7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online dari nol untuk pemula- Segala hal saat ini menjadi semakin mudah berkat perkembangan teknologi. Keterbatasan jarak, tidakpun tempat usaha, pendidikan formal tidak cukup dan sebagainya kini tidak lagi menjadi masalah karena sekarang semuanya serba online.

Dengan berkembangannya teknologi internet, kita dimungkinkan untuk melakukan berbagai hal tanpa harus keluar dari rumah, belajar, berinteraksi, membeli barang bahkan menjalankan bisnis pun bisa dari rumah. Hal ini tampaknya telah menjadi satu alasan yang membuat semakin banyaknya orang yang memulai dan menjadi sukses dengan bisnis online.

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang baru akan mencoba memulai bisnis onlinemu sendiri, kamu perlu menyimak tulisan ini hingga selesai. disini kiata akan membahas mengenai beberapa cara memulai bisnis online dari nol. Berikut Ulasan lengkapnya!

Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Memulai bisnis tentu saja bukan sesuatu yang mudah, meskipun hanya merupakan bisnis online. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memulai bisnis online dari nol.

Sesuaikan Kesibukan dengan Bisnis Baru yang Akan Kita Buka

Memiliki bisnis online baru, bukan berarti kita harus meninggalkan pekerjaan yang kita miliki sekarang. Tentu kita bisa saja menjalankan keduanya sekaligus. Memiliki pekerjaan tetap tentu saja menjadi satuhal yang utama.

Biar bagaimanapun yang namanya bisnis pasti butuh modal, apalagi bisnis online, seminim-minimnya kita butuh perangkat dan akses internet.

Dan kita bisa mendapatkan permodalan (beli kuota misalnya) untuk bisnis serta mengembangkan bisnis kita dengan memanfaatkan uang yang kita dapatkan dari hasil bekerja.

Bukan Hanya soal bekerja saja, ada kemungkinan kita memiliki kegiatan lain seperti mengurus rumah tangga, menjadi ayah, menjadi ibu, jadi RT dan sebagainya. Disinilah, diperlukan komitmen untuk melakukan segala sesuatu diperlukan.

Meskipun kita memiliki kesibukan, dan meskipun nanti bisnis kita telah mencapai kesuksesan, kita harus tetap mampun membagi waktu secara tepat untuk melakukan keduanya secara maksimal. Dengan demikian kita tidak perlu mengorbankan salah satunya.

Mencari Inspirasi dari Orang Terdekat

Setelah memiliki komitmen terhadap kesibukan yang kita miliki, berikutnya kita perlu menentukan bisnis online apa yang akan kita geluti. Untuk itu, kita harus melakukan riset kecil-kecilan secara mudah dengan mulai menanyakan produk apa saja yang mungkin sedang menjadi trend dan banyak dibutuhkan.

Kita bisa mulai bertanya kepada orang – orang terdekat seperti, teman – teman nongkrong, teman kerja, temannya-teman kerja ataupun kepada keluarga kita sendiri. Dengan demikian kita bisa lebih mudah mengetahui produk atau jasa seperti apa yang saat ini dibutuhkan secara umum.

Dan dari sana kita bisa mulai memutuskan untuk menjual produk atau jasa tertentu berdasarkan informasi-informasi yang kita dapatkan dari orang-orang terdekat kita.

Tetapkan Bisnis Apa Yang Ingin Dijalankan

Selanjutnya, setelah mencari tahu tentang kebutuhan manusia masa kini, kita sudah harus menetapkan jenis produk atau jasa apa yang akan kita jual.

Tidak bisa dipungkiri disini adalah bagian tersulit karena seolah-olah kita meramal masa depan dan disini juga akan muncul yang namanya ketakutan “apakah akan laku?”, “apakah saya bisa?” dan sebagainya, yang ujung-ujungnya membuat kita ragu dan akhirnya tidak jadi membuka bisnis online (parah).

