Kegiatan Ramadhan Kreatif – selama bulan puasa kita menahan diri dari makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Tentu saja kita akan merasa letih dan lemas. Namun, hal ini bukanlah alasan untuk berhenti beraktifitas atau melakukan kegiatan. Kegiatan harus tetap berjalan, hanya kapsitasnya saja dikurangi. Atau bisa juga mengalihkan diri kepada kegiatan yang ringan namun bermanfaat atau kreatif.

Kegiatan ramadhan kreatif sudah pasti akan bermanfaat dan berpahala pula. Berikut beberapa macam kegiatan ramadhan kreatif. Kalian bisa pilih sesuai kemampuan dan keinginan.

1. Beres – Beres

5 Kegiatan Ramadhan Kreatif

Beres – beres memang terdengar sebagai kegiatan yang simpel, membosankan dan tidak penting. Padahal, kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Kalian bisa pilih lokasi yang akan dibereskan seperti gudang, garasi mobil,atau bahkan kamar tidur kalian sendiri.

Beres – beres mempunyai kesenangan tersendiri. Misalnya, tiba – tiba kalian menemukan album lama atau barang – barang lama yang mungkin sudah kalian lupakan. Selain itu, jika yang kalian temukan adalah barang – barang bekas, kalian bisa pilah mana yang masih bisa dimanfaatkan kembali dan mana pula yang bisa dibuang atau diloakkan.

2. Mencoba resep – resep makanan

5 Kegiatan Ramadhan Kreatif

Mungkin sebagian dari kalian cukup kesulitan untuk kegiatan yang satu ini. Kesulitannya adalah kalian tidak bisa mencicipi makan yang kalian buat. Tapi, jangan salah, justru disinilah tantangannya.

Kalian bisa mulai dulu dengan resep resep yang ringan. Atau bisa juga membuat cookies untuk persiapan lebaran seperti nastar, kue kacang, kue salju dll.

3. Olahraga ringan

5 Kegiatan Ramadhan Kreatif

Olahraga ringan yang tentunya disesuaikan dengan kondisi fisik masing – masing. Olahraga pun juga beragam. Kalian bisa lakukan sendiri maupun bersama dengan teman – teman kalian. Namun, akan lebih menyenangkan dilakukan dengan bersama – sama seperti bersepeda bersama atau senam.

Jangan khawatir, olahraga tidak akan membuatmu kesulitan dalam menunaikan ibadah puasa. Justru olahraga akan menjaga badan kalian akan tetap fit dan bugar selama bulan puasa. Lakukan yang ringan ringan saja namun rutin.

4. Berkebun

Berkebun sudah pasti masuk sebagai salah satu kegiatan kreatif di bulan puasa. Kegiatan yang membaur dengan alam pasti memberikan efek yang bagus baik bagi tubuh maupun pikiran kita.

Peneliti Australia yang mengamati laki-laki dan perempuan di usia 60an juga menemukan bahwa mereka yang secara rutin berkebun juga punya risiko mengalami dementia 36% lebih rendah daripada rekan-rekan mereka yang tidak berkebun.

Dr Masahiko Gemma dari Universitas Waseda di Tokyo meneliti para petani independen di provinsi Saitama, mereka memiliki usia harapan hidup yang lebih panjang daripada mereka yang tidak bertani, dan para petani ini bekerja sampai usia tua. Banyak dari responden Gemma yang petani paruh waktu atau pensiunan, dan sebagian besar tanggung jawab mereka “sama seperti kerja mengelola kebun”. (bbc.com)

5. Membuat prakarya

5 Kegiatan Ramadhan Kreatif

Kegiatan ini cukup berkaitan dengan kegiatan yang pertama yaitu beres – beres.

Setelah mengumpulkan barang – barang bekas dari beberes, kalian bisa manfaatkan barang – barang tersebut untuk membuat prakarya. Barang apa saja yang ingin kalian buat tergantung imajinasi kalian. Apalagi satu bulan usai berpuasa akan tiba hari raya iduf fitri. Di hari tersebut pasti butuh banyak pernak pernik untuk keperluan lebaran. Jadi, sayang bukan,,,jika barang bekas kalian kebuang sia -sia.

Loading...