugar! Inilah Menu Makanan Sehat Seminggu Yang Wajib Dicoba!
3 Resep Masakan Rumahan Jawa yang Enak dan Bikin Nagih
3 Resep Masakan Rumahan Jawa yang Enak dan Bikin Nagih
Cari Tahu Disini! Apa Saja Menu Masakan Sehat Tanpa Minyak Itu?
Cari Tahu Disini! Apa Saja Menu Masakan Sehat Tanpa Minyak Itu?
10 Menu Masakan Tengah Hari Nikmat dan Bergizi
10 Menu Masakan Tengah Hari Nikmat dan Bergizi
10 Menu Masakan Sehari-hari untuk 1 Bulan, Sehat Anti Ribet
10 Menu Masakan Sehari-hari untuk 1 Bulan, Sehat Anti Ribet