Jika keraguan itu muncul cobalah untuk kembali ke tips yang kedua, yakni berkonsultasi dengan orang-orang terdekat. Selain menanyakan kepada orang – orang terdekat kita, kita bisa melakukan riset keyword di internet.

contoh: Kita buka marketplace seperti bukalapak, tokopedia, disana pasti ada yang namanya produk terlaris, tinggal kita pilih salah satu, kita sesuaikan dengan kemampuan kita untuk mendapatkan dan menjual produk tersebut. Jika bisa ambil.

Dengan demikian kita akan bisa mengetahui trend pasar saat ini. Namun ingat, semakin populer suatu produk dan jasa, semakin banyak pula penjual yang menawarkannya.

Pilih Sistem Penjualan

Saat ini, melakukan bisnis online menjadi lebih mudah, apalagi dengan bantuan fasilitas digital yang ada. Kita tentu pernah mendengar istilah reseller dan dropshipper. Kedua istilah ini saat ini populer di kalangan pebisnis online. Dengan menjadi reseller atau dropshipper, kita tidak perlu takut karena sistem reseller dan dropshipper tergolong berresiko rendah.

Pikirkan saja, normalnya saat kita berjualan barang atau produk, tentu kita perlu membeli stok barang yang cukup banyak, tentu disana ada resiko dimana barang tidak lagi populer maka kita akan mengalami kerugian.

Sedangkan jika kita menjadi reseller atau dropshipper, resiko merugi akan lebih sedikit. karena reseller kita bisa mengambil stock secukupnya dan tidak terlalu memikirkan perkembangan trend, karena sudah dipikirkan oleh orang yang punya produk, kita tinggal ngikut aja.

Jika masih takut dengan konsep reseller, kita ada opsi untuk menjadi dropsiper, dimana dropshipper adalah kita memasarkan produk orang lain. Jadi kita tidak perlu mempunyai produk tersebut. ketika ada pesanan masuk, kita tinggal meneruskan kepada penjual yang sudah bekerja sama dengan kita.

Manfaatkan Media Sosial

Setelah kita menentukan produk atau jasa yang akan geluti serta system penjualan yang akan kita gunakan, kita perlu mempromosikan bisnis online yang kita miliki. tentu inti dari promosi ini adalah agar orang-orang tau bahwa kita juga menjual barang/jasa tersebut.

Di era digital ini, mempromosikan sesuatupun telah menjadi sangat mudah. Dengan adanya berbagai media sosial (facebook, IG, WhatsApp, dll) kita bisa dengan mudah memperkenalkan bisnis online kita kepada orang lain tanpa peduli dengan jarak.

Kita bisa membuat akun media sosial khusus untuk bisnis (akun bisnis) yang sedang kita jalankan. Kita bisa mengunggah berbagai macam produk baik barang maupun jasa ke media sosial agar orang-orang melihat kita sedang bisnis apa, jangan lupa sertakan juga penjelasan lebih mendetail dari produk-produk tersebut.

Dengan media sosial kita juga lebih mudah dalam menjangkau target customer yang kita inginkan, tinggal follow, invite pertemanan, masuk kegroup dan sebagianya yang cocok dengan produk yang kita jual.

Bahkan beberapa media sosial saat ini mendukung bisnis-bisnis online dengan memberikan tombol order seperti pada Instagram, whatsapp dan media sosial lainnya yang memberikan fasilitas untuk toko online dan bisnis, sehingga ketika ada yang berminat langsung klik order dan secara otomatis akan terhubung dengan hape kita.

Pikirkan Untuk Buat website

Banyak orang berfikir kenapa harus membuat website toh sekarang ada Marketplace tinggal daftar terus upload produk dan kita tinggal nunggu orderan.

Ya bisa jadi, ketika produk yang kita jual belum masuk dalam kategori “persaingan semakin ketat” bisa saja kita tidak ngapa-ngapain tau-tau ada orderan masuk.

