Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang cukup tinggi yang ada di Indonesia. Dimana gunung berapi ini terbukti menjadi salah satu gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa. Gunung satu ini memang menyimpan banyak sekali pemandangan indah dan juga tempat atau Spot yang menarik untuk para pendaki. Agar bisa menantang adrenalin mereka serta keahlian mereka dalam mendaki gunung.

Namun di sisi lain burung ini juga menyimpan berbagai kisah misteri yang terus turun menurun sampai di telinga para pendaki. Hingga saat ini memang ada beberapa orang yang percaya ada juga yang menganggap bahwa cerita tersebut hanya tahu ataupun khayalan. Namun terlepas dari cerita tersebut benar atau tidak alangkah baiknya sebelum anda mendaki. Untuk lebih mengetahui beberapa Misteri dari Gunung Semeru ini agar berhati-hati :

1. Ikan mas Ranu Kumbolo

Hasil gambar untuk gunung semeru
ranukumbolo – tribun

Cerita pertama yang akan anda hadapi adalah mengenai ikan mas yang berenang di Danau Indah, Ranu Kumbolo. Ada larangan yang menyatakan bahwa setiap pendaki ataupun pengunjung yang sedang naik gunung Semeru dan juga beristirahat di danau yang sangat indah ini. Anda tidak boleh memancing ataupun menangkap ikan khususnya ikan mas yang ada di Danau Ranu Kumbolo.

Baca juga : 5 Fakta saat pendakian gunung semeru

Sebab menurut keyakinan warga setempat ikan mas yang ada di sana merupakan penjelmaan dari para Dewi yang ditugaskan untuk menjaga kawasan Ranu Kumbolo, agar tetap asri dan juga indah. Di sisi lain ikan mas di sana juga dianggap sebagai salah satu hewan sacral. Namun entah benar atau tidak namun masih ada beberapa pendaki yang tetap memancing dan ikan mas yang ada di sini. Lebih baik jika anda membawa perbekalan yang lain dan tidak terpaksa. Maka jangan memancing atau melanggar adat ini.

2. Kawasan kelik

Hasil gambar untuk gunung semeru
semeru – manado.tribun

Ketika anda mendaki gunung hal yang harus diwaspadai atau dihindari adalah jalanan yang bisa saja menyebabkan anda hilang ataupun tersesat. Di mana salah satunya adalah kawasan kelik. Kawasan ini merupakan salah satu tempat di mana ada beberapa batu in memoriam yang menandakan adanya orang yang meninggal di Gunung Semeru. Salah satunya adalah aktivis terkenal dari Universitas Indonesia yakni Soe Hok Gie yang dikenal sebagai aktivis dan pendaki yang menaklukan gunung yang ada di Indonesia. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan menyeramkan yang dapat menyebabkan banyak pendaki kesurupan.

3. Arcopodo

Hasil gambar untuk gunung semeru
arcopodo – journesia

Misteri selanjutnya datang dari dua patung kembar yang ada di gunung semeru.dengan nama Arcopodo, patung ini berada di area lapang yang tepat di tengah hutan. menurut ceritanya, misteri gunung semeru yang ada menyebutkan bahwa patung pendirinya merupakan prajurit kerajaan majapahit. Selain itu, keberadaan patung ini ternyata tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Mengingat keberadaan patung tersebut merupakan salah satu patung misteri yang hanya orang tertentu yang mampu melihat keberadaan patung tersebut.

Baca Juga :   Tips Memilih Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung

Ada yang mengatakan bahwa patung tersebut hanya sebesar anak kecil, disisi lain ada yang melihat bahwa patung tersebut besar bahkan layaknya raksasa dari jauh. Area ini merupakan area terakhir sebelum pendaki mencapai puncak Mahameru yang terkenal akan penampilannya.

4. Puncaknya Dewa dewi

Gambar terkait
puncak – satyawinnie

Misteri selanjutnya yang banyak disampaikan oleh masyarakat adalah, puncak dari gunung semeru yaitu mahameru merupakan salah satu tempat yang seringkali digunakan untuk bersemayam oleh para dewa. Hal ini juga berhubungan dengan titik tertinggi di tanah jawa, sehingga bagi anda yang dianggap beruntung mungkin bisa mendengar suara-suara dewa. Namun tidak semudah itu, karena anda harus bersemedi dulu di puncak gunung semeru. Disisi lain puncak ini bukanlah tempat yang nyaman dan aman untuk tinggal lebih lama.

5. Kisah Mbah Dipo

Hasil gambar untuk gunung semeru
semeru – detik

Umumnya di Indonesia selalu memiliki juru kunci yang memahami gunung secara keseluruhan dan juga memahami bagaimana sifat dan topografi dari gunung tersebut. Salah satunya adalah semeru yang bernama Mbah Dipo. Sama halnya seperti mbah mijan, gunung semeru dijaga oleh juru kunci yang sudah sepuh. Menurut masyarakat hanya mbah dipo yang tahu kapan dan bagaimana gunung semeru akan meletus. Selain itu mbah dipo juga memahami berbagai area mistis yang ada di semeru.

Namun mbah dipo sudah wafat dan meninggalkan gunung semeru. Ada pesan yang masih dipegang oleh masyarakat di area gunung semeru. Jika gunung meletus maka baiknya berlari berlawanan arah Gunung Sawur. Sebaiknya ikuti aliran sungai agar lebih aman dan selamat. Namun sampai saat ini masih belum tahu apakah hal tersebut benar adanya atau tidak. Mengignat gunung semeru sendiri masih beridir kokoh dan diusahakan untuk tidak meletus.

6. Paku Pulau Jawa

Hasil gambar untuk gunung semeru
gunung – kesiniaja

Misteri terakhir yang terdengar di tengah masyarakat adalah adanya sebuah legenda. Dimana legenda ini masuk kedalam kitab kuno sejak abad 15. Pulau jawa merupakan sebuah pulau yang lautan dan juga terombang ambing, selain itu dewa juga memutuskan untuk memukau pulau jawa dengan Gunung Semeru. Gunung ini sendiri tadinya berada di India, namun dewa wisnu dan dewa brahma sengaja dibawa ke pulau jawa dan akhirnya memaku pulau jawa agar diam dengan gunung semeru.

itulah deretan misteri gunung semeru yang bisa anda pelajari. adanya deretan misteri ini bukan bertujuan untuk menakuti, namun membantu para pendaki agar lebih hati-hati dan menghormati dimana anda berada.meskipun benar atau tidaknya hal tersebut,namun alam memiliki peraturan sendiri untuk bisa hidup dengan tentram dan asri.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.