Tapi tidak jika sudah masuk persaingan ketat, di marketplace ada banyak sekali pertimbangan seorang pelanggan membeli produk, mulai dari Rating dan Komentar yang bargus, Harga yang bersaing yang gila-gilaan dan belum tentu marketplace itu cocok untuk bisnis kita Jadi pikirkan untuk membuat website sendiri.

Mungkin tidak begitu berbeda dengan memanfaatkan media sosial. Website juga memberikan manfaat yang besar untuk bisnis kita. Bukan hanya dalam hal mempromosikan produk kita secara lebih luas, namun juga membantu kita dalam mengatur bisnis yang kita miliki.

Seperti yang kita tahu, saat ini website telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Biasanya dengan menggunakan website kita bisa lebih mudah mengelola produk, branding, hingga orderan yang masuk. Dengan demikian, bisnis kita juga bisa menjadi teratur (karena bisa cocok dengan produk), sehingga kitapun bisa mengembangkan bisnis ketingkat yang lebih tinggi..

Buat Rekening Khusus Usaha

Saat ini tentu tidak ada lagi orang yang tidak memiliki rekening tabungan. Jika kita telah memiliki rekening tabungan pribadi, ada baiknya kita membuka satu rekening lagi. Rekening tersebut bisa kita khususkan untuk transaksi keuangan dari bisnis online yang kita jalankan.

Semacam mangatur keuangan, dengan demikian kita akan lebih mudah melakukan pencatatan dan pengaturan terhadap pendapatan serta pengeluaran selama bisnis kita ini berjalan. Rekening ini juga akan berfungsi sebagai sarana transaksi penjualan dan pembelian online yang kita lakukan.

Diatas adalah beberapa cara untuk memulai bisnis online dari nol. Selain itu, kita juga bisa mempekerjakan seorang asisten jika memang kita merasa tidak mampu mengatasi beban pekerjaan yang semakin banyak.

Namun, perlu kita ingat bahwa asisten yang kita pekerjaan harus benar – benar memiliki dedikasi dan dapat dipercaya. Dengan memiliki asisten, tentu bisnis yang kita miliki akan menjadi lebih teratur. kita juga bisa mengelola berbagai orderan lebih cepat.

Artinya, dengan adanya asisten kita juga menjadi lebih terbantu. Selain itu, customer kita juga akan semakin puas. Dengan adanya asisten yang selalu stand by, tentu bisa lebih cepat merespon permasalahan atau pertanyaan yang mungkin diajukan oleh customer bisnis online kita.

Selain itu, kita juga bisa mempromosikan bisnis online kita dengan cara bergabung ke marketplace yang ada saat ini. Saat ini begitu banyak marketplace yang menjadi wadah bagi penjual online yang ingin mengembangkan sayapnya dengan resiko yang kecil.

Penutup

Memulai bisnis online memang bukan sesuatu yang mudah. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin untuk memulai bisnis online dari nol. Kita hanya perlu persiapan yang matang sebelum benar – benar mendirikan bisnis online.

Seperti yang diketahui, semenjak adanya pandemic covid-19, kegiatan sosial termasuk berbelanja menjadi berkurang bahkan membuat orang menjadi lebih memilih belaja online ketimbang offline.

Hal ini turut memberikan andil dalam perkembangan bisnis online seperti olshop. Kita hanya perlu menemukan produk yang cocok dan system penjualan serta promosi yang sesuai dan mudah diterima customer.

Jangan lupa pula mempertimbangan target pasar bisnis kita, sehingga kita lebih mudah menjual serta memasarkan produk maupun jasa yang kita miliki.

Shunt Magetan

SHUNT Magetan | #MadingDigitalGenerasiMilenial | Memuat semua informasi bermanfaat kepada khalayak umum, khususnya generasi muda tentang Magetan, Teknologi, Bisnis, Karir, Gaya Hidup, Kesehatan, Keterampilan dan Hiburan.

Post Comment